Sehat dan Bugar

9 Tips Bebas Mabuk Udara Saat Naik Pesawat, Apa Saja?

dr. Theresia Yunita, 04 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mabuk udara memang bikin serba tak nyaman. Lalu bagaimana cara mencegah kondisi ini saat naik pesawat?

9 Tips Bebas Mabuk Udara Saat Naik Pesawat, Apa Saja?

Bagi beberapa orang, naik pesawat bukanlah hal yang menyenangkan. Salah satu alasannya, yaitu karena aktivitas ini bisa menyebabkan mabuk udara

Meski perjalanan yang ditempuh tak terlalu lama, berada di atas udara memang bisa menyebabkan beberapa orang mengalami mabuk udara. Hal ini ditandai dengan rasa mual yang bikin perasaan serba tidak nyaman saat mengudara.

Mabuk udara terjadi ketika koordinasi mata dan sistem vestibular di telinga dalam tidak bekerja selaras dalam mengirimkan informasi ke otak. Misalnya, saat kamu duduk dalam pesawat, mata akan mengirimkan informasi ke otak bahwa saat ini kamu sedang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Di sisi lain, sistem vestibular memberikan informasi yang berbeda ke otak. Sistem vestibular memberikan tanda bahwa kamu sedang duduk dan terdiam. Ketidakselarasan ini menimbulkan mabuk udara saat naik pesawat.

Setiap orang memiliki gejala mabuk udara yang berbeda-beda. Namun, gejala yang paling umum dirasakan, yaitu mual, muntah, kelelahan, panas dingin, berkeringat, sakit kepala, dan pusing. Dalam kasus yang parah, mabuk udara bahkan bisa menyebabkan kamu mengalami disorientasi.

Untuk mencegahnya, terapkan sederet cara mengatasi mabuk pesawat di bawah ini:

1. Konsumsi Makanan Ringan Sebelum Terbang

Turunkan Risiko Diabetes dengan  Makan Buah Setiap Hari

Mungkin kamu berpikir terbang dengan perut kosong bisa mencegah datangnya mual. Faktanya, tidak makan justru dapat memperparah keluhan mual yang dirasakan.

Sebelum naik pesawat, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti sayur, buah, atau biskuit. Jangan makan terlalu banyak karena dapat memperburuk gejala mabuk udara. Selain itu, hindari minuman berkafein, seperti kopi, teh, alkohol, serta minuman bersoda.

2. Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Saat kamu terbang di siang hari, sebaiknya pilih tempat duduk dekat jendela yang bisa mengalihkan pikiran ke hal lain. Di dekat jendela, kamu bisa melihat keadaan di sekitar. 

Apabila kamu terbang di saat matahari sudah terbenam, pilihlah tempat duduk bagian tengah di dekat sayap. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gerakan saat pesawat berbelok ke kanan atau ke kiri.  

3. Hindari Membaca dalam Pesawat

Jangan membaca dalam pesawat jika kamu memiliki kecenderungan mabuk udara. Melihat buku maupun gawai dengan menundukkan kepala dapat memperburuk keluhan mual yang kamu alami. 

Sesekali membaca sebenarnya tidak masalah, tapi kamu juga perlu melihat keluar jendela dan tidak terpaku pada buku atau gawai.

4. Kunyah Permen Karet Rasa Mint

Sering Mengunyah Permen Karet, Adakah Bahayanya? (Billion Photos/Shutterstock)

Tahukah kamu bahwa gerakan mengunyah bisa merangsang pencernaan dan membuat lebih relaks? Kunyah permen karet rasa mint agar mual bisa berkurang.

Cita rasa mint memiliki efek menenangkan pada lambung, mengurangi rasa mual, dan mencegah gangguan pencernaan. Supaya tidak mabuk udara, kamu juga dapat mengambil napas lambat dan dalam untuk menenangkan diri dan berusaha untuk tidur.

Artikel lainnya: Tips Agar Bisa Tidur di Pesawat dengan Nyenyak

5. Memejamkan Mata 

Selama perjalanan di dalam pesawat, usahakan untuk memejamkan mata dan tidur. Memejamkan mata bisa membuat kamu lebih relaks dan tenang. 

Sedangkan tidur dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Keluhan mual dan pusing pun akan teratasi. 

6. Gunakan Obat Antimual dan Pengobatan Alami Lain

Ada berbagai obat yang umum digunakan dan dijual bebas untuk mengatasi mabuk udara, termasuk antihistamin sedatif. Obat ini harus kamu konsumsi setengah jam sebelum penerbangan. 

Jika ingin pengobatan yang lebih alami, minum jahe diduga efektif mencegah mabuk udara karena herba ini memiliki efek antimual. Namun, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi hal ini. 

7. Konsultasi ke Dokter Sebelum Berangkat 

Sebelum berlibur, berkonsultasilah kepada dokter agar pemeriksaan menyeluruh bisa dilakukan dan kamu mengetahui kondisi kesehatan terkini. Cara ini bisa membantumu tetap bugar selama liburan sekaligus mengantisipasi keluhan mabuk udara.

8. Cukup Istirahat Sebelum Keberangkatan 

Istirahat Cukup Agar Ibu Tetap Sehat

Pastikan kamu tidur cukup pada malam hari sebelum waktu keberangkatan. Jadi, saat perjalanan dilakukan kamu tidak mudah lelah dan pusing

Artikel lainnya: Daftar Penyakit yang Rentan Menular di Kabin Pesawat

9. Melakukan Meditasi 

Nikmati perjalananmu dan bayangkan tempat liburan yang akan didatangi, Buatlah dirimu merasa relaks dan tenang. Ketika rasa mual muncul, coba alihkan pikiranmu agar tidak berujung muntah. 

#JagaSehatmu dengan menerapkan cara mengatasi mabuk udara di atas agar mencegah timbulnya keluhan mual, pusing, dan muntah selama mengudara.

Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter apabila kamu ingin bertanya seputar masalah kesehatan lainnya.

(ADT/JKT)

MabukPesawat

Konsultasi Dokter Terkait