Sukses

Mengungkap Manfaat Detoks Digital bagi Kesehatan

Lakukan detoks digital dengan menjauhkan ponsel pintar dan gawai Anda untuk sesaat. Ingin tahu apa manfaat sehatnya? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Membalas pesan singkat, memeriksa lini masa jejaring sosial, dan mengambil foto diri sendiri alias selfie merupakan beberapa perilaku yang kerap dilakukan orang zaman sekarang. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, sebaiknya Anda segera lakukan detoks digital.

Detoks digital merupakan sebuah tindakan menjauhkan diri dari gawai, ponsel pintar, dan barang-barang berteknologi lainnya. Tindakan ini adalah salah satu upaya untuk kembali berhubungan dengan orang-orang sekitar, lingkungan, dan diri sendiri.

Banyak manfaat sehat yang bisa Anda rasakan dari detoks digital. Berikut beberapa di antaranya:

1. Performa kerja membaik

Cobalah untuk menjauhkan ponsel Anda saat makan malam bersama keluarga atau pindahkan menjadi mode diam selama akhir pekan. Faktanya, detoks digital yang dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu mampu membuat pikiran menjadi lebih kreatif dan terfokus, sehingga produktivitas dalam bekerja juga ikut meningkat.

2. Anda menjadi lebih bahagia

Menurut peneliti dari Rowan University School of Osteopathic Medicine di Stratford, New Jersey, Amerika Serikat, media sosial dan teknologi dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu, melakukan detoks digital dianggap mampu memperbaiki mood, mengurangi depresi, dan memperkecil risiko stres.

3. Mepererat hubungan sosial

Cobalah sesekali melakukan detoks digital dengan menjauhkan ponsel pintar, gawai, atau barang-barang berteknologi lainnya saat berkumpul dengan kerabat atau keluarga. Dengan begitu, Anda akan bersosialiasi dengan orang-orang sekitar, sehingga hubungan yang terjalin bisa semakin erat.

4. Anda akan bergerak lebih banyak

Kecanggihan teknologi membuat seseorang mampu mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat. Namun di sisi lain, hal tersebut juga menyebabkan ketergantungan dan memupuk keinginan untuk malas bergerak.

Seperti diketahui, malas bergerak merupakan salah satu cikal-bakal obesitas alias berat badan berlebih. Jika keadaan ini tidak segera diatasi, bukan tak mungkin penyakit diabetes, stroke, atau jantung akan terjadi di kemudian hari.

Anda tentu tak ingin mengalami kondisi tersebut, bukan? Jika ya, cobalah untuk melakukan detoks digital. Jauhkan segala gawai, komputer, laptop atau benda-benda canggih lainnya, dan mulailah melakukan aktivitas di luar rumah.

5. Tidur menjadi lebih nyenyak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, Amerika Serikat, menggunakan ponsel pintar atau gawai sejenis sebelum tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Di samping itu, aktivitas tersebut juga terbukti mampu menurunkan kualitas tidur yang dimiliki seseorang.

Sebaliknya, dengan melakukan detoks digital, Anda tidak akan mengalami ganguan tidur apa pun jenisnya. Dengan demikian, tidur malam Anda akan lebih nyenyak dan berkualitas, sehingga esok hari dapat bangun dengan kondisi segar, bugar, dan siap beraktivitas.

Itulah beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan detoks digital. Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar