Sukses

5 Tips agar Ibu Hamil Terhindar dari Badan Lemas di Musim Kemarau

Musim kemarau rentan membuat ibu hamil menderita badan lemas. Lakukan tips berikut agar terbebas dari kondisi tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Cuaca panas, kering, dan disertai dengan debu-debu yang beterbangan di musim kemarau, rentan menjadi sumber dari berbagai penyakit. Keadaan seperti ini juga berisiko membuat ibu hamil terkena badan lemas.

Namun, dengan cara-cara tertentu, Anda sebagai ibu hamil tak perlu khawatir. Badan lemas dapat dihindari dengan melakukan berbagai upaya.

Penyebab badan lemas saat hamil

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, cuaca di musim kemarau akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk berkeringat. Suhu udara yang semakin tinggi memicu produksi beberapa jenis hormon tertentu, salah satunya adalah hormon progesterone yang berkaitan dengan badan lemas.

Apabila produksi keringat berlebih tersebut tidak disertai dengan asupan cairan dan nutrisi yang cukup, ibu hamil dapat mengalami badan lemas.

Selain itu, tekanan darah dan gula darah yang cenderung menurun saat hamil juga dapat mengakibatkan tubuh lemas dan sering mengantuk. Dari sisi psikologis, rasa cemas dan stres juga bisa berkontribusi menyebabkan badan lemas pada ibu hamil.

Penjelasan dari dr. Andika Widyatama memaparkan bahwa badan lemas memang kerap dialami oleh wanita hamil, terutama pada masa kehamilan trimester pertama dan ketiga. Pada trimester pertama, badan lemas terjadi akibat dari perkembangan janin yang begitu cepat.

Sedangkan, pada trimester ketiga, janin yang berkembang semakin besar di dalam rahim akan membuat ibu merasa berat saat berjalan, cepat lelah, dan tidur pun tak nyenyak.

Agar terhindar dari badan lemas

Untuk menghindari badan lemas saat hamil, sangat penting bagi ibu untuk menjaga kondisinya agar tetap fit. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat melakukan berbagai upaya yang disarankan oleh dr. Andika berikut ini:

1. Konsumsi makanan bergizi

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, ibu hamil boleh mengonsumsi suplemen seperti vitamin dan susu kehamilan. Tentu sebelumnya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nutrisi ini akan diperlukan ibu untuk perkembangan janinnya.

Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), serta sayur dan buah.

2. Tidur siang

Salah satu cara untuk mengatasi badan lemas saat hamil adalah dengan tidur siang. Meski terlihat sepele, nyatanya tidur siang ampuh untuk mengembalikan stamina ibu hamil.

3. Memenuhi kebutuhan air minum

Musim kemarau yang kering berisiko membuat ibu hamil mudah terkena dehidrasi. Air dapat membantu kondisi tubuh wanita hamil yang kekurangan cairan. Mengonsumsi air putih dalam porsi yang cukup sangat penting agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain minum air putih, ibu hamil juga dapat mengonsumsi minuman manis seperti teh manis atau jus buah segar.

4. Kelola stres

Kondisi ibu hamil yang cukup sensitif karena adanya perubahan hormon dapat membuat wanita hamil rentan terkena stres. Jadi, lakukanlah hal-hal yang dapat mebuat Anda senang, sehingga mood Anda kembali membaik.

5. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu ibu hamil menjaga stamina. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai selama 30 menit, sebanyak 3-4 dalam seminggu. Yang perlu Anda ingat, jangan paksakan diri jika memang kondisi tidak memungkinkan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan olahraga.

Demikian beberapa upaya yang bisa dilakukan ibu hamil agar terbebas dari kondisi badan lemas di masa kehamilan, terutama di musim kemarau.Bila Anda masih merasakan badan lemas yang berlebihan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[RVS]

1 Komentar