Sukses

Pastikan Mudik Lebaran Anda Bebas Loyo

Lewat kampanye #MudikGakLoyo, perjalanan mudik Lebaran tahun ini akan semakin aman, nyaman, dan bebas loyo!

Klikdokter.com, Jakarta Demi meningkatkan kenyamanan mudik Lebaran, Hansaplast Koyo menyelenggarakan kampanye #MudikGakLoyo dengan menghadirkan posko-posko yang memberikan berbagai fasilitas gratis khusus untuk para pemudik. Hal ini diungkapkan Setiawan Saputra, Marketing Manager Hansaplast dalam konferensi pers pada hari Kamis (07/06), di Kolega Coworking Space, Jakarta.

Lewat kampanye ini, akan hadir dua posko di KM19 dan KM57 di Tol Cikampek yang memberikan fasilitas gratis berupa konsultasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI), konsultasi dokter via telepon, pijat refleksi, dan pembagian produk Hansaplast Koyo gratis.

“Hansaplast Koyo ingin membantu pemudik agar lebih nyaman. Kampanye ini akan dimulai tanggal 8 Juni hingga H-1 Lebaran,” kata Setiawan saat konferensi pers berlangsung.

Mengenai kerja sama dengan PMI, Setiawan juga menjelaskan bahwa kedua pihak ingin memberikan edukasi kepada masyarakat seputar pertolongan pertama.

“Nantinya, akan ada ambulans dan dua orang perawat yang stand by di KM57 dan KM19. Selain dapat berkonsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pertolongan pertama, dengan adanya ambulans dan perawat, pemudik dapat diperiksa dan jika perlu akan dilarikan ke rumah sakit,” ungkap Setiawan.

Mudik bebas loyo ala Agung Hercules

Dalam konferensi pers ini, turut hadir pula mantan binaragawan, penyanyi, dan aktor Agung Hercules. Ia pun berbagi pengalamannya mudik bebas loyo.

“Saat mudik, Anda duduk dalam waktu lama dalam kendaraan. Sebaiknya, setiap dua jam sekali gerakkan badan untuk melemaskan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Anda pun akan kembali segar,” kata Agung berbagi pengalaman pribadinya. Gerakan-gerakan tersebut penting dilakukan agar terhindar dari kejang otot.

Selain itu, pelantun “Astuti” ini juga mengatakan terdapat dua jenis gerakan peregangan, yaitu preventif dan kuratif.

“Gerakan preventif dilakukan sebelum rasa pegal terjadi, sementara gerakan kuratif dilakukan setelah terjadinya rasa pegal. Setelah melakukan gerakan stretching, minum air putih dan jika perlu tempelkan koyo di area yang rawan tegang seperti pinggang, leher, pundak, dan bagian belakang lutut.”

Khasiat koyo sebagai pereda nyeri otot

Koyo atau transdermal patch adalah metode pengobatan yang menjadikan kulit sebagai media penyerapan obat ke dalam tubuh. Satu lembar koyo umumnya mengandung mentol, salisilat  biofreeze, dan capsaicin yang merupakan senyawa untuk meredakan keluhan nyeri otot dan pegal-pegal. Saat koyo yang ditempelkan mulai terasa hangat, saat itulah kandungan-kandungannya mulai bereaksi untuk mengurangi keluhan.

Pada kasus yang ringan, nyeri otot biasanya terjadi akibat:

  • Adanya cedera pada otot atau ligamen akibat mengangkat benda berat secara berulang
  • Ketegangan pada bagian tubuh tertentu
  • Penggunaan otot secara berlebihan

Sementara itu, pada kasus nyeri otot yang berat, kondisi ini terjadi akibat:

  • Penyakit fibromialgia yang menyebabkan otot atau jaringan lunak terasa sakit jika disentuh
  • Lupus, kondisi dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang organ-organ yang sehat
  • Reumatoid artritis, yaitu peradangan sendi kronis yang menyebabkan keluhan nyeri, kaku sendi, atau bengkak

Ingat, penggunaan koyo hanya dapat membantu mengatasi kasus nyeri otot ringan. Sedangkan untuk nyeri otot berat, koyo hanya mampu mengurangi keluhan, bukan mengatasi penyebab utamanya.

Agar mudik Lebaran tahun ini terasa nyaman, lakukan kiat bebas pegal seperti yang disarankan di atas. Duduklah dengan posisi yang nyaman. Lakukan peregangan seperti yang dikatakan oleh Agung Hercules agar bebas loyo. Lakukan pemijatan seperti di leher atau kaki. Gunakan pakaian yang nyaman, serta siapkan koyo untuk mencegah dan mengatasi nyeri otot atau pegal ringan. Selamat mudik!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar