Sukses

George H. W. Bush Dirawat Akibat Tekanan Darah Rendah

Setelah beberapa waktu lalu dibawa ke rumah sakit, kini George H. W. Bush harus kembali dirawat karena tekanan darah rendah dan kelelahan.

Klikdokter.com, Jakarta Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-41, George H. W. Bush (93) atau yang sering disapa sebagai Bush Senior, kembali dirawat di rumah sakit Southern Maine Health Care, AS, pada hari Minggu (27/05) waktu setempat. Setelah bulan April lalu ia harus dilarikan dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena infeksi darah, kini Bush Senior harus dirawat karena tekanan darah rendah dan kelelahan.

Juru bicaranya, Jim McGrath, mengatakan bahwa Bush Senior akan menjalani perawatan selama beberapa hari untuk sekaligus diobservasi. Jim juga menyampaikan bahwa beliau dalam kondisi yang baik-baik saja.

Yang harus Anda ketahui tentang darah rendah

Tak sedikit orang yang memiliki pengertian keliru tentang darah rendah, salah satunya adalah masih banyak yang mengira tekanan darah rendah sama dengan anemia (kurang darah). Padahal, keduanya berbeda. Kalau darah rendah itu tekanan darahnya yang rendah atau lemah, yang diukur menggunakan tensi meter. Sedangkan anemia adalah butir darah merah yang berkurang, yang diukur dengan Hb meter.

Darah rendah atau hipotensi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah lebih rendah dari normal. Tekanan darah normal orang dewasa adalah 100-120 mmHg untuk sistolik dan 70-90 mmHg untuk diastolik. Sedangkan tekanan darah yang rendah adalah saat tekanan darah seseorang dibawah 100/60 mmHg.

Hipotensi dapat dialami siapa saja. Namun, beberapa golongan orang tertentu lebih berisiko untuk mengalami hipotensi. Siapa saja?

  • Lansia
  • Anak-anak
  • Orang yang mengonsumsi obat darah tinggi seperti diuretic
  • Orang dengan penyakit jantung
  • Orang yang tirah baring lama (bed rest)
  • Wanita hamil
1 dari 2 halaman

Penyebab terjadinya tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah dapat diakibatkan berbagai faktor, dari yang menurut Anda sepele hingga merupakan suatu tanda penyakit serius. Berikut ini adalah penyebab yang sering mengakibatkan rendahnya tekanan darah:

  • Kelainan jantung
  • Dehidrasi
  • Kehamilan
  • Gangguan hormonal
  • Perdarahan
  • Stres dan kelelahan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Reaksi alergi
  • Infeksi berat yang menyebar ke darah (shock sepsis)

Gejala tekanan darah rendah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, bisa saja Anda tidak merasakan keluhan apa pun saat hal ini terjadi. Namun, pada beberapa orang, akan bisa muncul gejala seperti berikut:

  1. Sering merasa kelelahan walaupun hanya beraktivitas yang ringan
  2. Nyeri kepala ringan hingga berat
  3. Mual
  4. Pandangan kabur
  5. Bisa menyebabkan hilangnya kesaradan
  6. Rasa haus terus-menerus
  7. Kulit pucat, keringat dingin
  8. Kurang konsentrasi

Gejala yang timbul bisa beragam pada setiap orang. Beberapa orang mungkin merasa sedikit tidak nyaman, sementara yang lain mungkin merasa agak sakit.

Penanganan yang bisa dilakukan saat terjadi tekanan darah rendah

Penanganan yang dilakukan pada penderita tekanan darah rendah bergantung pada penyebabnya. Misalnya perawatan yang meliputi obat untuk penyakit jantung, diabetes, atau infeksi jika penyebabnya adalah ketiga hal tersebut. Sedangkan hipotensi yang disebabkan oleh kondisi kehamilan biasanya tidak memerlukan terapi khusus. Biasanya kondisi ini akan hilang setelah melahirkan. Umumnya, hipotensi tidak memerlukan obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah. Dengan pemberian terapi berdasarkan penyebabnya, biasanya hipotensi akan membaik dengan sendirinya.

Konsumsi banyak air jika penyebab hipotensi yang Anda alami adalah karena dehidrasi, terutama jika diare dan muntah terus dialami penderitanya. Segera berikan air untuk menggantikan cairan yang banyak hilang karena muntah dan diare tersebut.

Jika Anda menderita tekanan darah rendah karena berdiri dalam waktu lama atau karena terlalu banyak aktivitas, pastikan untuk beristirahat sejenak dengan duduk atau rebahan. Selain itu, cobalah untuk mengurangi tingkat stres dan kelelahan Anda untuk menghindari hipotensi jika itu adalah penyebabnya.

Obati hipotensi ortostatik (yaitu penurunan tekanan darah yang terjadi tiba-tiba saat berubah posisi dari terlentang ke posisi duduk atau tegak) dengan gerakan lambat dan bertahap. Jangan berdiri dengan cepat dari duduk atau tidur lama. Coba gerakan yang lebih pelan untuk mengatasinya.

Baik tekanan darah rendah ataupun tekanan darah yang tinggi, kedua keadaan tersebut sama-sama memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu, yang paling baik adalah mempertahankan tekanan darah tetap normal. Semoga George H. W. Bush segera sembuh dari kondisi kelelahan dan tekanan darah rendah yang dialaminya.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar