Sukses

Ini Dia Manfaat Diet Semi Vegetarian ala Meghan Markle

Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, diketahui menerapkan diet semi vegetarian. Apa saja manfaatnya bagi tubuh? Simak selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Aktris asal Amerika Serikat Meghan Markle akhirnya resmi menikah dengan Pangeran Harry. Satu hal yang banyak dibicarakan menjelang hari bahagianya ini yakni pola diet semi vegetarian yang ia terapkan.

Diet ala Meghan Markle

Seorang vegetarian utamanya menghindari konsumsi daging-dagingan dan lebih memilih makanan yang berasal dari sumber nabati seperti kacangan-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Namun, kadang masih ada yang mengonsumsi produk susu dan telur. Sebagian pun masih ada yang mengonsumsi ikan. Vegetarian seperti ini disebut sebagai pescatarian. Sedangkan yang murni vegetarian, mereka benar-benar tidak mengonsumsi daging, ikan atau aneka seafood, maupun produk-produk sampingannya.

Meghan bukanlah seorang vegetarian murni karena ia hanya menjalani pola diet ini setiap hari Senin hingga Jumat. Pada akhir minggu, ia lebih bebas memilih menu makanan serta tetap mengonsumsi ikan dan sedikit daging.

Meski bukanlah murni vegetarian, tetapi pola diet semi vegetarian Meghan yang kini menyandang gelar Duchess of Sussex ini justru disukai oleh para ahli gizi. Mereka menganggap bahwa pola diet yang dijalankan Meghan membuatnya lebih tidak berisiko mengalami kekurangan vitamin penting seperti B12 dan D3, yang hanya bisa didapat dari sumber hewani. Meghan pun mengakui bahwa dirinya tidak memiliki daftar khusus untuk makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi.

Manfaat diet vegetarian

Pola diet yang berbasis sumber nabati dan tinggi serat ini diketahui menurunkan risiko berbagai penyakit yang terkait gaya hidup, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Beberapa alasannya adalah karena diet vegetarian memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Menjaga berat badan

Meski mengenyangkan, diet vegetarian lebih rendah kalori ketimbang diet biasa sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Hasil studi pun menunjukkan bahwa individu yang menjalani diet vegetarian memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada yang tidak menjalankan diet tersebut.

2. Memperbaiki kontrol gula darah dan kerja insulin

Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa individu yang menjalani diet vegetarian memiliki kadar HbA1c (penanda kontrol gula darah jangka panjang) yang lebih rendah ketimbang yang tidak. Salah satunya dengan cara membuat sel-sel tubuh lebih berespon terhadap kerja insulin.

3. Memperbaiki profil lemak dan tekanan darah

Karena berasal dari sumber nabati, diet vegetarian tergolong tinggi serat, bebas kolesterol, dan rendah lemak jenuh. Kombinasi ketiganya membuat pola diet ini dapat memperbaiki profil lemak darah seperti kolesterol dan trigliserida, serta menurunkan tekanan darah.

4. Membantu melawan radikal bebas

Selain kaya vitamin dan mineral, sayur dan buah-buahan kaya akan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. Radikal bebas diketahui dapat mempercepat penuaan kulit serta mengganggu proses-proses metabolisme tubuh sehingga timbul diabetes, stroke, penyakit jantung, dan kanker.

Meski Meghan tidak 100 persen menjalani pola diet vegetarian, akan tetapi konsumsinya didominasi oleh makanan yang berasal dari sumber nabati. Ia pun diketahui rutin berolahraga, membatasi konsumsi alkohol, dan tidak merokok. Tak heran jika kemudian banyak orang yang memuji kecantikan dan kebugaran tubuhnya.

Tertarik untuk mencobanya? Ingat, bahwa tidak ada sesuatu yang instan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari diet vegetarian seperti Meghan Markle, lakukanlah dengan konsisten. Jadikan diet tersebut sebagai gaya hidup sehari-hari,bukan hanya sekali-sekali hanya karena tren semata. Jika diperlukan, konsultasikan ini dengan ahli gizi yang kompeten.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar