Sukses

Panduan Makan di Restoran Bagi yang Punya Kolesterol Tinggi

Panduan ini memungkinkan Anda tetap bisa menikmati beragam menu lezat di restoran tanpa khawatir kolesterol tinggi yang tiba-tiba kambuh.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu gemar makan di restoran favoritnya. Namun, tidak selalu demikian bagi penderita kolesterol tinggi. Alih-alih dinanti-nanti, makan di restoran justru kebanyakan dihindari oleh mereka yang punya kolesterol tinggi karena takut mengalami kekambuhan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Meski sekarang sudah mulai banyak restoran yang menyajikan makanan sehat, tak dapat diingkari kebanyakan restoran masih menyediakan menu yang identik dengan kandungan kalori, lemak, dan garam yang tinggi.

Menu makanan tersebut lebih baik untuk dihindari. Itulah sebabnya para penderita kolesterol tinggi sering menolak tawaran makan di restoran, seberapa pun menariknya tawaran tersebut.

Namun, tentu tidak selamanya tawaran restoran akan ditolak. Pasti akan ada pula masanya  Anda sangat ingin makan di restoran. Untuk itu tidak perlu khawatir. Beberapa panduan berikut dapat diikuti oleh Anda yang punya kolesterol tinggi saat makan di restoran agar kadar kolesterol tidak melonjak.

Sebelum memesan makanan

  • Lakukan riset. Alangkah lebih baik bila Anda tahu persis restoran mana yang akan Anda dan keluarga kunjungi. Tujuannya agar Anda tahu menu apa saja yang disajikan di sana dan memilih menu terlebih dahulu sebelum tiba di lokasi. Trik ini akan mencegah Anda memesan makanan yang kruang sehat atau yang hanya “menggoda mata” Anda saja.
  • Singkirkan berbagai “godaan” dari meja Anda. Saat di lokasi, umumnya di atas meja akan terdapat beberapa jenis kudapan ringan, seperti roti, kerupuk, dan sebagainya. Mintalah pelayan restoran untuk menyingkirkan makanan tersebut agar Anda tidak tergoda untuk mengonsumsinya sebelum makanan datang.
  • Minum air sebelum makan. Dengan meminum setidaknya dua gelas penuh air sebelum makanan Anda tiba akan mengurangi rasa lapar dan mencegah Anda memesan makanan berlebihan. 

Saat Memesan Makanan

  • Cermat memilih menu. Saat melihat daftar menu, banyak orang akan terjebak dan mengambil pilihan yang keliru. Anda yang memiliki kolesterol tinggi harus cermat dan teliti saat melihat daftar makanan yang ditawarkan. Pilihlah makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau dibakar. Makanan tersebut mengandung lemak lebih sedikit dibanding makanan yang digoreng.
  • Jadilah yang pertama memesan menu. Memesan menu pertama kali akan mencegah Anda tergoda akan menu yang dipesan orang lain yang mungkin tidak sesuai bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.
  • Jauhkan diri Anda dari bahan makanan tinggi kalori. Hindari makanan dengan tambahan butter atau tambahan keju yang tinggi kalori .
  • Cerdas tentukan karbohidrat. Mintalah kentang kukus atau kentang panggang, dibandingkan kentang goreng. Bila memilih roti, pilihlah roti gandum.
  • Pilih sumber protein yang aman. Sedapat mungkin pilih ayam, ikan, atau daging merah tanpa lemak seperti bagian has. Hindari daging yang mengandung banyak lemak. Hindari pula makanan yang mengandung pengawet seperti sosis.
  • Pastikan selalu tersedia sayur di piring Anda. Bila menu makanan yang Anda pilih tidak termasuk sayur, pesan satu porsi sayur terpisah.
  • Buah sebagai hidangan penutup. Sebagai hidangan penutup, hindari memesan makanan tinggi gula dan kalori. Cukup pesan potongan buah segar atau jus buah tanpa gula tambahan.
  • Pilih saus salad yang aman. Saat memesan salad sayur atau salad buah, hindari memakai saus mayones atau parutan keju. Sedikit minyak zaitun akan menambah kenikmatan pada salad sayuran Anda tanpa meningkatkan kadar lemaknya.

Setelah menyimak berbagai tips di atas, kini Anda yang memiliki kolesterol tinggi tak perlu menghindari waktu makan di restoran lagi. Panduan di atas akan menolong Anda tetap dapat menikmati menu restoran tanpa khawatir akan kadar kolesterol atau kekambuhannya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar