Sukses

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Cara menghilangkan jerawat dapat dilakukan secara alami tanpa obat. Simak fakta medisnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak cara menghilangkan jerawat, namun hal tersebut biasanya identik dengan obat-obatan. Pada tahapan tertentu, zat kimia yang terkandung dalam obat tersebut bisa saja membahayakan kulit wajah Anda!

Berdasarkan penjelasan dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri C. Acne. Sejumlah cara menghilangkan jerawat akan terasa sulit bila Anda tak menyingkirkan rasa stres dan lelah terlebih dahulu.

Khususnya pada perempuan, haid juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat karena hormon yang tak menentu. Ketiga hal tersebut bisa diatasi dengan mengikuti cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa obat.

“Stres, lelah dan haid dapat memicu timbulnya jerawat. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan jerawat, salah satunya dengan menggunakan lemon,” kata dr. Tika.

Lemon, cara menghilangkan jerawat yang alami

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan lemon? Menurut dr. Tika, lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, lemon dapat bertindak sebagai exfoliant untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat.

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon adalah membilas air perasan buah yang satu ini di wajah. Anda dapat melakukannya saat hendak tidur serta sebelum beraktivitas di pagi hari.

Selain ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat, lemon juga dapat membuat wajah segar dan bersinar karena ampuh mengangkat sel kulit mati. Patut Anda coba mulai dari sekarang!

Meski begitu, Anda harus ingat bahwa lemon bukan satu-satunya cara menghilangkan jerawat secara alami. Masih ada masker teh yang bisa dipraktikkan kapan saja.

Masker teh, cara menghilangkan jerawat secara unik

Selain lemon, satu lagi cara menghilangkan jerawat secara alami adalah masker teh. Selain mudah dibuat, perawatan yang satu ini terbilang unik dan patut Anda coba. Metode ini dijelaskan secara rinci oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Komposisi masker teh sebagai cara menghilangkan jerawat yang unik. Dengan asumsi penggunaan teh berjenis green tea,  tahap awal adalah mencampurkan 1 sendok makan green tea dan 1 sendok makan baking soda.

Aduk kedua bahan hingga rata, lalu tambahkan madu hingga cukup kental. Oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin. Cara menghilangkan jerawat yang satu ini, mudah untuk Anda terapkan.

“Selain sebagai minuman menyehatkan, teh juga bisa menjadi bahan baku alami untuk masker wajah. Anda bisa mencoba membuat masker wajah sendiri sebagai cara menghilangkan jerawat,” ujar dr. There.

Penggunaan lemon dan masker teh adalah cara menghilangkan jerawat secara alami yang mampu Anda praktikkan. Tapi ingat, Anda mesti berobat ke dokter jika kondisi jerawat sudah parah. Tak lupa, terapkan pola hidup sehat sehari-hari.

Pola hidup sehat, cara menghilangkan jerawat paling ampuh

Sebagai penyeimbang cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon, hal lain turut diungkapkan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. Ya, Anda mesti melakukan pola hidup sehat sehari-hari sebagai berikut:

  • Cuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa
  • Diet rendah lemak dan karbohidrat
  • Hidup teratur, sehat, olahraga tiga kali per minggu minimal 30 menit
  • Hindari stres
  • Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak.
  • Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak seperti alkohol, makanan pedas, rokok
  • Hindari polusi udara
  • Hindari pemencetan jerawat karena dapat memperberat erupsi

Mudah, bukan mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih dari jerawat? Yuk, ikuti cara menghilangkan jerawat secara alami di atas dan dapatkan wajah yang lebih sehat mulai dari sekarang!

[RVS]

1 Komentar