Sukses

5 Tips agar Rumah Bebas Asma

Lakukan 5 tips di bawah ini agar rumah bebas asma. Caranya mudah dan sederhana.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit asma dapat dipicu oleh berbagai macam hal, salah satunya dari kondisi rumah. Ya, gangguan kesehatan yang satu ini memang bisa membuat pengidapnya kambuh tak kenal tempat serta waktu.

Asma merupakan penyakit inflamasi alias peradangan saluran pernapasan bawah yang berkaitan dengan alergi. Asma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. Berdasarkan penjelasan dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, asma dapat dipicu oleh hal-hal seperti udara dingin, asap rokok, asap sisa pembakaran bahan kimia, hingga serbuk sari bunga, hewan berbulu, dan tungau debu rumah.

Bisa dikatakan, rumah tak luput dari tempat yang dapat memicu asma kambuh. Padahal, hunian milik sendiri seharusnya menyediakan nuansa yang sehat dan jauh dari paparan penyakit.

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar rumah bebas asma? Dilansir CNN, inilah 5 tips mudah menjaga rumah tetap aman untuk penderita asma:

1. Jauhkan sudut rumah dari debu

Pemicu asma di rumah yang satu ini amatlah licik. Mereka dapat bersembunyi di beberapa tempat yang sulit dijangkau dan tidak terduga, sehingga dapat membuatnya susah ditemukan dan dihilangkan. Bersihkan menggunakan peralatan seperti sapu, lap dan sejenisnya.

2. Rajin mengurus tempat tidur

Tungau debu, serbuk sari dari luar dan bulu hewan peliharaan adalah pemicu asma yang bersembunyi di karpet, furnitur, tirai kain, hingga tempat tidur. Jadi ada baiknya untuk mengganti barang-barang ini dengan permukaan yang keras dan halus jika memungkinkan agar tak mudah menempel.

Jika Anda tidak dapat mengganti barang-barang ini, setidaknya, cucilah seminggu sekali dengan air hangat untuk membantu membunuh tungau dan telurnya. Selain itu, jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur demi mencegah timbulnya asma.

3. Waspada keberadaan jamur

Jamur adalah pemicu lain yang bisa tumbuh hampir di sejumlah tempat. Tempat-tempat yang biasa menjadi persembunyian adalah dapur, ruang cuci, gudang, dan kamar mandi karena rentan lembap.

Pastikan untuk membersihkan semua permukaan di kamar mandi termasuk bak mandi untuk membersihkan dari lumut dan jamur di dinding, serta membantu menghilangkan kelembapan berlebih. Ganti karpet di kamar dengan lantai ubin atau keramik, jika memungkinkan.

4. Jauhkan segala jenis asap dari rumah

Asap rokok di rumah dapat menjadi pemicu yang sangat mengganggu sehingga menyebabkan asma. Pastikan agar siapa pun yang merokok untuk melakukannya di luar rumah. Setelah merokok pun, sebaiknya langsung membersihkan diri atau mandi agar asap rokok tidak tertinggal di baju, furnitur, atau barang-barang lain. 

5. Bersihkan sisa makanan

Bersihkan remah-remah atau sisa makanan segera setelah makan. Rajinlah membuang sampah setiap hari, bersihkan bak cuci piring dan simpan semua makanan dalam wadah tertutup. Bahkan makanan hewan peliharaan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Sebagai upaya mencegah hingga meminimalkan efek buruk asma, dr. Resthie menyarankan Anda untuk memperbaiki gaya hidup sebagai berikut:

  • Berhenti merokok (merokok dapat membuat beberapa jenis obat pencegah tidak bisa bekerja dengan baik).
  • Mengetahui pemicu asma dan menghindarinya.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menggunakan obat dari dokter sesuai petunjuk.

Jika Anda atau ada anggota keluarga Anda yang menderita asma, terapkan tips yang telah dijelaskan di atas, agar rumah tetap aman untuk penderita asma. Jangan lupa, lakukan juga sejumlah pencegahan demi mencegah efek asma yang lebih parah. Jika gejala terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar