Jantung

Awas, Es Krim Bisa Akibatkan Kolesterol Tinggi!

dr. Adeline Jaclyn, 13 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meski enak dan sangat pas dikonsumsi saat cuaca panas, es krim ternyata bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Kok bisa? Ini penjelasan medisnya.

Awas, Es Krim Bisa Akibatkan Kolesterol Tinggi!

Ketika dokter menganjurkan kamu untuk menurunkan kadar kolesterol, maka salah satu asupan yang diminta untuk dihindari adalah es krim. Tahu mengapa? Ya, hal itu karena es krim ternyata mengandung kolesterol tinggi.

Fakta menyebutkan, satu cangkir es krim memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih tinggi daripada donat. 

Jadi, bila sajian dingin ini kamu konsumsi – apalagi dalam jumlah berlebih – bukan tak mungkin akan melonjakkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat yang secara normal ada di dalam tubuh manusia. Zat ini memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya membentuk membran sel, mengatur hormon, dan memproduksi vitamin D.

Namun bila kadarnya berlebihan, kolesterol justru akan mendatangkan segudang dampak buruk. 

Penelitian menyebutkan bahwa jumlah kolesterol jahat (low-density lipoprotein/ LDL) yang tinggi dan kolesterol baik (high-density lipoprotein/ HDL) yang rendah dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis pada pembuluh darah. 

Plak ini berperan pada terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

Artikel lainnya: Dampak Es Krim bagi Anak, Sebabkan Batuk dan Pilek? 

Risiko Kolesterol Akibat Makan Es Krim 

Es krim memang terasa lezat, namun merupakan produk yang mengandung tinggi lemak sehingga dapat memengaruhi kadar kolesterolmu. Terlebih apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan. 

Pola makan yang dianjurkan untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung, adalah dengan membatasi lemak jenuh, lemak trans, dan gula. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh hingga 16 gram, lemak trans 2 gram, dan gula hingga 5–10% dari total kebutuhan 2.000 kalori dalam sehari.

Nah, satu cangkir es krim mengandung 15,36 gram lemak jenuh, 17 gram gula, dan 66 kalori. Jadi, mengonsumsi satu cangkir es krim hampir memenuhi batas toleransi tubuh terhadap zat-zat tersebut, seperti rekomendasi AHA di atas.

Artikel lainnya: Tidak Sebabkan Batuk & Pilek, Makan Es Krim Justru Memberikan Manfaat untuk Kesehatan

Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi es krim tanpa takut kolesterol tinggi, kamu harus rela untuk membatasi asupan zat gizi serupa (lemak jenuh, gula, dan kalori) dari makanan lainya. 

Misalnya, kamu makan satu cangkir es krim cokelat per hari, maka kamu harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi daging merah, susu, yoghurt, keju, dan makanan berlemak lain di hari tersebut. 

Di samping itu, kamu juga wajib membatasi asupan gula dan kalori, karena keduanya turut berkontribusi pada kejadian kolesterol tinggi.

Intinya, es krim memang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun, bila dapat menyiasati dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan, kamu tak perlu khawatir akan kejadian kolesterol tinggi di kemudian hari. 

Lalu, jika kamu ingin lebih terhindar dari risiko kolesterol tinggi, konsumsilah es krim rendah lemak dan tetap perhatikan porsinya.

Artikel lainnya: Beda Gelato dan Es Krim, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan?

Tips Cegah Kolesterol Tinggi Akibat Es Krim 

Untuk mencegah kolesterol tinggi akibat makan es krim, berikut tips yang bisa kamu terapkan: 

  • Gantilah Es Krim dengan Bentuk Lain 

Terdapat beberapa makanan beku pengganti es krim, misalnya yoghurt tanpa lemak yang hanya mengandung 2 gram lemak jenuh per porsi. Pilihan yang lebih sehat adalah buah-buahan beku. 

Cobalah memasukan buah anggur yang sudah dicuci ke dalam freezer. Makanlah sebagai camilan. 

  • Makan Makanan Tinggi Serat 

Penelitian menunjukkan bahwa  biji-bijian mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. 

Sebuah studi tahun 2014 melihat bahwa pada orang dewasa di atas usia 45 tahun, penggunaan statin yang dikombinasi dengan konsumsi makanan gandum kaya serat dapat meningkatkan kadar kolesterol ke arah yang lebih sehat. 

Contoh sumber serat larut yang dapat dikonsumsi adalah sereal gandum, ubi, biji rami, kubis, dan kacang polong.

  • Berolahraga

Tidak hanya membuat bentuk badan menjadi lebih ideal, berolahraga teratur juga dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan HDL. 

AHA mengatakan bahwa berolahraga sebanyak 150 menit dengan intensitas sedang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik, seperti berenang, bersepeda, jalan kaki, dan lainnya.

Setelah mengetahui bahwa es krim dapat menyebabkan kolesterol tinggi, kamu sebaiknya lebih waspada dan cermat dalam memilih asupan sehari-hari. 

Jangan lupa untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga rutin, hindari rokok maupun alkohol, dan istirahat cukup. 

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter. Gratis!

[RS]

Es KrimKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait