Tips Parenting

6 Tips Cegah Anak Rewel dalam Perjalanan Mudik

Pusing karena anak rewel dalam perjalanan mudik Lebaran? Tak usah khawatir! Beberapa tips berikut akan membuat perjalanan mudik jadi lebih menyenangkan!

6 Tips Cegah Anak Rewel dalam Perjalanan Mudik

Anak yang rewel saat perjalanan mudik bisa bikin pusing kepala dan perjalanan pun akan terasa tidak menyenangkan. Meski begitu, sebagai orang tua tentu harus bisa menenangkan si Kecil.

Pada keadaan tenang di rumah, mengatasi kerewelan anak relatif lebih mudah dibandingkan saat kondisi tertentu, misalnya menempuh perjalanan jauh untuk mudik Lebaran.

Kerewelan anak selama perjalanan mudik bisa terjadi akibat beberapa sebab. Misalnya, perjalanan yang membosankan, kemacetan yang tak kunjung usai, atau memang sudah terasa melelahkan selama perjalanan.

Pada usia bayi, anak biasanya akan tidur dan tenang bila kenyang serta merasa nyaman. Orang tua dapat mencoba memenuhi keduanya, agar anak dapat tidur selama perjalanan mudik.

Jangan lupa juga untuk menyendawakan bayi setelah ia menyusu dengan cara menegakkan tubuhnya dan tepuk punggung dengan lembut agar udara yang terperangkap dapat keluar.

Kamu tentu tak ingin liburan bersama anak terasa menjengkelkan gara-gara kerewelannya, bukan? Kamu dapat melakukan beberapa tips ini agar mudik terasa nyaman bagi anak:

1. Penuhi Kebutuhan Dasar Anak 

Meski Mudik, Si Kecil Harus Tetap Makan Tepat Waktu

Supaya anak tidak rewel selama perjalanan mudik, persiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Jika anak mulai rewel, cari tahu penyebabnya sehingga orang tua dapat mengatasi langsung penyebabnya. Jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi, orang tua dapat tanyakan secara langsung. 

Lapar, haus, ingin BAB dan BAK merupakan beberapa penyebab anak rewel yang cukup umum. Pastikan segala kebutuhan tersebut dapat orang tua penuhi.

Artikel lainnya: Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

2. Buat Suasana Mudik yang Nyaman 

Tidak melulu anak-anak, orang dewasa pun pasti merasa tidak nyaman melakukan perjalanan panjang dalam kondisi yang panas, gerah, dan bau.

Kondisi inilah yang sering membuat anak tidak nyaman saat mudik. Solusinya, jadikan suasana di dalam moda transportasi yang Kamu pilih menjadi senyaman mungkin.

Untuk hal itu, Kamu bisa menyetel lagu yang membuat anak merasa riang, membawa mainan maupun benda kesayangan si Kecil, atau memastikan bahwa pendingin udara di dalam mobil berfungsi dengan baik.

3. Antisipasi Mabuk Perjalanan 

Salah satu penyebab anak menjadi rewel saat melakukan perjalanan adalah mabuk perjalanan. Untuk itu, cegahlah mabuk perjalanan dengan air hangat, aromaterapi atau obat anti mabuk perjalanan agar anak tidak uring-uringan.

4. Latih Anak Sebelum Berangkat Mudik 

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik (Creativa Images/Shutterstock)

Tips ini bisa dilakukan agar anak tidak rewel saat perjalanan jauh. Apalagi jika ia benar-benar baru pertama kali melakukan perjalanan jauh.

Orang tua bisa melatih anak sejak beberapa waktu sebelum berangkat perjalanan. Buatlah kondisi seperti saat mudik nanti. Gunakan kendaraan yang akan orang tua pakai nanti saat mudik. Hal-hal tersebut akan membuat anak lebih terbiasa dan tidak kaget saat melakukan perjalanan.

Artikel lainnya: Di Usia Berapa Anak Boleh Diajak Bepergian Jauh untuk Mudik?

5. Berikan Kenyamanan secara Psikologis kepada Anak

Bagi anak yang belum pernah mudik, bertemu banyak orang baru yang tidak ia kenal terkadang membuatnya merasa ketakutan. 

Selain itu, pengalaman naik pesawat, naik kereta, atau kapal untuk pertama kalinya juga dapat membuat anak ketakutan, sehingga membuatnya rewel. Untuk mengatasinya, orang tua bisa membawa buku, boneka, atau makanan favorit anak.

6. Kenal Penyebab Anak Rewel Lainnya 

Mengingat anak sedang dalam tahap pertumbuhan, khususnya yang masih bayi, terkadang ada kondisi biologis yang membuat dirinya tak nyaman. Hal tersebut misalnya pertumbuhan gigi.

Tumbuh gigi bisa dimulai sejak anak berusia 3 bulan. Saat anak mau tumbuh gigi, biasanya gusi bengkak dan terasa nyeri sehingga membuatnya tidak nyaman dan rewel. Tanda lainnya anak sedang tumbuh gigi, yaitu keluar banyak air liur, suka menggigit benda keras, dan sulit tidur. 

Orang tua dapat memijat area sekitar mulut anak, atau memberikan objek keras namun bersih untuk digigit anak, misalnya mainan khusus. Hal ini dilakukan untuk melatih gigitan dan mengurangi rasa sakit dari gigi yang sedang tumbuh.

Artikel lainnya: Anak Sering Muntah di Mobil, Ini Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips agar anak tidak rewel saat mudik atau perjalanan jauh. Bila penyebab anak rewel tidak terdeteksi, sebaiknya orang tua memeriksakannya ke dokter. Karena bisa jadi penyebabnya adalah masalah kesehatan.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini atau kesehatan anak lainnya? Konsultasikan saja dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter Anakdan buat janji dokter anak dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter! gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

Baca juga artikel kesehatan terbaru dengan download aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu dan keluarga selalu!

[RS]

MudikAnak

Konsultasi Dokter Terkait