Sukses

Tips Tetap Semangat Olahraga saat Puasa

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi saat sedang puasa, bagaimana agar tetap semangat berolahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Sebagian lain, melakukannya untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Bahkan tak sedikit orang yang tetap berolahraga saat puasa. Pertanyaannya: Amankah berolahraga saat puasa? Lalu bagaimana agar tetap semangat berolahraga saat puasa?

Jawabannya tergantung dari berapa lama Anda melakukan puasa, serta olahraga macam apa yang Anda lakukan. Pada dasarnya cukup aman untuk tetap beraktivitas seperti biasa, termasuk olahraga, jika puasa dilakukan tidak lebih dari 72 jam.

Puasa dan olahraga

Olahraga ringan atau sedang (selama 30–45 menit) atau olahraga berat dengan waktu yang lebih singkat (selama 30 menit) cukup aman dilakukan saat puasa. Namun jika Anda merasa letih yang mungkin disebabkan oleh kekurangan cairan, sebaiknya jangan dipaksakan berpuasa. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan kejadian yang fatal, bahkan kematian.

Jika puasa dilakukan lebih dari 72 jam, pada umumnya sistem metabolisme tubuh tidak memungkinkan untuk kembali melakukan kegiatan yang cukup banyak menggunakan tenaga ekstra. Karena tubuh tidak memiliki cadangan makanan yang cukup dibakar untuk diubah menjadi energi dan bahan untuk kekuatan otot.

Namun, berolahraga di saat puasa juga memiliki manfaat khusus yang bisa Anda Ambil. Metabolisme tubuh dan kekuatan otot yang menurun dapat menjadi normal kembali dengan berolahraga. Badan yang letih dan lesu dapat kembali menjadi lebih bersemangat setelah berolahraga.

Hal yang perlu diperhatikan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, cukup protein, sayur dan buah serta minum air yang cukup

Selain itu, juga ada studi yang cukup membahagiakan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dijelaskan bahwa puasa sebelum latihan aerobik dapat membantu pengurangan berat badan dan lemak tubuh. Sementara makan sebelum berolahraga hanya menurunkan berat badan. Oleh karena itu, berolahraga setelah berpuasa akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Tips berolahraga saat puasa

Pada saat berpuasa, metabolisme tubuh akan berubah. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tips khusus agar tetap dapat rutin berolahraga selama bulan puasa. Ada beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa dilakukan, seperti:

1. Jangan lakukan olahraga di siang hari, terlebih lagi pada pagi hari. Simpan energi Anda untuk melalui hari yang masih panjang. Jangan habiskan energi di awal waktu puasa karena akan membuat Anda mengalami badan lemas seharian penuh. Lakukan olahraga mendekati waktu berbuka puasa. 

2. Atur komposisi makanan anda saat sahur. Karbohidrat, protein dan lemak harus sesuai. Sekitar 60 persen karbohidrat, 30 persen protein serta 10 persen lemak adalah komposisi tepat untuk memenuhi kebutuhan energi Anda dalam sehari. Jangan mengurangi komposisi khususnya karbohidrat agar aktivitas fisik Anda tidak terganggu. 

3. Jangan konsumsi teh atau kopi saat sahur. Teh dan kopi mempunyai sifat diuretik atau menarik cairan. Artinya, saat Anda mengonsumsi teh atau kopi maka Anda akan mengeluarkan cairan tubuh dengan cepat.  

Saat tubuh kekurangan cairan, Anda akan merasakan lemas dan tidak dapat melakukan olahraga di sore harinya. Sehingga, mempebanyak minum air putih menjadi pilihan yang terbaik untuk memulai puasa Anda.

4. Minum cairan yang cukup saat sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi karena kekurangan cairan. Kekurangan cairan dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi. 

Puasa menahan lapar dan dahaga memang biasanya akan membuat badan lemas, sehingga pada umumnya membuat Anda malas untuk melakukan olahraga. Namun, selama tips di atas Anda lakukan dengan baik dan benar, Anda akan terhindar dari risiko lemas dan dehidrasi saat puasa karena olahraga. Yuk, tetap berolahraga selama bulan puasa!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar