Sukses

Cegah Badan Lemas Saat Musim Kemarau

Suhu udara yang tinggi saat musim kemarau dapat membuat badan lemas. Berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Musim kemarau dapat memunculkan sejumlah gangguan kesehatan. Salah satunya adalah badan lemas. Meski kelihatan sepele, hal ini tetap tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Suhu udara yang meningkat dapat memengaruhi beberapa organ tubuh bekerja. Ketika cuaca panas, pembuluh darah melebar dan membuat tekanan darah menurun sehingga keluhan sakit kepala mudah terjadi. Selain itu, sistem saraf pusat juga terkait dengan suhu udara yang meningkat sehingga mudah menyebabkan gangguan kelelahan dan badan lemas.

Agar badan tidak mudah lemas dan terhindar dari serangan kuman penyakit, berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

1. Banyak minum air putih

Ketika suhu meningkat, tubuh mudah berkeringat dan meningkatkan risiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi artinya cairan tubuh banyak yang terbuang keluar sehingga tubuh kekurangan cairan dan menjadi lemas.

Cara terbaik untuk mencegah dehidrasi saat musim kemarau adalah dengan memperbanyak minum air putih sebanyak delapan gelas per hari. Anda juga perlu membatasi asupan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh serta minuman bersoda.

2. Asupan makanan yang bergizi seimbang

Jika Anda menjaga asupan makanan sehari-hari dengan makanan yang bergizi seimbang, maka Anda membantu diri sendiri untuk lebih sehat dan terhindar dari keluhan badan lemas. Pastikan menu makanan Anda sehari-hari sehat dan lengkap, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

Komposisi tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak akan mudah lemas dan dapat berkonsentrasi lebih baik.

3. Cukup istirahat

Selama musim kemarau, sebaiknya atur waktu istirahat Anda dan pastikan dalam satu hari Anda tidur delapan jam per hari. Kualitas tidur yang cukup dapat membuat kinerja tubuh tetap terjaga, karena saat tidur, tubuh memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan dan menggantinya dengan sel-sel baru.

Alhasil, setelah tidur yang cukup, tubuh Anda menjadi lebih segar dan terhindar dari keluhan badan lemas. Penting juga untuk memperhatikan jam tidur Anda agar tidak terlalu larut.

4. Hentikan kebiasaan buruk

Jika Anda memililiki kebiasaan merokok, segera kurangi atau bahkan hentikan. Ingatlah bahwa konsumsi rokok yang berlebihan terutama di musim kemarau dapat mengangggu saraf-saraf di otak.

Akibatnya secara perlahan dapat membuat kinerja otak menjadi menurun, dan tentunya akan berdampak pada tubuh. Anda pun menjadi mudah lemas dan tak bersemangat.

5. Rutin olahraga

Ya, Anda dapat melawan rasa lemas dengan cara olahraga. Olahraga yang rutin mampu melancarkan peredaran darah sehingga rasa lemas akan segera menghilang dan tubuh menjadi lebih bugar dan segar.

Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas berat. Cukup lakukan olahraga ringan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Terapkan aktivitas ini secara rutin minimal 30 menit sehari.

Menjaga kesehatan saat musim kemarau dengan pola hidup sehat mampu menghindarkan Anda sekeluarga dari berbagai penyakit. Jika Anda sudah melakukan beberapa tindakan di atas namun tetap merasakan badan lemas, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah jika diperlukan. Karena terdapat beberapa penyakit yang berkaitan dengan badan lemas, seperti anemia, gangguan tiroid, dan penyakit jantung.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar