Sukses

5 Manfaat Ajaib Bit untuk Kesehatan

Kenali sederet manfaat dari umbi bit yang mampu meningkatkan kesehatan untuk tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang bit? Ya, meskipun jarang terdengar, namun bit memiliki manfaat tersendiri yang baik untuk kesehatan tubuh. Bit merupakan dikategorikan sebagai salah satu jenis umbi, yakni umbi bit merah.

“Bit merah merupakan spesies dalam kelas Beta vulgaris dengan kelompok vulgaris conditiva dengan warna merah keunguan. Selain dikonsumsi, bit juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan,” kata dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

Sejak abad pertengahan, bit sudah digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan darah.

“Berbekal dari pengetahuan tersebut, dilakukanlah berbagai penelitian yang bertujuan untuk membuktikan bahwa bit merah dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi,” kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Khasiat umbi bit sudah teruji sejak dahulu kala. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Kaya gizi

Kandungan kalori dari bit termasuk rendah, namun tinggi vitamin dan mineral yang berharga. Bahkan jika dibeberkan, bit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan. Bit dengan porsi 3,5-ons (100 gram), mengandung:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6 dari RDI
  • Folat: 20 persen dari RDI
  • Vitamin B6: 3 persen dari RDI
  • Magnesium: 6 persen dari RDI
  • Kalium: 9 persen dari RDI
  • Fosfor: 4 persen dari RDI
  • Mangan: 16 persen dari RDI
  • Besi: 4 persen dari RDI

2. Menjaga tekanan darah

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung dan stroke, adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk mengembangkan kondisi ini.

Penelitian menunjukkan bahwa bit dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan hingga 4-10 mmHg dalam hitungan beberapa jam. Efek penurun tekanan darah ini kemungkinan disebabkan oleh konsentrasi tinggi nitrat dalam bit.

3. Meningkatkan performa fisik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan nitrat dalam bit dapat meningkatkan performa fisik, khususnya pada kegiatan yang bersifat atletik. Ini menjadi alasan kenapa umbi bit sering digunakan oleh para atlet.

Nitrat tampaknya memengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dalam sel Anda.

Penting untuk dicatat bahwa kadar nitrat darah mencapai puncak dalam  waktu 2 sampai 3 jam. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan potensinya, Anda dapat mengonsumsi bit dalam waktu 2 sampai 3 jam sebelum berlatih atau melakukan pertandingan.

4. Bantu melawan inflamasi

Peradangan kronis dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati dan kanker. Sementara itu, umbi bit mengandung pigmen bernama betalain yang memiliki sifat antiinflamasi.

Studi lebih lanjut sedang dilakukan terkait apakah bit dapat digunakan untuk mengurangi peradangan atau tidak.

5. Antikanker

Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi bit telah menyebabkan minat dalam kemampuannya untuk mencegah kanker. Namun, bukti tersebut perlu ditindaklanjuti lebih jauh.

Sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa zat pigmen betalain yang tinggi dalam bit,  konon mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat serta payudara.

Manfaat bit lainnya adalah untuk menjaga kesehatan otak, menurunkan berat badan. Rasanya yang enak cocok untuk dimasukkan sebagai daftar menu diet sehari-hari Anda.

“Para peneliti menemukan bahwa konsumsi satu gelas jus bit (250 ml) dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi secara signifikan,” kata dr. Karin.

Kenali berbagai manfaat bit yang baik untuk kesehatan, dan mulailah bersahabat dengan umbi berwarna merah ini. Konsumsi bit secara rutin setiap hari akan meningkatkan performa tubuh dan mencegah Anda dari berbagai macam penyakit, seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan obesitas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar