Sukses

Tips agar Rumah Bebas dari Penyakit Asma

Risiko asma kambuh dapat terjadi di rumah. Bagaimana menjaga rumah agar terbebas dari asma? Ini tips rumah sehat untuk mencegah penyakit asma.

Asma adalah sebuah kondisi kesehatan yang terjadi ketika saluran udara di tubuh menyempit dan membengkak, serta menghasilkan lendir berlebih. Kondisi ini menyebabkan batuk, bunyi suara mengi saat bernapas, dan sesak napas.

Bagi sebagian orang, asma adalah gangguan ringan. Tapi, bagi orang-orang tertentu, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas dan menyebabkan serangan asma yang lebih parah.

Meski tidak dapat disembuhkan, asma tetap bisa dikontrol gejalanya. Anda harus mengetahui dan menghindari faktor pemicu yang dapat menyebabkan serangan asma.

Pencetus asma pada setiap orang bisa berbeda-beda. Beberapa contohnya yaitu polusi udara, debu, tungau, udara dingin, virus flu, asap, atau aroma tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri dari pemicu serangan asma. Lokasi pertama yang harus terbebas dari hal tersebut ialah rumah.

Artikel Lainnya: Pertolongan Tanpa Obat Saat Asma Kambuh Mendadak

Berikut ini beberapa cara mencegah asma yang bisa diterapkan di rumah Anda!

1 dari 4 halaman

1. Bersihkan Rumah dari Debu atau Tungau

Bila pencetus asma adalah debu atau tungau, segera bersihkan ruangan-ruangan di rumah khususnya tempat tidur.

Tempat tidur atau kasur yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat tungau bersarang dan debu menumpuk.

2. Hindari Penggunaan AC atau Kipas Angin

Jika pemicu asma adalah udara dingin, hindari penggunaan pendingin udara atau kipas angin di dalam rumah.

Namun, bila masih ingin menggunakan AC atau kipas angin, jangan terpapar langsung dan gunakan pakaian atau selimut untuk melindungi tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Alergi dan Asma, Apakah Selalu Berhubungan?

2 dari 4 halaman

3. Hindari Asap atau Aroma Tertentu

Tidak boleh ada asap rokok atau aroma-aroma tertentu (misalnya dari makanan atau pengharum ruangan) di dalam rumah bila faktor-faktor pemicu tersebut menimbulkan kekambuhan asma.

Asap rokok dapat meninggalkan bekas pada pakaian atau ruangan, jadi Anda perlu waspada.

4. Hindari Stres Berlebih

Salah satu pencetus asma adalah stres. Untuk menghindari asma, Anda perlu menjauhi pemicu stres.

Apabila ada hal-hal di rumah yang dapat membuat stres, segera atasi atau jauhi. Cobalah untuk mengatur emosi Anda agar tidak mudah stres, sehingga asma tidak kambuh.

Artikel Lainnya: Benarkah Asma Bisa Picu Serangan Jantung?

3 dari 4 halaman

5. Hindari Bahan Pengawet

Beberapa bahan pengawet yang ditambahkan pada makanan dan minuman (misalnya, makanan beku, makanan yang diproses, atau makanan kemasan) dapat menyebabkan asma kambuh.

Hindari konsumsi makanan tersebut di rumah. Lalu, sebelum membeli makanan atau minuman, jangan lupa baca keterangan komposisi di label.

6. Hentikan Aktivitas Fisik Tertentu

Beberapa aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan di rumah dapat membuat asma kambuh.

Bila perlu, mintalah bantuan orang lain bila Anda tidak mampu melakukan suatu aktivitas fisik yang dapat memicu asma.

Itulah beberapa cara mencegah asma agar Anda dapat terbebas dari serangan asma di rumah. Ketahui dan hindarilah penyebab asma yang Anda alami.

Jangan lupa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi asma Anda. Pakai LiveChat dari Klikdokter untuk konsultasi ke dokter lebih praktis dan cepat!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar