Sukses

Air Kelapa, Solusi Terbaik Atasi Dehidrasi di Musim Kemarau

Tahukah Anda bahwa air kelapa merupakan solusi terbaik untuk mengatasi dehidrasi saat musim kemarau? Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Terik matahari yang semakin tinggi di musim kemarau membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat. Jika Anda tak mampu mengimbangi jumlah cairan tubuh yang keluar, dehidrasi tak bisa dihindari lagi.

Menurut dr. Rio Aditya, dehidrasi dapat menyebabkan gejala yang bervariasi. Umumnya berupa badan lemas, kesadaran menurun, mata cekung, bibir kering, jantung berdebar, tangan dan kaki menjadi dingin, serta urine berwarna pekat.

Sementara itu, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menyatakan bahwa dehidrasi yang tidak segera diatasi bisa mendatangkan sejumlah komplikasi kesehatan, termasuk:

  • Gagal ginjal
  • Gangguan elektrolit
  • Kejang
  • Syok
  • Koma
  • Kematian

Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi memang terbukti dapat menyebabkan segudang komplikasi merugikan. Namun sebenarnya, kondisi ini tergolong mudah untuk diatasi. Anda hanya perlu minum lebih banyak. Salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat dehidrasi adalah air kelapa murni.

Mengutip laman WebMD, sebuah studi yang diterbitkan di Medicine & Science in Sport & Exercise menyebutkan bahwa air kelapa murni dapat mengembalikan cairan tubuh lebih baik daripada minuman olahraga. Hal itu karena air kelapa murni mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami di setiap 200 ml yang Anda konsumsi, sehingga dapat menggantikan mengatasi dehidrasi dengan lebih baik.

Manfaat lain air kelapa murni

Fakta menyebutkan bahwa air kelapa murni ternyata juga mengandung manfaat sehat lain di samping mengatasi dehidrasi. Apa saja manfaat yang dimaksud?

● Menurunkan berat badan

Air kelapa murni yang dikonsumsi dalam jumlah cukup secara rutin dapat membantu Anda meraih berat badan ideal. Sebab, air kelapa mengandung sejumlah serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, satu gelas air kelapa juga hanya mengandung sekitar 46 kalori. Ini membuatnya sangat cocok dijadikan pilihan utama untuk menghilangkan dahaga daripada minuman kemasan atau minuman bersoda.

● Mengelola tekanan darah

Setiap 240 ml air kelapa murni mengandung sekiranya 600 mg potasium. Ini membuatnya dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Di samping itu, air kelapa murni juga terbukti dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Dengan ini, kesehatan jantung dan berbagai organ penting lain dapat terjaga dengan baik.

● Mencerahkan kulit

Air kelapa murni mengandung antioksidan, yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Dengan ini, air kelapa berarti mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Pada akhirnya, konsumsi air kelapa dalam jumlah cukup setiap hari dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan bersinar.

● Menyehatkan saluran cerna

Berdasarkan perkataan dr. Jessica, air kelapa sangat baik untuk dikonsumsi ketika Anda sedang dilanda keluhan mual, muntah, atau diare. Menurutnya, air kelapa dapat membantu mengurangi gejala dan dapat membuat saluran cerna merasa nyaman.

Jangan biarkan dehidrasi terjadi secara berlarut-larut. Segera ambil beberapa gelas air kelapa untuk membantu mengembalikan keadaan seperti semula. Anda tak ingin dehidrasi yang terjadi berujung pada komplikasi berbahaya, bukan?

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar