Sukses

6 Tanda Anda Punya Bakat Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering terjadi disertai dengan kondisi, tanda dan gejala berikut ini. Simak selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tekanan darah tinggi alias hipertensi merupakan penyakit yang sering terjadi tanpa disadari. Penyakit ini bisa bersemayam di dalam tubuh tanpa ketahuan, hingga menimbulkan komplikasi berbahaya yang dapat berujung pada kematian.

Atas dasar itu, Anda dituntut untuk lebih waspada terhadap hipertensi. Jika Anda memiliki kondisi, tanda dan gejala berikut ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

1. Keluarga dengan hipertensi

Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap hipertensi? Jika ya, kemungkinan Anda untuk mengalami kondisi yang sama akan meningkat berlipat ganda.

Ya, hipertensi adalah penyakit keturunan. Karenanya, jika memiliki anggota keluarga dengan penyakit tersebut, Anda dianjurkan untuk segera menerapkan gaya hidup sehat dan diet rendah garam. Ini bertujuan agar risiko hipertensi bisa ditekan sekecil mungkin.

2. Sering sakit kepala

Sakit kepala merupakan keluhan yang paling sering terjadi akibat hipertensi. Keluhan ini khususnya dirasakan oleh penderita hipertensi tahap krisis, dimana tekanan darah berada di angka yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, jika Anda sering sakit kepala atau mengalami sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini untuk memastikan apakah keadaan tersebut disebabkan oleh hipertensi atau kondisi medis lain.

3. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan adalah salah satu komplikasi dari tekanan darah tinggi. Keluhan ini dapat terjadi secara mendadak atau perlahan.

Salah satu gangguan penglihatan yang terjadi akibat tekanan darah tinggi adalah retinopati hipertensi. Pada keadaan tekanan darah yang tinggi, dapat ditemukan pecahnya pembuluh darah mata. Hal ini menyebabkan penurunan penglihatan mata secara tajam dan mendadak.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah dapat menjadi tanda adanya peningkatan tekanan di dalam kepala. Hal ini dapat terjadi akibat beberapa hal, salah satunya perdarahan di dalam kepala.

Salah satu faktor risiko perdarahan di dalam kepala adalah hipertensi. Seseorang dengan perdarahan otak dapat mengeluhkan adanya muntah menyembur.

5. Nyeri dada

Penderita hipertensi dapat mengalami keluhan nyeri dada. Kondisi ini terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah pada organ jantung. Jadi, jika Anda kerap mengeluhkan nyeri dada, segera periksakan diri ke dokter.

6. Sesak napas

Penderita hipertensi juga dapat merasakan keluhan sesak napas. Keadaan ini terjadi ketika jantung mengalami pembesaran dan gagal memompa darah. Jika Anda kerap merasakan keluhan ini, jangan ragu untuk segera ke dokter.

Itulah beberapa kondisi, tanda dan gejala yang paling sering menyertai penderita hipertensi. Jika Anda merasakan beberapa di antaranya, segera periksakan diri ke dokter. Di samping itu, pastikan pula Anda segera menerapkan gaya hidup sehat, pola makan rendah garam dan berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan demikian, risiko terjadinya komplikasi hipertensi bisa ditekan sekecil-kecilnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar