Sukses

Jaga Diri Anda dengan 5 Benda Pelindung Kesehatan Ini

Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan memakai benda pelindung kesehatan. Benda-benda seperti apa yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan Anda tetap prima. Mulai dari menjalani pola diet tertentu hingga mencoba tren olahraga baru. Selain hidup sehat dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga, banyak orang juga menggunakan benda tertentu sebagai penunjang dan pelindung kesehatan. Benda apa saja yang dimaksud?

1. Penutup mata untuk tidur

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur yang bertolak belakang dengan pasangan? Semisal Anda terbiasa tidur dengan kondisi kamar tidur gelap sedangkan pasangan justru hanya bisa tidur dengan kondisi lampu ruang tidur menyala, penutup mata bisa menjadi solusi untuk mencegah adanya sinar masuk ke mata yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Pemakaian penutup mata ini akan membuat kualitas tidur Anda meningkat dan Anda pun dapat tidur nyenyak.

2. Kacamata hitam

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah melindunginya dari paparan sinar ultraviolet (UV) dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan kacamata hitam ketika Anda berada di luar ruangan saat cuaca terik.

Ingat, paparan sinar UV dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata, meningkatkan risiko katarak, serta degenerasi makula (penurunan penglihatan pusat, yaitu kemampuan untuk memandang lurus ke depan). Oleh karena itu, pastikan mata Anda terlindungi dengan baik dengan memiliki kacamata hitam yang memiliki proteksi UV.

3. Penyumbat telinga

Paparan terhadap suara bising seperti gergaji, bor, atau mesin tertentu sering kali dialami oleh para pekerja. Paparan suara berulang lebih dari 85 desibel (setara dengan suara mesin pemotong rumput) dapat mengganggu fungsi pendengaran Anda. Selain itu, mendengarkan musik dengan volume sangat keras melalui pemutar musik (120-130 desibel) ternyata dapat melebihi kekuatan suara dari pesawat yang akan lepas landas. Untuk melindungi telinga Anda, gunakan penyumbat telinga atau earplug, saat Anda berada di lingkungan yang bising.

4. Mouth guard

Alat pelindung mulut ini umumnya terbuat dari material plastik. Mouth guard biasanya digunakan untuk melindungi cedera pada area sekitar mulut, pipi, gigi, lidah dan rahang. Penggunaan mouth guard disarankan pada Anda yang sering mengalami bruxism, yaitu kondisi seseorang yang kerap melakukan kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur. Jika tidak diatasi, bruxism dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, nyeri kepala, dan gangguan pada sendi rahang. Jika Anda punya kebiasaan ini, tak ada salahnya untuk membeli dan mencoba mouthguard untuk melindungi permukaan gigi dari ancaman aus.

5. Compression stocking

Compression stocking merupakan sejenis kaus kaki khusus yang lebih ketat jika dibandingkan dengan kaus kaki pada umumnya. Compression stocking ini ditujukan untuk memperlancar aliran darah ke area kaki, serta mengurangi pembengkakan.

Penderita diabetes rentan mengalami gangguan aliran darah, terutama jika duduk dalam jangka waktu yang lama. Duduk dalam jangka waktu yang lama, seperti misalnya di pesawat, dapat memengaruhi sistem peredaran darah di dalam tubuh dan meningkatkan risiko timbulnya gumpalan darah di paha dan betis Anda. Hal ini disebut juga dengan deep vein thrombosis (DVT) dan dapat menimbulkan gejala seperti nyeri otot, pembengkakan, dan kemerahan pada area yang terdampak.

DVT dapat menyebabkan komplikasi yang serius bila gumpalan darah tersebut menyumbat pembuluh darah di jantung atau paru-paru, menimbulkan nyeri dada, bahkan dapat berujung pada kematian. Untuk itu, penggunaan kaus kaki khusus seperti compression stocking amat disarankan.

Nah, dari lima benda pelindung kesehatan yang disebutkan di atas, berapa banyak yang Anda miliki? Selain mengandalkan benda-benda pelindung, yang paling baik adalah tetap menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, olahraga secara rutin, serta menjauhkan diri dari stres.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar