Sukses

Ini Dia 5 Penyebab Kulit Kepala Gatal

Kulit kepala gatal tak melulu masalah ketombe. Banyak juga kondisi lain yang bisa menjadi penyebab keluhan tersebut. Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit kepala gatal menjadi keluhan yang dapat terjadi pada siapa saja. Kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri bahkan kualitas hidup penderita. Apalagi bila kondisi yang mengganggu tersebut terjadi pada wanita.

Untungnya, kulit kepala terasa gatal tak melulu disebabkan oleh kondisi berbahaya. Ini dia lima penyebab kulit kepala terasa gatal yang perlu Anda ketahui:

1. Ketombe

Ketombe alias dermatitis seboroik menjadi penyebab kulit kepala gatal yang paling sering. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya memiliki kulit kepala yang berminyak.

Kulit kepala yang berminyak rentan menjadi tempat bertumbuhnya ragi Malassezia. Keluhan yang timbul akibat keadaan tersebut tak hanya terjadi di kulit kepala, tapi juga di area alis atau wajah.

2. Dermatitis kontak

Apakah Anda memiliki kulit yang sensitif dan mudah bereaksi dengan penggunaan produk kulit tertentu? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah Anda memiliki riwayat asma? Jika Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan itu, bisa jadi keluhan gatal pada kulit kepala disebabkan oleh dermatitis kontak.

Alergen, bahan iritan atau bahan kimia tertentu dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit Anda. Karena itu, jika Anda adalah pemilik kulit kepala yang sensitif, reaksi peradangan di kulit kepala dapat terjadi dengan mudah. Alhasil, kulit kepala akan tampak kemerahan dan terasa gatal. 

3. Tinea kapitis

Tinea kapitis disebabkan oleh infeksi jamur Trichophyton rubrum. Infeksi ini tergolong sangat menular. Maka itu, berkontak dengan orang yang mengalami tinea kapitis akan membuat Anda mengalami keluhan yang sama.

Kepala gatal akibat tinea kapitis harus segera diatasi. Bila tidak, rasa gatal yang terjadi akan semakin bertambah parah, bahkan disertai dengan kerontokan rambut. Ini karena jamur tinea kapitis tak hanya berkembang di kulit kepala saja, namun dapat masuk hingga ke folikel rambut.

4. Kutu rambut

Infeksi kutu rambut atau pedikulosis kapitis disebabkan oleh kutu pediculus humanus capitis yang hidup secara parasit di rambut. Kutu rambut ini pandai bersembunyi di balik warna rambut, sehingga tidak terlihat secara kasat mata.

Kutu rambut hidup mengambil nutrisi dengan cara menghisap darah melalui gigitan di kulit kepala. Oleh karena itu, infeksi kutu rambut sering menyebabkan keluhan gatal di kepala.

5. Penumpukan produk rambut

Produk penataan rambut seperti hair spray, mousse, gel atau wax yang tidak digunakan secara bijak bisa menyebabkan terjadinya penumpukan senyawa kimia di kulit kepala Anda. Hal ini akan membuat rambut Anda tampak kusam, lepek dan dapat ikut menjadi penyebab kulit kepala terasa gatal.

Jika Anda adalah pemilik kulit kepala yang sensitif, penggunaan produk-produk tersebut dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan kerontokan rambut.

Kira-kira, mana yang jadi penyebab kulit kepala gatal yang Anda alami? Cara terbaik untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan mencari tahu penyebab utamanya. Jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter, apalagi jika Anda merasa sangat terganggu dengan keluhan yang satu ini.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar