Sukses

Tepis Stres Saat Mudik dengan Makanan Ini

Anda mengalami stres saat macet di kala mudik? Makan ini saja untuk menghilangkannya!

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi jalanan yang macet saat mudik, dapat membuat stres dan pusing. Pasalnya tak hanya Anda saja yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga, tapi juga orang lain. Ditambah dengan waktu tempuh perjalanan yang lama, Anda pun bisa makin stres. Karena itu, bekal makanan harus dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi kemacetan tersebut.

Berdasarkan penjelasan dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, hubungan antara makanan dan mood sudah lama diteliti. Apa yang Anda makan menentukan apa yang Anda rasakan. Sebaliknya, apa yang Anda rasakan juga dapat menentukan apa yang Anda makan. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi beragam makanan sehat karena pengaruhnya berbeda-beda terhadap fungsi otak.

Makanan pereda stres

Makanan tertentu yang Anda konsumsi, mampu mengubah kadar zat-zat kimia dalam otak yang pada akhirnya memengaruhi perilaku seseorang. Karbohidrat misalnya, ia memiliki efek meningkatkan kadar serotonin.

“Serotonin ini adalah zat kimia otak yang memiliki efek menenangkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang sering kali merindukan makanan tinggi karbohidrat saat sedang stres,” ujar dr. Fiona.

Lebih lanjut, dr, Fiona memaparkan bahwa makanan tinggi protein akan menaikkan kadar zat-zat seperti tirosin, dopamin, dan norepinefrin, yang berfungsi membantu meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan lemak sehat seperti omega-3 berperan penting dalam kontrol proses-proses di dalam otak.

Selain zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, zat gizi mikro dari vitamin dan mineral juga berperan penting dalam mengatasi stres. Di antaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin D, asam amino triptofan, magnesium, dan seng yang diketahui meningkatkan produksi serotonin.

Berikut ini adalah makanan yang dinilai mampu meredakan stres saat macet dalam perjalanan mudik:

1. Cokelat

Cokelat dengan kandungan kakao minimal 70% (dark chocolate) diketahui dapat menurunkan kadar hormon stres.

2. Karbohidrat

Pilihlah karbohidrat yang tinggi serat, seperti roti gandum, serealia gandum, dan beras merah.

3. Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur kaya akan kandungan zat gizi mikro dan antioksidan. Beberapa yang diketahui memengaruhi mood adalah alpukat, pisang, jeruk, bayam dan brokoli. Dengan mengonsumsi buah dan sayur ini, rasa lelah dapat menurun sehingga Anda bisa lebih konsentrasi.

4. Protein hewani

Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makerel kaya akan asam amino triptofan dan asam lemak omega-3 yang meningkatkan produksi serotonin. Daging ayam dan sapi juga mengandung asam amino sehingga baik untuk menurunkan stres dan kecemasan. Produk hewani lainnya seperti telur, susu, keju dan yoghurt juga dapat dikonsumsi.

5. Kacang-kacangan

Kacang kenari dan almon menyimpan asam amino, vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan zink yang dapat memproduksi serotonin.

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan jauh, cobalah untuk membawa bekal makanan di atas demi menghindari stres saat macet mudik. Manfaatnya tentu banyak untuk kesehatan dan pikiran Anda. Selamat merayakan hari Lebaran!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar