Sukses

Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat!

Bebas kantuk dan tanpa efek samping, ini dia cara mengatasi sakit kepala tanpa obat yang Anda tunggu-tunggu.

Minum obat saat sakit kepala memang sudah jadi kebiasaan. Sayang, obat itu kerap bikin ngantuk dan tak baik bila diminum terus-menerus, apalagi tanpa pengawasan dokter. Alhasil, kini banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit kepala tanpa obat.

1 dari 2 halaman

Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Semua level sakit kepala, baik dari ringan hingga ke berat, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Atas dasar itulah, penting bagi semua orang untuk meredakan gejala tersebut secepat mungkin.

Ketimbang terus-terusan mengandalkan obat sakit kepala, berikut di bawah ini ada cara untuk mengatasi sakit kepala secara alami. Beberapa di antaranya sangat mudah dilakukan, lho!

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ya, cara mengatasi sakit kepala tanpa obat yang pertama adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Perlu diketahui bahwa dehidrasi yang terjadi dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala.

Nah, dengan minum air putih yang cukup, itu dapat mengatasi dehidrasi. Sehingga, keluhan nyeri di kepala dapat berkurang!

Sebenarnya tak cuma air putih, dengan makan sayur dan buah yang banyak mengandung cairan, seperti mentimun, semangka, dan lain sebagainya, itu pun dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Artikel Lainnya: Benarkah Kafein Mampu Mengatasi Sakit Kepala?

  • Makan Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk mengontrol gula darah dan transmisi saraf.

Jika Anda kekurangan magnesium, ini bisa menyebabkan migrain! Kalau sudah begitu, konsumsilah makanan yang mengandung magnesium, seperti pisang, cokelat, dan alpukat untuk mengatasi sakit kepala secara alami.

Hindari mengonsumsi suplemen magnesium karena asupan magnesium dalam dosis tinggi justru menyebabkan diare.

  • Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan Anda lewat berbagai cara, salah satunya lewat sakit kepala.

Lama tidur untuk orang dewasa adalah 6-8 jam dalam sehari. Jadi, mencukupi waktu tidur dapat mengatasi sakit kepala yang timbul karena kurang istirahat.

  • Hirup Aroma Minyak Esensial

Cara mengobati sakit kepala secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak-minyakan.

Minyak atsiri merupakan cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman.

Mereka memiliki manfaat terapeutik (bisa memberikan efek terapi alami untuk berbagai gangguan kesehatan).

Minyak esensial dengan aroma peppermint dan lavender akan sangat membantu ketika kepala Anda nyut-nyutan.

Anda dapat menggunakannya dengan memasukkan beberapa tetes minyak tersebut ke alat diffuser. Jika ingin dioleskan ke pelipis kepala, campurkan dulu minyak di atas dengan virgin coconut oil agar ramah di kulit.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala Keto, Penyakit Apa Itu?

  • Konsumsi Vitamin B-Kompleks

Kalau tadi Anda tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen magnesium, tapi Anda boleh mengonsumsi vitamin B-kompleks.

Pasalnya, vitamin ini terkenal dengan sebutan vitamin saraf yang berkontribusi pada sintesis neurotransmiter dan bisa membantu mengubah makanan menjadi energi.

Vitamin B aman dikonsumsi secara teratur karena dia larut dalam air dan setiap kelebihannya akan dikeluarkan lewat air kencing.

  • Beri Kompres Dingin pada Kepala

Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat selanjutnya adalah mengaplikasikan kompres dingin. Kompres ini ampuh mengurangi ketidaknyamanan pada kepala.

Saat ditempelkan ke area leher dan kepala, ini dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan mempersempit pembuluh darah. Sehingga, rasa nyeri akan berkurang.

  • Minum Teh Jahe

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa jahe dapat mengatasi sakit kepala. Efek yang diberikan oleh teh rempah ini sama seperti obat yang mengandung ketoprofen dalam mengatasi sakit kepala.

Cara membuatnya, Anda bisa geprek beberapa ruas jahe, lalu rebus dengan air secukupnya. Didihkan dulu hingga air sedikit berkurang, lalu tuang ke cangkir. Bila ingin ada rasa manis, tambahkan madu sedikit.

Artikel Lainnya: Atasi Sakit Kepala Kronis dengan Cara Ampuh Ini

  • Relaksasi dengan Olahraga Yoga

Berlatih yoga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas tubuh, menghilangkan rasa pegal, serta cara mengobati sakit kepala secara alami.

Dengan berlatih yoga, intensitas dan frekuensi kekambuhan sakit kepala bisa berkurang.

  • Minum Kopi

Langkah mengatasi sakit kepala tanpa obat yang terakhir adalah minum kopi secukupnya. Kopi dapat meringankan sakit kepala karena adanya kandungan kafein.

Kafein itu sendiri adalah salah satu kandungan yang ada dalam beberapa jenis obat pereda nyeri yang dapat dibeli secara bebas, seperti asetaminofen dan ibuprofen.

Perlu diingat, meski minum kopi dapat dianggap sebagai cara mengobati sakit kepala secara alami yang “menyenangkan”, tetapi Anda tidak boleh minum kopi berlebihan.

Sebab, konsumsi kopi dalam jumlah berlebih justru dapat menimbulkan fenomena caffeine rebound, yaitu sakit kepala yang timbul akibat kebanyakan minum kopi. Tak mau, kan, rasa sakit jadi berlipat ganda?

Itu dia langkah mudah untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat. Bila semuanya sudah dilakukan, tetapi nyeri tersebut tak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Sebab, nyeri kepala bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius.

Bila Anda masih punya pertanyaan tentang cara mengatasi sakit kepala secara alami ataupun tips-tips kesehatan lain, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter, ya. Salam sehat!

(AM/AYU)

4 Komentar