Sukses

Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Kaki, Bikin Langsing?

Sebuah studi menyebutkan, mengunyah permen karet sambil berjalan kaki bisa menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Hal itu bisa dilakukan mulai dari mengurangi makanan berlemak, olahraga, hingga mengunyah permen karet sambil jalan kaki. Membaca cara yang disebut terakhir, benarkah hal itu bisa terjadi?

Permen karet bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika berpikir tentang diet. Apalagi, olahraga dan diet seimbang telah terbukti menjadi cara paling efektif untuk mencapai berat badan yang sehat. Namun, penelitian terbaru malah menunjukkan bahwa permen karet mungkin bisa membantu. Dilansir ABCNews.com, simak penjelasannya sebagai berikut.

Permen karet untuk turunkan berat badan

Sebuah penelitian kecil dari Jepang yang dipresentasikan pada konferensi medis di Eropa menunjukkan bahwa mengunyah permen karet saat berjalan kaki dapat membantu Anda membakar lebih banyak energi dan berpotensi membantu menurunkan berat badan.

Studi tersebut melibatkan 46 pria dan wanita usia 21-69 dengan indeks massa tubuh (IMT) antara 22 dan 30. Semua adalah pengunyah permen karet yang bisa mengonsumsi lebih dari satu kali per minggu.

Hasilnya, berjalan kaki tentu saja dapat membakar kalori. Namun efeknya terlihat lebih jelas pada pria berusia di atas 40 tahun. Mereka ditemukan membakar hampir dua kalori tambahan per menit ketika berjalan sambil mengunyah permen karet. Sementara perempuan, baik usia muda maupun tua, tidak memiliki perubahan signifikan dalam pengeluaran energi mereka.

Kendati demikian, hasil penelitian tersebut tidak dapat disimpulkan begitu saja. Sejumlah penelitian perlu dilakukan dengan kelompok yang lebih besar untuk mengevaluasi apakah mengunyah permen karet benar-benar membuat perubahan signifikan untuk hal ini.

Manfaat dan kiat makan permen karet

Mengunyah permen karet bukan sekadar aktivitas untuk mengisi waktu luang saja. Menurut dr. Callista Argentina dari KlikDokter, telah banyak bukti yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet juga mendatangkan hal positif bagi kesehatan tubuh.

“Mengunyah permen karet dapat mencegah karies gigi. Gerakan mengunyah permen karet bebas gula menyebabkan produksi air liur mengalir deras, sehingga sangat menguntungkan bagi kesehatan gigi Anda,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Callista menjelaskan bahwa manfaat lain dari mengunyah permen karet bebas gula yaitu dapat mengurangi noda atau perubahan warna pada gigi. Noda atau perubahan warna pada gigi ini biasanya terjadi akibat tembakau, kopi, pewarna makanan atau minuman, dan lainnya.

Meski tidak masalah jika tertelan, Anda mesti berhati-hati saat mengonsumsi permen karet. Berbeda dengan makanan lain, permen karet tidak bisa larut secara sempurna dan sukar dihancurkan oleh sistem pencernaan tubuh.

Permen karet tidak dapat larut secara sempurna karena memiliki beberapa zat kimia seperti elastomer, resin, lemak, pengemulsi, dan lilin. Kemudian, permen karet juga tidak bisa diserap usus layaknya beberapa makanan yang lain.

Jadi, meskipun pada penelitian skala kecil permen karet dinilai dapat membakar kalori, Anda tetap tidak boleh gegabah. Masih dibutuhkan studi lainnya untuk menentukan apakah makan permen sambil berjalan kaki benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan. Pada dasarnya, upaya terbaik untuk memiliki berat badan ideal adalah dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, serta menerapkan pola hidup sehat lainnya.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar