Sukses

Yuk, Bernapas dengan Benar agar Tubuh Lebih Sehat

Lewat cara bernapas yang benar, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Simak dan ikuti caranya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Benarkah bernapas dengan benar dapat membuat tubuh lebih sehat? Hal tersebut pernah dibahas dalam sebuah penelitian. Intinya, saat seseorang menghela hingga menghembuskan napas dengan baik, maka hal itu dapat memberikan manfaat buat tubuh.

Belisa Vranich selaku penulis buku Breathe: 14 Days to Oxygenating, Recharging, and Fueling Your Body & Brain, mengungkapkan bahwa semua orang sejatinya terlahir untuk mengetahui cara menghirup dan mengembuskan nafas dengan benar.

“Namun melihat kondisi teknologi saat ini, jadwal hidup yang serba cepat, dan pemicu stres lebih tinggi setiap hari, kebanyakan dari kita telah kehilangan kemampuan bernapas yang baik. Akibatnya, kebanyakan dari kita bernapas secara tidak optimal,” kata Vranich.

Pernapasan yang tidak benar bisa membuat tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Oksigen adalah bahan bakar dan dalam kondisi apapun, ia seharusnya memberikan tenaga bagi tubuh kita. Jika Anda sudah menghirup napas tapi tubuh masih terasa lelah, berarti ada yang salah dengan cara bernapas Anda.

Lantas, bagaimana cara bernapas dengan benar agar tubuh lebih sehat? Simak kiat yang dipaparkan oleh Varnich sebagai berikut:

1. Peregangan

Sama seperti latihan apa pun, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan duduk tegak dan tarik napas sambil condong ke samping, Lakukan 3 hingga 4 kali.

2. Fokus  pada embusan napas

Ketika berpikir tentang bernapas, mungkin Anda hanya fokus terhadap menghirup oksigen. Padahal, menghembuskan napas turut menjadi kunci dari pola pernapasan yang baik.

Hal itu terjadi karena pernapasan yang tidak optimal hanya melepaskan 70 persen udara di paru-paru. Demi mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan latihan ekspirasi untuk mendorong keluar udara sebanyak mungkin.

3. Menghirup udara secara maksimal

Tarik napas sepenuhnya. Lalu tanpa menghembuskan napas, tarik napas lagi. Buka mulut seolah-olah Anda menghirup udara. Total waktu menghirup harus berlangsung selama 2 hingga 3 detik. Lakukan selama 10 kali.

4. Berlatih meniup lilin

Latihan ini menargetkan otot inti Anda, sehingga Anda dapat mengembuskan napas lebih efektif. Embuskan napas melalui mulut seolah-olah Anda meniup sederetan lilin, membiarkan udara membentur bagian belakang gigi untuk mengeluarkan napas.

5. Keluarkan dengan teratur

Latihan lanjutan ini menggabungkan napas dengan kontraksi perut. Sementara dengan posisi merangkak, jagalah punggung Anda tetap datar, buat otot perut Anda rileks, biarkan ia jatuh sepenuhnya ke lantai. Cobalah 10 hingga 15 kali.

Belajar kembali cara yang benar untuk bernapas itu mudah. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengatur pernapasan, contohnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh, menambah lebih banyak energi, mengurangi kadar stres, dan menciptakan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

“Memperhatikan cara bernapas memang kelihatan sepele. Tapi ketahuilah bahwa kegiatan ini merupakan kunci utama untuk memiliki kesehatan tubuh yang hakiki. Karena itu, perbaiki cara bernapas Anda mulai saat ini, agar penyakit berbahaya sungkan untuk hinggap,” kata dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter.

Yuk, bernapas dengan benar agar tubuh lebih sehat! Selain memberikan segudang manfaat, lewat mengatur pernapasan, Anda juga dapat memaksimalkan fungsi organ dengan baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar