Sukses

9 Alasan Pria Perlu Mencoba Yoga

Yoga selalu diidentikan dengan olahraga wanita. Padahal, pria juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari yoga. Apa saja manfaat yoga untuk pria?

Yoga identik sebagai olahraga kaum hawa karena lembut dan ringan. Miskonsepsi ini terjadi salah satunya karena gerakan-gerakan yoga yang identik dengan peregangan. Padahal, manfaat olahraga ini  untuk pria tak bisa dipandang sebelah mata.

Ada berbagai gaya yoga yang dapat Anda pilih, dari gentle yoga yang sederhana hingga Ashtanga yoga yang memompa keringat sekaligus jantung.

Bukti-bukti juga menunjukkan bahwa yoga efektif dalam meningkatkan kekuatan dan membangun otot.

1 dari 3 halaman

Manfaat Yoga untuk Pria

Jika Anda seorang pria dan selama ini masih ragu menekuni yoga, mungkin alasan-alasan ini dapat membuat Anda lebih yakin.

1. Menurunkan Berat Badan dan Mengencangkan Otot

Dalam sebuah studi yang dimuat di Journal of Alternative Medicine, pria overweight yang melakukan yoga, berat badannya dapat turun hingga 2 kilogram dalam 10 hari.

Tak hanya itu, pose-pose yoga yang bertumpu pada berat badan sendiri membuatnya bagus untuk mengencangkan otot.

2. Membenahi Stamina

Salah satu manfaat yoga untuk pria adalah meningkatkan stamina, baik dalam hal fisik, fisiologis, maupun mental. Pria yang rutin yoga pun tidak akan gampang lemas dan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Menenangkan pikiran

Latihan pernapasan dalam yoga—atau disebut pranayama—telah dipraktikkan selama ribuan tahun untuk menenangkan pikiran. Saat melakukan pranayama, tekanan darah serta denyut jantung akan menurun.

Hal ini dapat membuat konsentrasi lebih baik selama melakukan yoga. Tentunya, Anda akan merasa lebih tenang sepanjang hari.

4. Menyokong Kesehatan Tulang

Beberapa studi telah menujukkan bahwa yoga dapat mengurangi risiko osteoporosis. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan.

Yoga memiliki banyak pose yang bagus untuk meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas secara keseluruhan. Pada akhirnya, olahraga ini dapat ikut menunjang kesehatan tulang.

5. Mengatasi Nyeri Punggung Kronis

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah pola hidup sedenter alias tidak aktif. Misalnya, duduk menonton televisi atau bermain game seharian.

Beberapa penelitian menemukan bahwa yoga dapat menangani nyeri punggung, fibromyalgia, dan beragam jenis nyeri kronis lain.

Artikel Lainnya: Jenis-jenis Yoga yang Baik bagi Tubuh

6. Memperbaiki Performa Seksual

Seperti yang telah dijelaskan, yoga dapat membuat tubuh makin fleksibel serta tingkat stres menurun. Dua hal ini akan membantu performa di ranjang menjadi lebih baik.

Selain itu, yoga dapat mengatur aliran darah sehingga berpengaruh terhadap “menyalanya” gairah seksual.

7. Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Bagi pria yang sudah memasuki fase lansia, yoga dapat membantu mereka untuk tampil lebih percaya diri.

Otot yang kuat dan fleksibilitas yang meningkat dapat memperbaiki postur. Dengan begitu, pria akan tampak tegap dan kokoh.

8. Menghindari Cedera

Manfaat yoga untuk tubuh lainnya adalah menghindari cedera. Sebagian besar kelas yoga dimulai dengan latihan mental. Misalnya, cara untuk mencintai tubuh sendiri, serta mengetahui kebutuhan tubuh dan batasannya.

Pria pun jadi untuk lebih sadar akan tubuhnya sendiri sehingga dapat mengurangi insiden cedera saat berolahraga.

Ditambah lagi, fleksibilitas yang diperoleh dari yoga akan mempercepat pemulihan nyeri setelah berolahraga.

9. Mengontrol Pola Makan

Manfaat yoga untuk pria berikutnya adalah mengendalikan pola makan. Ini termuat dalam penelitian yang dilakukan pada 2014.

Dalam penelitian itu, rutin melakukan yoga dapat membantu mengontrol pola makan. Orang yang menekuni yoga akan lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Mereka lebih banyak makan buah dan sayur, daripada orang yang tidak melakukan yoga.

2 dari 3 halaman

Gerakan Yoga untuk Pria

Kini Anda tertarik untuk melakukan yoga? Coba intip beberapa variasi gerakan yoga yang baik untuk pria di bawah ini:

1. Crescent Lunge (High Lunge)

Posisi crescent lunge dapat memperkuat lengan dan meregangkan otot-otot di pangkal paha. Cara melakukannya, mulailah dengan menghadap ke bawah.

Kemudian, langkah kaki kiri Anda ke depan di antara kedua tangan Anda. Jaga lutut kiri Anda di atas pergelangan kaki dan selebar pinggul.

Angkat tubuh ke atas dan bawah lengan Anda ke atas. Jika memungkinkan, satukan kedua telapak tangan di atas kepala, atau jaga agar kedua tangan selebar bahu dengan kedua telapak tangan saling berhadapan.

2. Warrior

Gerakan yoga untuk pria lainnya adalah Warrior. Gerakan ini dapat meningkatkan ruang dan mobilitas di pundak, pinggul, dan lutut. Pose ini membantu stabilitas di dalam dan sekitar lutut.

Dari Mountain Pose, langkahkan kaki kanan ke depan dan angkat lengan ke atas. Putar kaki kiri Anda 45-60 derajat ke kiri. Tekuk lutut kanan sampai melewati pergelangan kaki.

Bawa pinggul sejajar dengan bagian depan ruangan. Lengkungkan punggung bagian atas sedikit, angkat dada ke arah langit-langit.

Jika mungkin, tekan kedua telapak tangan bersama, atau jaga agar kedua tangan selebar bahu dengan kedua telapak tangan saling berhadapan.

Jaga kepala Anda dalam posisi netral, menatap ke depan, atau memiringkannya ke belakang dan menatap ibu jari Anda. Ulangi di sisi lain.

Artikel Lainnya: Tips Latihan Yoga untuk Pemula

3. Forward Fold

Ini adalah gerakan yang bagus dilakukan sebagai gerakan pemanasan untuk latihan apa pun. Anda kerap kesulitan mengetahui kapan menahan ketegangan berlebih di kepala, leher, dan bahu.

Penumpukan ketegangan dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, sirkulasi darah buruk, dan penurunan kapasitas paru-paru.

Jika Anda berlatih pernapasan lambat dan mantap bersama dengan pose ini, itu bisa menurunkan tekanan darah Anda seiring waktu.

4. Half Bow Pose

Ini adalah salah satu pose penghilang stres terbaik. Half Bow Pose membuka dada sehingga memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen. Melakukan pose ini dapat memperkuat perut sekaligus punggung Anda.

Pose busur dalam Half Bow Pose bisa mengatasi dan mengurangi risiko cedera akibat ketidakseimbangan otot.

5. Boat Pose

Gerakan yoga yang baik untuk pria lainnya adalah Boat Pose. Selain memperkuat otot-otot inti dan punggung, Boat Pose menghasilkan fungsi kelenjar tiroid dan prostat yang sehat.

Atur posisi tubuh duduk dengan kaki lurus ke depan. Selanjutnya, tekuk lutut Anda dan letakkan tangan di belakang paha.

Condongkan tubuh ke arah belakang agar lengan bisa lurus, jagalah agar tulang leher Anda tetap meregang. Dalam posisi lutut Anda ditekuk, angkat kaki sehingga sejajar dengan lantai.

Setelah itu, posisikan kedua lengan lurus ke depan dengan sejajar bahu. Jika memungkinkan, angkat kaki Anda dalam posisi lurus, dan tahan selama sekitar lima kali hitungan napas.

Itulah beberapa manfaat yoga untuk pria beserta gerakannya. Saat melakukannya, sesuaikan dengan kemampuan, terlebih jika Anda adalah pemula. Yuk, siapkan matras, pakaian yang nyaman, dan pikiran yang terbuka untuk memulai yoga!

Dapatkan informasi seputar manfaat yoga bagi tubuh dan tips gaya hidup sehat lainnya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar