Sukses

Rahasia Sehat dan Bugar ala J.Lo

Di usianya yang nyaris setengah abad, Jennifer Lopez atau J.Lo masih memikat. Ini dia rahasia sehat dan bugarnya.

Klikdokter.com, Jakarta Di usianya yang ke 48, aktris sekaligus penyanyi Jennifer Lopez alias J.Lo masih terlihat menawan dan ideal. Tak terlihat adanya lemak berlebih, seolah seperti tanpa cela! Ini membuat para wanita penasaran: apa, sih, rahasia sehat dan bugarnya?

Olahraga pada pagi hari

“Saya suka berolahraga pada pagi hari,” katanya kepada Health. “Itu membuat saya relaks, membuat saya siap untuk menyambut hari, dan membuat saya kuat,” lanjutnya.

Faktanya, kebiasaan sehat ibu dari dua anak ini adalah salah satu alasan mengapa ia selalu terlihat bersemangat dan optimis setiap hari. “Saya yakin bahwa olahraga adalah salah satu yang membuat saya bahagia,” kata J.Lo.

“Saya benar-benar percaya bahwa ketika Anda merawat diri dengan berusaha untuk terus sehat, Anda akan menjadi lebih baik dalam merawat orang-orang yang Anda cintai.”

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, sebetulnya belum ada penelitian yang membuktikan kapan waktu terbaik untuk berolahraga. Pemilihan waktu berolahraga ini hanya berdampak pada konsekuensi yang muncul dari masing-masing pilihan tersebut.

Dijelaskan oleh dr. Dyan, pagi hari adalah pilihan waktu yang tepat bagi Anda yang sulit untuk menjaga konsentrasi dalam berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada pagi hari cenderung dapat menjalani pola olahraganya secara rutin. Rutinitas olahraga ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan dari bagi Anda yang mampu menjalankannya.

Selain itu, olahraga pada pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Olahraga pagi menjaga sirkulasi darah tetap lancar sepanjang hari, sehingga Anda dapat langsung beristirahat di malam hari tanpa terganggu dengan aktivitas lain. Satu hal yang harus diperhatikan adalah di pagi hari metabolisme tubuh serta otot cenderung masih lambat dan kaku. Jadi, tubuh membutuhkan tahapan pemanasan yang lebih lama dibandingkan dengan olahraga di waktu lainnya.

Jalani pola hidup sehat

Selain olahraga, J.Lo juga mengakui bahwa ia menerapkan pola hidup sehat. Diakuinya ke Hello!, ia menjauhi konsumsi kopi, merokok, dan minum minuman beralkohol. Tak hanya itu, ia menerapan diet yang kaya protein dan sayuran.

“Saya suka perasaan yang ditimbulkan saat berolahraga, oleh karena itu saya berusaha untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan beristirahat dengan cukup setiap sehabis olahraga,” katanya, supaya keesokan harinya ia bisa berolahraga lagi.

Pelantun “My Love Don’t Cost A Thing” ini memastikan ia minum banyak air, makan makanan yang sehat, dan menjadikan tidur cukup selama 8 jam adalah sebuah prioritas setiap malam. Mantan istri Marc Anthony ini juga suka bersantai bersama dengan anak-anaknya setelah berolahraga dan berbagi camilan sehat. Ia selalu membawa buah dan sayur sebagai camilan di antara jam makan.

Bisa jadi banyaknya konsumsi buah dan sayur juga berkontribusi dalam membuat J.Lo sehat dan tampak awet muda. Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, salah satu penyebab penuaan adalah paparan radikal bebas karena dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dapat ditangkal dengan pemberian antioksidan. Kandungan penting tersebut banyak ditemukan pada buah dan sayur.

Jika Anda ingin tampak awet muda seperti J.Lo, dr. Alvin menganjurkan Anda untuk mengonsumsi:

  • Tomat, yang merupakan sumber utama likopen. Likopen adalah antioksidan yang mampu menurunkan dan menangkal radikal bebas lebih baik daripada vitamin C. Di samping itu, tomat juga memiliki kalori yang cukup rendah.
  • Kubis, karena mengandung banyak vitamin K yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Sayur ini juga mengandung banyak serat yang dapat membantu kelancaran saluran pencernaan dan menurunkan tekanan darah.
  • berry, karena mengandung flavonoid yang kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Bisa diolah sebagai smoothie, antioksidan buah berry dapat melawan berbagai radikal bebas.
  • Kacang-kacangan, yang banyak mengandung lemak tidak tersaturasi, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga banyak mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar radikal bebas dalam darah.

Untuk meraih kondisi sehat dan bugar seperti J.Lo, Anda perlu menjalankan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Tentu saja ini perlu waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun, jika Anda melakukannya dengan benar dan sepenuh hati, maka hasilnya pun akan terasa. Jangan ragu untuk meminta bantuan ahli gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan dokter spesialis kedokteran olahraga untuk membantu menentukan jenis olahraga apa yang sesuai dengan kondisi fisik Anda.

[RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar