Sukses

Manfaat Berdoa untuk Kesehatan

Tak hanya secara spiritual, ternyata berdoa memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Yuk, simak manfaat berdoa bagi kesehatan di sini.

Berdoa memang menjadi momen pribadi yang sangat bermakna bagi setiap orang. Tak hanya untuk meningkatkan keimanan, memanjatkan doa juga bermanfaat untuk ketenangan jiwa.

Anda tentu pernah merasakannya. Sesaat setelah berdoa, akan terasa jauh lebih tenang dan mampu menghadapi semua masalah.

Ternyata, tidak hanya baik secara spiritual, berdoa pun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat luar biasa dari berdoa untuk kesehatan:

1 dari 5 halaman

1. Hidup Lebih Lama

Laporan yang dimuat dalam Health Psychology pada September 2015 menyatakan, pada 191 orang yang menderita gagal jantung, mereka yang spiritual dan menerapkan gaya hidup sehat bisa hidup lebih lama dibanding yang lain.

Dengan berdoa, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menenangkan seseorang. Hal ini bisa menurunkan denyut nadi hingga dapat membantu sinkronisasi sistem jantung.

2. Lebih Optimis

Penderita depresi atau penyakit kronis yang melakukan aktivitas religius setiap harinya dilaporkan menjadi lebih optimis dibanding yang lain. Studi terkait hal ini dipublikasikan dalam Depression and Anxiety (Juli 2015).

Beberapa penelitian juga memaparkan, orang yang rutin berdoa atau melakukan meditasi dapat cenderung mengalami penurunan stres dan peningkatan suasana positif (mood) di dalam dirinya.

2 dari 5 halaman

3. Melawan Candu

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reward Deficiency Syndrome pada Juni 2015, berdoa setiap hari tampaknya dapat mencegah pecandu narkoba maupun alkohol untuk kembali mengonsumsi bahan-bahan tersebut.

Selain itu, berdoa juga dapat menurunkan rasa cemas dan nyeri yang mungkin dirasakan ketika seseorang sedang berusaha berhenti mengonsumsi obat terlarang tertentu.

4. Tekanan Darah Stabil

Studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health, Amerika Serikat, menemukan, orang yang berdoa setiap hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena hipertensi dibanding mereka yang tidak rutin berdoa.

Hal ini didukung dengan dampak berdoa dalam menurunkan denyut nadi dan menjaga irama jantung.

Artikel lainnya: Inilah Manfaat Menikmati Alam untuk Kesehatan Anda

3 dari 5 halaman

5. Lebih Bahagia

Sebuah studi mengungkapkan, saat berdoa, otak akan melepaskan hormon oksitosin yang membuat seseorang merasa lebih bahagia. Perasaan “Aku bisa bergantung kepada sesuatu untuk melindungiku” saat berdoa juga membuat merasa nyaman.

Dengan berdoa, keseimbangan hormon lain dapat diatur, termasuk melatonin dan serotonin di dalam tubuh. Seseorang akan merasa lebih bahagia ketika rutin berdoa.

6. Berpikir Jernih

Berdoa dan meditasi efektif untuk menurunkan reaktivitas terhadap kejadian-kejadian traumatis dan negatif. Karena, saat berdoa, seseorang akan fokus pada pikiran-pikiran yang bersifat positif di luar dirinya.

Selain itu, berdoa melibatkan korteks prefrontal, yaitu bagian dari otak yang mengatur fungsi eksekutif. Misalnya, pengendalian diri dan membuat seseorang lebih bisa mengambil keputusan yang baik.

4 dari 5 halaman

7. Mencegah Demensia

Menurut Andrew Newberg, ketua penelitian di Marcus Institute of Integrative Health, Amerika Serikat, manfaat berdoa sangat berkaitan dengan otak.

Ia mengatakan, berdoa memanfaatkan area otak yang digunakan untuk membaca, berbicara, dan berpikir. Tetapi, dengan cara yang lebih kompleks.

“Konsepnya, makin sering Anda gunakan otak, akan makin baik pula fungsinya. Anda pun dapat mencegah penuaan dan demensia. Otak dan tubuh kita diciptakan untuk digunakan. Makin sering kita menggunakannya, kita akan menjadi lebih baik,” jelasnya.

8. Meredakan Stres

Sering menggunakan otak juga dapat mengurangi stres. “Stres, seperti yang kita tahu, berdampak negatif untuk tubuh,” kata Newberg.

Penurunan tingkat stres akan membuat peradangan dalam tubuh ikut berkurang. Jadi, tubuh pun lebih sehat.

Menariknya, manfaat praktik spiritualitas tak hanya bisa dicapai oleh mereka yang religius. Newberg mengatakan, jika Anda seorang ateis dan melakukan meditasi, maka mungkin akan merasakan manfaat yang sama dengan orang religius yang rutin melakukan aktivitas keagamaan.

Selain berdoa, Anda juga tak boleh melupakan hal-hal lainnya agar tubuh selalu sehat. Konsumsi makanan bergizi seimbang sangatlah penting untuk membuat pikiran lebih jernih dan tubuh lebih bugar.

Lalu, tidur yang cukup pun harus menjadi prioritas, karena membantu menajamkan otak. Begitu juga dengan olahraga, lakukanlah minimal tiga kali seminggu.

Dengan demikian, manfaat berdoa yang Anda dapat jadi lebih maksimal dan tak sia-sia! Cari tahu tips hidup sehat menarik lainnya dari dokter di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi langsung lewat Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar