Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ingin Tindik Lidah? Waspada, Ini Bahaya yang Mengintai Anda!

Ingin Tindik Lidah? Waspada, Ini Bahaya yang Mengintai Anda!

Tindik lidah merupakan tren yang umumnya dilakukan untuk menunjang penampilan. Sayangnya, tindakan ini juga bisa memberikan efek samping yang merugikan kesehatan.

Hampir setiap orang ingin memiliki penampilan lebih menarik dipandang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan tindik lidah. Tindakan ini bahkan masih tren hingga sekarang, lho!

Tidak dimungkiri, tindik lidah memang dapat membuat penampilan terlihat lebih keren, unik, dan menarik perhatian.Sayang, di balik itu semua, tindakan ini juga bisa mendatangkan efek jangka panjang yang merugikan kesehatan.

1 dari 2 halaman

Bahaya Tindik di Lidah

Berikut ini adalah beberapa efek jangka panjang yang mengancam kesehatan terkait tindakan tindik lidah: 

  1. Infeksi

Tindakan tindik lidah harus dilakukan dengan peralatan yang sangat steril. Jika hal ini diabaikan, risiko terjadinya infeksi akan melonjak sangat tinggi.

Jika pada akhirnya terjadi infeksi, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan atau bahkan kematian jaringan (nekrosis). Apalagi jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat.

Artikel Lainnya: Kenali Alergi Anestesi di Wajah Jessica Iskandar

  1. Kerusakan Pembuluh Darah Lidah

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi akibat tindakan tindik lidah adalah perdarahan hebat. Jika tidak segera diberikan tindakan penanganan yang tepat, kejadian tersebut dapat menyebabkan penurunan kesadaran, pingsan, hingga syok.

  1. Kerusakan Saraf Lidah dan Fungsi Pengecap

Lidah adalah salah satu indra tubuh, yang bertugas untuk mengecap makanan. Apabila Anda melakukan tindik lidah, fungsi tersebut bisa saja terganggu atau bahkan rusak sama sekali.

Pasalnya, tindakan tindik lidah berpotensi menyebabkan kerusakan pada saraf. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya mati rasa atau kebal (parestesi), serta hilangnya kemampuan lidah untuk mengecap.

  1. Risiko Penularan Berbagai Penyakit

Proses tindik lidah membuat bagian-bagian tertentu di organ yang terlibat menjadi terbuka dan terekspos dengan dunia luar.  Jika alat yang digunakan tidak steril, Anda pun akan lebih berisiko untuk mengalami penyakit-penyakit, seperti HIVhepatitis BC, dan D, serta infeksi Human Papillomavirus (HPV).

Artikel Lainnya: Tindik Saat Hamil, Bolehkah Dilakukan?

  1. Reaksi Alergi

Efek jangka panjang lain yang mungkin terjadi akibat tindik lidah adalah munculnya reaksi alergi. Hal ini terjadi karena benda asing berbahan logam yang menempel di lidah dalam waktu lama dapat melepaskan sejumlah ion dari dalam tubuh.

  1. Mengancam Kesehatan Gigi dan Gusi

Bagian gigi yang sering berkontak dengan logam yang dijadikan tindikan di lidah bisa saja rusak, membentuk celah, bahkan sampai bergeser. Kebiasaan menggigit dan melakukan gerakan seperti mengunyah pada tindikan juga dapat membuat gigi terkikis. Bahkan, posisi gusi yang menghadap lidah juga dapat mengalami penurunan. 

Selain hal-hal yang telah disebutkan, tindik lidah juga bisa menimbulkan efek samping lain berupa rasa nyeri hebat, pembengkakan, serta penurunan jumlah air liur. Kondisi ini biasanya terjadi di saat atau setelah prosedur dilakukan.

Mengingat tindakan tindik lidah dapat menyebabkan berbagai hal-hal yang merugikan, Anda sebaiknya berpikir dua kali sebelum benar-benar melakukannya. Jika pada akhirnya Anda sangat ingin melakukan tindik di lidah, sebaiknya pilih klinik yang benar-benar higienis dan terjamin mutunya.

Tak cukup dengan itu, Anda juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu pada dokter. Hal ini khususnya dilakukan jika Anda telah mengalami suatu penyakit yang berkaitan dengan pembekuan darah. 

Supaya benar-benar terhindar dari bahaya atau dampak negatif tindik lidah, tak ada salahnya untuk bertanya-tanya lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar