Sukses

Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala selain dapat diatasi dengan obat, ada juga beberapa cara tanpa obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Mulai dari sakit kepala yang ringan sekalipun hingga sakit kepala yang berat, dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Biasanya, saat sakit kepala, orang enggan untuk minum obat karena takut mengantuk dan tak bisa berkegiatan karena badan lemas. Namun Anda tak perlu khawatir, sakit kepala juga bisa diatasi tanpa mengonsumsi obat, lho.

Beberapa cara alami berikut ini dapat Anda terapkan untuk meredakan sakit kepala tanpa harus makan obat.

1. Minum air

Dehidrasi yang terjadi dalam tubuh Anda dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Mengonsumsi cukup air dapat mengatasi dehidrasi, sehingga keluhan sakit kepala Anda juga dapat berkurang. Makan sayur dan buah yang kaya akan cairan juga dapat mencukupi kebutuhan cairan Anda.

2. Konsumsi cukup magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan untuk mengontrol gula darah dan transmisi saraf. Kekurangan magnesium paling sering menyebabkan sakit kepala jenis migrain. Saat ingin mengurangi sakit kepala dengan mengonsumsi magnesium, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung magnesium, bukan dengan mengonsumsi suplemen magnesium.

Hal ini disebabkan karena kandungan magnesium yang tinggi dalam tubuh juga dapat menyebabkan diare. Makanan tinggi magnesium misalnya pisang, cokelat, alpukat, dan lain sebagainya.

3. Batasi alkohol

Alkohol merupakan salah satu vasodilator, yaitu minuman yang dapat menyebabkan pembuluh darah melebar. Keadaan pembuluh darah yang sedang melebar ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala pada beberapa orang.

Selain itu, alkohol bertindak sebagai diuretik, menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan elektrolit melalui kencing. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan atau memperburuk sakit kepala.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat merusak kesehatan Anda lewat berbagai cara, salah satunya dapat menyebabkan sakit kepala. Padahal, lama tidur untuk orang dewasa adalah 6-8 jam dalam sehari. Jadi, mencukupi waktu tidur juga dapat mengurangi sakit kepala yang timbul karena kurang tidur.

5. Hindari makanan tinggi Histamin

Histamin adalah zat kimia yang ditemukan secara alami dalam tubuh yang memainkan peran dalam sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan saraf. Histamin ditemukan dalam makanan tertentu seperti keju, makanan fermentasi, bir, anggur, ikan asap, dan daging yang diawetkan.

Studi menemukan bahwa mengonsumsi histamin dapat menyebabkan migrain pada mereka yang sensitif terhadapnya.

6. Gunakan minyak esensial

Minyak atsiri adalah cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman. Mereka memiliki banyak manfaat terapeutik dan paling sering digunakan.

Minyak esensial dengan aroma peppermint dan lavendel dapat sangat membantu ketika Anda terkena sakit kepala.

7. Konsumsi vitamin B-Kompleks

Vitamin B adalah kelompok mikronutrien yang larut dalam air yang memilik peran penting dalam tubuh. Vitamin ini terkenal dengan sebutan vitamin syaraf yang berkontribusi pada sintesis neurotransmiter dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur, karena larut dalam air dan setiap kelebihannya akan dikeluarkan melalui urine.

8. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala Anda. Jika diberikan ke area leher atau kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya membantu mengurangi sakit kepala.

9. Rileks dengan yoga

Berlatih yoga adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Melakukan yoga dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala Anda.

Sakit kepala memanglah sangat mengganggu. Jadi jika memang Anda sering merasakan sakit kepala, sebaiknya mencari cara alami untuk meredakannya agar anda terhindar dari efek samping obat yang sering dialami banyak orang.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar