Sukses

Ini Dia 4 Menu untuk Meredakan Sakit Perut

Anda kerap dilanda sakit perut? Atasi dengan makanan dan minuman berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit perut dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari sakit mag, malabsorpsi (gangguan pencernaan), infeksi virus dan bakteri pada saluran cerna, dan kondisi lainnya.

Sakit mag sendiri dapat terjadi karena stres, terlambat makan, mengonsumsi makanan pedas, asam, atau makanan lain. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh minuman yang menimbulkan banyak gas seperti brokoli, kol, dan sawi, minuman dingin, soda, dan alkohol. Kebiasaan merokok dan infeksi bakteri di lambung juga dapat memicu mag.

Sementara itu, gangguan pencernaan dapat terjadi apabila enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan tertentu mengalami gangguan atau sedikit jumlahnya, sehingga dapat menimbulkan nyeri perut, kembung, mual, dan diare.

Infeksi virus dan bakteri pada saluran cerna juga dapat menyebabkan sakit atau kram perut, mual, muntah, dan diare.

Makanan juga berperan penting dalam meredakan sakit perut, karena bagaimanapun juga, saluran pencernaan – terutama perut – tentunya sangat berhubungan dengan makanan.

Apabila mengonsumsi makanan yang salah, maka sakit perut bisa bertambah parah. Namun sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat, sakit perut yang Anda rasakan bisa berkurang. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan serta minuman yang dapat meredakan sakit perut Anda.

· Jahe

Penggunaan jahe untuk mengatasi nyeri perut bukanlah sekadar mitos turun-temurun dari nenek moyang. Penelitian kedokteran modern telah membuktikan bahwa memang jahe dapat bermanfaat untuk meredakan mual, muntah, dan nyeri perut.

Bahkan jahe juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah saat kehamilan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, makanan, maupun suplemen yang sudah terstandar dosisnya.

· Teh kamomil

Teh kamomil hangat sangat nikmat diseruput saat sakit perut. Bunga kamomil memiliki khasiat antiradang yang dapat meredakan nyeri perut.

Bunga yang masih “sekeluarga” dengan daisy dan bunga matahari ini dapat pula meredakan berbagai gejala gangguan pencernaan lainnya, seperti kembung, kram perut, dan diare. Selain itu, bunga kamomil juga terbukti dapat memberikan ketenangan serta mengatasi stres dan ketegangan yang dapat memicu sakit perut akibat mag.

· Pisang

Pisang termasuk makanan yang aman untuk dikonsumsi ketika Anda sedang sakit perut, baik itu ketika mengalami mag maupun diare. Pisang mengandung rendah serat namun tinggi kalori, sehingga tidak membebani pencernaan Anda ketika sedang dilanda  sakit perut.

Kalori yang tinggi dapat membantu mensuplai energi bagi tubuh ketika Anda sedang tidak nafsu makan. Selain itu, kalium yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu mengganti kehilangan kalium saat Anda diare. Serba guna, bukan?

· Teh peppermint

Selain kamomil, peppermint adalah herbal yang dapat diseduh menjadi teh dan dikonsumsi untuk mengatasi sakit perut yang Anda alami. Peppermint memang diketahui sebagai antinyeri alami, yang dapat meredakan mual dan nyeri perut.

Anda tidak perlu repot-repot memetik daun peppermint. Karena kini teh peppermint sudah banyak tersedia di supermarket.

Demikianlah beberapa makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan sakit perut secara alami. Apabila sakit perut tak kunjung reda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Bagaimana, tertarik mencoba?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar