Sukses

Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil

Ingin berhubungan intim dengan pasangan saat hamil? Boleh saja, bahkan dianjurkan. Ketahui manfaatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Berhubungan intim atau berhubungan seksual merupakan kebutuhan biologis dari kelangsungan pasangan suami istri. Bisa dikatakan, berhubungan intim adalah suatu rutinitas yang dapat memengaruhi dinamika kehidupan rumah tangga setiap pasangan. Bahkan, ketika istri tengah hamil, berhubungan seks tetap dapat dilakukan.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan hubungan intim saat hamil atau mungkin merasa khawatir dan bertanya-tanya apakah seks dapat membahayakan kondisi kehamilan, pada prinsipnya aktivitas ini aman dilakukan selama Anda tidak memiliki masalah selama kehamilan.

Bayi di dalam kandungan dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat di dalam rahim, sehingga aktivitas seksual tidak akan memengaruhi perkembangan bayi. Berhubungan intim pada masa kehamilan justru bisa memberikan serangkaian manfaat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan kualitas orgasme

Saat Anda berhubungan intim, maka aliran darah yang menuju ke organ-organ reproduksi Anda akan meningkat, sehingga tentu saja dapat meningkatkan fungsi-fungsinya. Selain itu, berhubungan intim juga dapat meningkatkan kualitas orgasme pasangan suami istri. Orgasme dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati ibu dan janin yang dikandung bahagia dan relaks.

2. Meningkatkan kebugaran

Berhubungan intim terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme. Ketika metabolisme tubuh meningkat, maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. Setiap menit ada 5 kalori yang dibakar saat berhubungan intim. Hal ini dapat membantu menjaga kebugaran wanita hamil yang bobot tubuhnya semakin bertambah dan merasa lebih sulit untuk berolahraga.

3. Memperkuat ikatan hubungan pasangan

Sudah jelas bahwa berhubungan intim dapat memperkuat ikatan hubungan pasangan. Selain mendapatkan kepuasan biologis, selama berhubungan intim setiap pasangan akan melibatkan emosi masing-masing. Bahkan, ada sebuah  penelitian yang menyatakan bahwa berhubungan intim juga dapat menurunkan stres bagi pasangan suami istri. Keadaan ini tentu sebaiknya diciptakan setiap pasangan yang sedang menantikan kelahiran calon buah hati.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Universitas Wilker, Amerika Serikat, mendapat temuan bahwa seseorang yang melakukan hubungan intim 1-2 kali setiap minggu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. Penelitan lain juga membuktikan bahwa berhubungan intim dapat meningkatkan kadar immunoglobulin A yang berperan penting dalam lapisan pertama pertahanan tubuh. Oleh karena itu, berhubungan intim tentu dapat membantu dalam melindungi kesehatan Anda selama kehamilan.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Kesulitan tidur merupakan hal yang sering dikeluhkan selama kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yang di antaranya adalah perubahan fisik dan psikis selama kehamilan, rasa tidak nyaman karena perut yang terus membesar, rasa mual, peningkatan frekuensi buang air kecil, hingga kram pada kaki.

Orgasme yang terjadi saat berhubungan intim dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon prolaktin, yaitu hormon yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan relaks. Pada akhirnya, hal tersebut dapat membantu kualitas tidur wanita hamil menjadi lebih nyenyak.

Nah, bagi Anda yang belum pernah atau merasa khawatir bahwa berhubungan intim saat hamil dapat membahayakan kehamilan, kini Anda tak perlu lagi cemas. Bahkan, seks saat hamil dapat mendatangkan banyak manfaat tak hanya bagi Anda, tapi juga bagi suami. Meski demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesial kandungan untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda terlebih dahulu. Jika perlu, konsultasikan mengenai posisi seks yang tepat, aman, dan nyaman bagi kehamilan Anda.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar