Sukses

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Ingin selalu sehat dan terhindar dari penyakit jantung koroner? Ini 5 menu makanan yang wajib Anda konsumsi.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Korban yang berjatuhan akibat penyakit ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, agar Anda tidak menjadi korban yang berikutnya, menjaga kesehatan jantung menjadi suatu tindakan yang wajib dilakukan sekarang juga.

Memang, menjaga kesehatan jantung bukanlah perkara yang mudah. Namun, dengan sederet usaha dan upaya, hal ini tentu bisa Anda lakukan. Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba untuk memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari penyakit jantung adalah mengonsumsi makanan yang tepat.

Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk jantung. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kebutuhan omega-3 harian yang tercukupi mampu menekan risiko gangguan irama jantung (aritmia) dan pembentukan plak aterosklerosis di pembuluh darah.

Menurut American Heart Association, ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu dan tidak diolah dengan cara digoreng menggunakan banyak minyak (deep fry). Akan lebih baik jika direbus atau dikukus.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung sejumlah lemak baik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh. Minyak sehat ini juga mengandung sejumlah antioksidan, sehingga terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner di kemudian hari.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak kelapa yang biasa digunakan untuk menggoreng. Selain itu, minyak ini juga dapat Anda gunakan sebagai dressing saat mengonsumsi salad.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam (dark chocolate) yang mengandung 60–70% kakao di dalamnya terbukti mampu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini karena cokelat hitam yang demikian mengandung senyawa flavonoid (polifenol).

Penelitian mengatakan bahwa kandungan flavonoid (polifenol) pada cokelat hitam mampu menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Pisang

Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang tinggi. Menurut penelitian, tingginya kadar potasium pada pisang mampu memperkecil risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri dan menjaga keseimbangan listrik jantung.

Sedangkan kalium, dr. Irma Rismayanty menyebutkan bahwa zat gizi ini mampu mencegah terjadinya gangguan fungsi jantung, mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke di kemudian hari.

5. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan asam lemak omega-3, asam folat dan kalium. Makanan yang sering dijadikan sebagai menu sarapan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung.

Perhatikan ini!

Makanan di atas memang sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Namun, konsumsinya tetap harus dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhan gizi harian masing-masing. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk bagi kelangsungan detak jantung Anda.

Selain memperhatikan porsi, Anda juga wajib mengombinasikan konsumsi makanan di atas dengan penerapan gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur, menjauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat setiap hari.

Jangan lupa juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara berkala ke dokter. Dengan begini, segala masalah kesehatan, baik yang berhubungan dengan penyakit jantung atau lainnya, dapat dideteksi dan diobati sedini mungkin.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar