Sukses

Ini Dia Makanan untuk Meredakan Sakit Perut

Sakit perut sering kali terjadi akibat kondisi penyakit tertentu atau konsumsi makanan yang kurang tepat. Berikut ini menu makanan untuk meredakan sakit perut Anda.

Sakit perut dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari maag, gangguan pencernaan, infeksi virus dan bakteri pada saluran cerna, dan lainnya. 

Maag dapat timbul karena stres, terlambat makan, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi makanan pedas serta asam. Selain itu, konsumsi asupan yang dapat menimbulkan gas pada lambung (brokoli, kol, dan sawi), soda, dan alkohol juga bisa memicu mag.

Sementara itu, sakit perut yang diakibatkan gangguan pencernaan dapat terjadi apabila enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan tertentu mengalami gangguan atau sedikit jumlahnya. Alhasil timbullah nyeri perut, kembung, mual, dan diare.

Walaupun biasanya sakit perut disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak tepat, ada beberapa makanan yang bisa menjadi obat sakit perut alami. Yuk, simak beberapa makanan untuk sakit perut berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Jahe

Penggunaan jahe sebagai pereda nyeri perut bukanlah sekadar mitos turun-temurun dari nenek moyang. Penelitian kedokteran modern telah membuktikan bahwa memang jahe dapat bermanfaat untuk meredakan mual, muntah, dan nyeri perut.

Bahkan, jahe juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah saat kehamilan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, makanan, maupun suplemen yang sudah terstandar dosisnya.

2. Teh Kamomil

Teh kamomil memiliki khasiat antiradang yang dapat meredakan nyeri perut. Teh ini dapat pula meredakan berbagai gejala gangguan pencernaan lainnya, seperti kembung, kram perut, dan diare.

Selain itu, teh kamomil terbukti dapat mengatasi stres dan ketegangan, di mana keduanya bisa memicu mag. 

Artikel Lainnya: Tips Mudah Mengatasi Sakit Perut di Rumah

2 dari 6 halaman

3. Pisang

Pisang termasuk salah satu buah untuk mengobati sakit perut. Pisang mengandung rendah serat namun tinggi kalori, sehingga tidak membebani pencernaan Anda ketika sedang dilanda sakit perut.

Kalori yang tinggi dapat membantu menyuplai energi bagi tubuh ketika Anda sedang tidak nafsu makan. Selain itu, kalium yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengganti kehilangan kalium saat Anda diare.

4. Teh Peppermint

Peppermint sudah lama diketahui dapat menjadi antinyeri alami, sehingga bisa meredakan sakit perut.

Anda tidak perlu repot-repot memetik daun peppermint. Pasalnya, kini teh peppermint sudah banyak tersedia di supermarket.

Artikel Lainnya: Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Mungkin Ini Sebabnya

3 dari 6 halaman

5. Greek Yoghurt

Greek yoghurt termasuk makanan untuk mengobati sakit perut melilit. Sebab, yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus. 

Saat perut bermasalah, konsumsilah yoghurt tanpa tambahan apa pun, terutama gula atau buah-buahan. Jika sudah sembuh, baru Anda boleh mencampurkannya dengan bahan lain.

6. Air Kelapa

Air kelapa dapat dikonsumsi untuk meredakan gangguan pencernaan yang muncul, seperti mual dan kembung. Air kelapa mengandung kadar gula yang rendah jika dibandingkan dengan minuman lainnya.

Jika ingin mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilihlah yang tidak memiliki perasa, tanpa tambahan gula, atau jus. Dengan demikian, air kelapa akan memiliki efek yang maksimal dan tanpa menambah kalori yang signifikan.

4 dari 6 halaman

7. Ubi

Salah satu makanan untuk meredakan perut yang perih atau sakit adalah ubi. Sebab, ubi sangat kaya akan kalium, zat penting untuk memulihkan elektrolit yang hilang akibat diare atau muntah.

Jika Anda malas menggigit, hancurkan ubi seperti mashed potato. Namun, kulit ubi mengandung banyak serat, jadi sebaiknya Anda kupas terlebih dahulu.

8. Cuka Apel

Cuka apel atau sarinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit perut. Selain itu, cairan asam ini bisa mengurangi gangguan pencernaan dan menjaga jumlah bakteri baik di dalam usus tetap banyak.

Artikel Lainnya: Bedanya Sakit Perut karena Radang Pencernaan dengan Keracunan

Kendati demikian, konsumsi cuka apel harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kondisi lambung yang cocok untuk mengonsumsinya.

5 dari 6 halaman

9. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya akan serat dan air. Karena itu, buah ini bisa menjadi makanan untuk menghilangkan sakit perut.

Tak hanya membantu redakan perut yang nyeri, kandungan serat dan air dalam pepaya juga bisa melancarkan buang air besar.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu proses pencernaan protein dalam saluran cerna, sehingga lebih mudah dan optimal penyerapannya.

10. Makanan Terfermentasi

Selain yoghurt, makanan atau minuman terfermentasi yang baik untuk mengatasi sakit perut adalah tempe, kefir, dan kimchi ala korea.

Makanan-makanan tersebut mengandung bakteri probiotik yang baik untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan sakit perut secara alami. Bagaimana, tertarik mencoba?

Apabila sakit perut tak kunjung reda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Konsultasikan masalah sakit perut Anda kepada dokter lewat layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar