HomeInfo SehatBerita KesehatanKondisi Kesehatan Ini Tidak Boleh Diabaikan Generasi Milenial
Berita Kesehatan

Kondisi Kesehatan Ini Tidak Boleh Diabaikan Generasi Milenial

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 02 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kemajuan teknologi informasi tidak membuat generasi milenial makin sehat. Ada beberapa kondisi kesehatan yang harus jadi perhatian mereka.

Kondisi Kesehatan Ini Tidak Boleh Diabaikan Generasi Milenial

Gangguan kesehatan dapat terjadi pada setiap kelompok usia, termasuk pada generasi milenial. Oleh sebab itu, kelompok yang termasuk dalam golongan usia dewasa muda ini juga harus memastikan dapat menjaga kesehatannya.

Beberapa kondisi kesehatan tertentu membutuhkan perhatian khusus dari generasi milenial, baik karena angka kejadiannya yang lebih tinggi pada generasi ini, maupun karena kondisi yang berkaitan dengan gaya hidup modern.

· Obesitas

Dewasa ini, terdapat peningkatan risiko terjadinya obesitas pada kelompok usia dewasa muda. Hal ini merupakan kondisi yang perlu diperhatikan oleh semua kelompok usia, terutama pada dewasa muda. Sering kali, obesitas yang dialami sejak usia remaja dapat menyebabkan terjadinya berbagai kondisi kesehatan di masa mendatang, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Obesitas yang tidak ditangani selama bertahun-tahun dapat menyebabkan perubahan jangka panjang. Hal ini terkait bagaimana tubuh memproses makanan, menjaga berat badan, dan juga dapat menyebabkan dampak bagi organ-organ pada tubuh.

· Stroke

Selain obesitas, risiko terjadinya stroke pada dewasa muda dan usia paruh baya juga semakin meningkat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa risiko terjadinya stroke pada pria dan wanita dewasa muda semakin meningkat selama 20 tahun terakhir, dengan angka kejadian hampir dua kali lipat pada pria yang berusia di antara 18 hingga 34 tahun.

Para peneliti mengungkapkan bahwa angka kejadian stroke yang meningkat juga sejalan dengan faktor risiko lainnya, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan sebagainya, yang tidak terkendali dengan baik.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi apakah kelompok usia muda yang juga termasuk golongan generasi milenial lebih rentan terhadap stroke, atau hanya dari hasil penelitian ini saja.

· Infeksi menular seksual

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), angka kejadian infeksi menular seksual (IMS) juga semakin meningkat, terutama pada klamidia, gonorea, dan sifilis. Penelitian yang berbeda dari organisasi yang sama juga melaporkan bahwa terdapat penurunan penggunaan kondom pada kelompok remaja dan dewasa muda saat berhubungan seksual. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan edukasi mengenai infeksi menular seksual dan jenis kontrasepsi pada generasi milenial.

· Stres dan psikologis

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, generasi milenial merupakan salah satu generasi dengan tingkat stres tertinggi. Generasi muda saat ini melaporkan bahwa mereka mengalami stres yang tinggi dan juga mendapatkan kesulitan untuk mengendalikannya.

Salah satu penyebab dari stres yang dilaporkan oleh responden penelitian tersebut adalah stres akibat pekerjaan.

Selain itu, angka kejadian depresi dan kecemasan juga semakin meningkat pada generasi muda, yang diduga berhubungan dengan peningkatan tekanan dari lingkungan untuk menjadi sempurna serta perbandingan terus-menerus melalui media sosial. Kesehatan jiwa merupakan salah satu bagian yang penting dari kesehatan. Sangat perlu menjaga kesehatan jiwa setiap individu agar dapat menjalani aktivitas sehari-harinya dengan produktif.

Melihat beberapa kondisi kesehatan tersebut, generasi milenial harus  menjaga kesehatan sejak usia muda. Bila Anda merasa mengalami keluhan tertentu, segera berkonsultasilah dengan dokter secara langsung.

Konsultasi tersebut sangat bermanfaat dalam tahap wawancara medis yang mendetail dan pemeriksaan fisik secara langsung, guna menentukan penyebab dan penanganan yang paling sesuai. Sebagai generasi milenial yang berisiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan di atas, mulai detik ini, Anda harus menjalankan pola hidup sehat!

[NP/ RVS]

infeksi menular seksualKecemasanMilenialgenerasi milenialStrokeObesitas

Konsultasi Dokter Terkait