Sukses

Minum Alkohol Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Walaupun sering dikaitkan dengan hal-hal negatif, minum alkohol dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Apa benar?

Selama ini, minuman beralkohol selalu dikaitkan dengan hal-hal yang negatif. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kehilangan kesadaran, mabuk, dan juga bahaya lainnya bagi kesehatan. Namun, siapa sangka bahwa ternyata alkohol dapat menurunkan kolesterol tinggi?

Ya, Anda tidak salah membacanya. Meski memang, kemampuan alkohol untuk membantu menurunkan kolesterol tidak sepopuler makanan lainnya, seperti sayur,  minyak ikan, minyak zaitun, ataupun granola dan oatmeal. 

Untuk tahu lebih lanjut mengenai manfaat minum alkohol untuk menurunkan kolesterol tinggi, mari simak ulasan berikut.

1 dari 4 halaman

Peran Alkohol dalam Menjaga Kolesterol

Berdasarkan penelitian yang dipaparkan pada pertemuan ilmiah American Heart Association di Amerika Serikat pada tahun 2016, mengonsumsi minuman alkohol dengan jumlah moderat dinyatakan dapat membantu menjaga kadar kolesterol “baik” (high-density lipoprotein/HDL) dalam tubuh.

Peminum alkohol moderat diartikan sebagai mengonsumsi 1 atau 2 takaran alkohol per harinya untuk pria, dan ½ atau 1 takaran per hari untuk wanita.

Artikel lainnya: Agar Hangover Tak Parah, Ini Makanan Dikonsumsi Sebelum Minum Alkohol

Pada beberapa penelitian lain diperoleh kesimpulan serupa. Mengonsumsi alkohol secara moderat dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). 

Tak kalah menarik, pada peminum alkohol tingkat moderat, kadar HDL mengalami penurunan yang paling lambat dibandingkan orang yang tidak minum alkohol sama sekali dan peminum berat.

Namun, manfaat minum alkohol dalam jumlah moderat juga bergantung pada jenis alkohol yang dikonsumsi. Misalnya, peminum bir memiliki penurunan kadar HDL yang paling lambat.

Hanya saja, jika sebelumnya Anda belum pernah mengonsumsi alkohol sama sekali, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai risiko dan manfaatnya. Minum alkohol dalam jumlah moderat, akan menjadi lebih bermanfaat bagi mereka yang sudah terbiasa minum alkohol dalam jumlah besar.

2 dari 4 halaman

Apakah Semua Minuman Beralkohol Baik untuk Kolesterol?

Tidak semua minuman beralkohol baik untuk kolesterol. Contohnya saja bir atau minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi gandum. Jika dikonsumsi secara berlebihan, karbohidrat yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi trigliserida dan juga LDL (low-density lipoprotein).

Selain itu, minuman beralkohol biasanya juga akan dicampur dengan bahan-bahan tertentu untuk menambah rasa. Misalnya, pencampuran antara vodka dengan minuman bersoda yang tinggi gula, atau minuman beralkohol lainnya yang dicampur dengan sirup dan lain-lain. 

Hal-hal inilah yang akan membuat minuman beralkohol dapat berdampak buruk bagi kolesterol.

Artikel lainnya: Sering Minum Alkohol Bikin Olahraga Sia-sia?

3 dari 4 halaman

Batas Maksimal Konsumsi Alkohol

Ternyata, efek buruk dari alkohol terjadi pada 24 jam pertama setelah minum alkohol dalam jumlah moderat. Dalam 24 jam pertama setelah minum, tekanan darah dapat meningkat dan darah lebih mudah mengalami pembekuan. Hal ini membuat risiko stroke dan serangan jantung meningkat.

Namun setelah 24 jam, konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat meningkatkan peredaran darah, meningkatkan fungsi dari dinding pembuluh darah, dan mengurangi terbentuknya bekuan darah.

Menarik, ya? Minum red wine juga diyakini dapat meningkatkan kadar HDL dalam jangka panjang. Kandungan resveratrol yang terdapat dalam red wine dinilai dapat membantu mengubah lemak jenuh menjadi jenis lemak yang lebih baik, yaitu lemak cokelat.

Jadi, jika selama ini Anda mengira alkohol merupakan hal yang buruk, ternyata tidak juga. Dampak buruk tersebut baru dihasilkan ketika alkohol dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan frekuensi yang lebih sering. Bila dikonsumsi dalam jumlah dan frekuensi yang tepat, alkohol justru dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda. 

Namun, perlu diperhatikan juga apakah Anda memiliki alergi terhadap alkohol atau tidak.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait konsumsi minum alkohol dan kolesterol tinggi, ada baiknya berkonsultasi langsung dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan yang justru dapat merugikan.

Anda juga bisa bertanya kepada dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar