HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPerlukah Memusuhi Telur Jika Kolesterol Tinggi?
Diet dan Nutrisi

Perlukah Memusuhi Telur Jika Kolesterol Tinggi?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 05 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Telur sering dianggap musuh bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Nyatanya, tidak selalu demikian.

Perlukah Memusuhi Telur Jika Kolesterol Tinggi?

Telur adalah bahan makanan yang masih menjadi primadona di Indonesia. Bagaimana tidak, telur sangat mudah didapat dan diolah serta cocok untuk dinikmati pagi, siang, maupun malam hari. Namun, di balik kelebihan tersebut, telur kerap dijauhi oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Telur disebut-sebut dapat memperburuk kondisi yang sudah ada. 

Telur memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Satu butir kuning telur saja mengandung 180 miligram kolesterol. Sementara, kebutuhan kolesterol harian seseorang adalah sekitar 100-300 miligram per hari. Jumlah kolesterol yang terkandung dalam telur sudah memenuhi lebih dari setengah dari kebutuhan kolesterol harian manusia. 

Meski kandungan kolesterol dalam telur terbilang tinggi, bukan berarti penderita kolesterol tinggi sama sekali tidak boleh mengonsumsi telur. Faktanya, kolesterol yang terkandung dalam telur adalah jenis kolesterol yang baik seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Hal ini didukung oleh berbagai penelitian observasional yang menunjukkan bahwa konsumsi telur secara rutin tidak lantas meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Malah, konsumsi telur secara tepat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan lemak “baik” dalam tubuh. 

Selain itu, telur juga kaya akan zat gizi lainnya seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, kolin yang baik untuk otak dan saraf, dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B, dan D. Telur juga merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik dan tentunya terjangkau. 

Bila Anda tidak memiliki risiko, atau berisiko rendah mengalami penyakit jantung dan diabetes, Anda dapat menyantap 6-7 butir telur setiap minggunya. Artinya, Anda boleh makan satu butir telur setiap hari. 

Bagi Anda yang memiliki risiko penyakit jantung atau diabetes, memiliki keluarga yang mengalami penyakit tersebut, atau Anda seorang perokok, Anda tetap boleh mengonsumsi telur selama dalam jumlah wajar. Jumlah yang dianjurkan untuk kondisi tersebut adalah tidak lebih dari 3 butir dalam seminggu. 

Kiat aman mengolah telur 

Sebenarnya yang membuat telur sering dianggap “biang kerok” dari kolesterol tinggi adalah cara mengolahnya. Telur sering kali digoreng dan disandingkan dengan keju, mentega, butter, kentang goreng, atau roti tawar. 

Bahan-bahan makanan tersebut mengandung gula dan kolesterol yang kadang lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam telur itu sendiri. Bila dikonsumsi bersamaan, tentu akan meningkatkan risiko terkena penyakit gula (diabetes mellitus), kolesterol tinggi, dan penyakit jantung

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengolah telur dengan baik agar lebih sehat dan tidak meningkatkan kolesterol Anda. 

  • Olah telur dengan direbus. Cara paling aman untuk mengonsumsi telur adalah dengan merebusnya karena dalam metode ini Anda tidak menambahkan lemak tambahan apa pun. 
  • Buat telur orak-arik (scrambled eggs). Telur orak-arik bisa menjadi salah satu alternatif bila Anda ingin memasak telur tanpa menggunakan minyak yang terlalu banyak. 
  • Telur dadar dengan minyak zaitun. Bila Anda ingin mengonsumsi telur goreng atau telur dadar, gunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun (olive oil).
  • Konsumsi bersama sayuran. Anda bisa menambahkan sayuran dalam adonan telur sebelum memasaknya atau menambahkan potongan telur yang sudah direbus di atas salad sayuran. 
  • Ambil putih telurnya. Cara ini sangat praktis bila Anda tidak punya banyak waktu untuk mengolah berbagai macam masakan. Cukup konsumsi putih telur saja.  

Kini, bagi Anda penderita kolesterol tinggi tidak perlu memusuhi telur lagi. Selama dikonsumsi dalam jumlah wajar dan diolah dengan tepat, beragam manfaat telur dapat Anda nikmati. 

[RS/ RVS]

telurkolestrolDiabeteskolestrol tinggiPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait