Kulit

17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

dr. Muhammad Isman S, 21 Jul 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Cara menghilangkan jerawat dapat dilakukan secara alami tanpa obat. Simak fakta medisnya di bawah ini.

17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Jerawat adalah masalah kulit yang dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti perubahan hormon, stres, dan kelelahan. Pada wanita, jerawat juga bisa terjadi pada masa haid.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat. Namun, hal tersebut biasanya identik dengan obat-obatan. Pada tahapan tertentu, zat kimia yang terkandung dalam obat tersebut bisa saja membahayakan kulit wajah kamu!

Selain dengan obat-obatan, ada terapi alami yang bisa dilakukan untuk menangani jerawat. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu coba:

1. Perasan Lemon

Lemon adalah buah yang tinggi antioksidan yang berperan sebagai antibakteri. Selain itu, lemon juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah tersumbatnya pori-pori.

Untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami ini, caranya adalah dengan membilas air perasan buah lemon di wajah. Kamu dapat melakukannya saat hendak tidur serta sebelum beraktivitas di pagi hari.

2. Masker Teh

Komposisi masker teh sebagai cara menghilangkan jerawat cukup unik. Misalnya ketika kamu menggunakan teh berjenis green tea sebagai masker. Langkah awal untuk membuatnya adalah mencampurkan 1 sendok makan green tea dan 1 sendok makan baking soda.

Aduk kedua bahan hingga rata, lalu tambahkan madu hingga cukup kental. Oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin.

Artikel Lainnya: Daftar Obat Jerawat yang Ampuh dan Dijual Bebas

3. Cuka Apel

Cuka apel terbuat dari fermentasi sari apel. Seperti cuka-cuka lainnya, cuka apel memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan jamur. Selain itu, cuka apel mengandung asam sitrat yang diketahui dapat membunuh Propionibacterium acne.

Kandungan asam suksinat dalam cuka apel dapat menekan proses inflamasi sehingga dapat mencegah munculnya scar. Namun hati-hati, jika cuka apel dioleskan berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Masker Madu dan Kayu Manis

Bila kamu sedang mencari obat jerawat alami paling ampuh dan terbukti, kamu bisa mencoba masker madu dan kayu manis. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu dan kayu manis memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri P. acne.

Campurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok bubuk kayu manis hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah, setelah wajahmu dibersihkan. Lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelahnya, bilas wajah hingga bersih.

5. Ekstrak Witch Hazel

Ekstrak witch hazel atau hamamelis virginiana merupakan tanaman yang sering digunakan untuk perawatan kulit. Witch hazel bersifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

Campurkan 1 sendok ekstrak witch hazel dengan segelas air selama 30 menit. Setelah itu, panaskan hingga 10 menit dan simpan di dalam tempat tertutup. Oleskan di wajahmu 1 atau 2 kali sehari.

Artikel Lainnya: Amankah Mengobati Jerawat dengan Daun Sirsak?

6. Aloe Vera

Aloe vera merupakan tanaman tropis yang daunnya memproduksi gel. Gel tersebut digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti jerawat.

Cara menggunakan aloe vera untuk jerawat adalah dengan mengoleskan gel tersebut, 1-2 kali per hari di daerah wajah.

7. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati di wajah. Kamu bisa memilih melakukan eksfoliasi secara kimiawi ataupun mekanis. Tindakan ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

8. Diet Rendah Gula

Jika kamu mengonsumsi makanan dengan dengan indeks glikemik tinggi, produksi sebum kulit akan meningkat, sehingga meningkatkan risiko munculnya jerawat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah.

9. Jojoba Oil

Jojoba oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Minyak ini dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, seperti bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan minyak jojoba dengan gel, krim, atau minyak lainnya. Setelahnya, oleskan secara lembut ke wajah.

10. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan masakan yang sering dijadikan obat tradisional karena memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

kamu dapat meningkatkan konsumsi bawang putih atau dengan membeli bubuk bawang putih dan mencampurkannya ke dalam minuman hangat.

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

11. Ekstrak Bunga Rosemary

Ekstrak rosemary mengandung berbagai bahan kimia yang bersifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak bunga ini dapat menurunkan inflamasi dari bakteri penyebab jerawat.

12. Virgin Coconut Oil

Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami adalah dengan penggunaan virgin coconut oil. Minyak yang satu ini mengandung berbagai zat yang dapat berperan sebagai antiinflamasi dan antibakteri.

Konsumsi rutin virgin coconut oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, serta meredakan kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat.

13. Ekstrak Bunga Echinacea

Bunga echinacea, atau biasa dikenal dengan coneflower, merupakan tanaman yang memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan virus, termasuk bakteri P.acne.

Kamu bisa menggunakan krim yang mengandung ekstrak echinacea. Oleskan krim tersebut dengan lembut ke wajahmu untuk mencegah atau mengatasi jerawat.

14. Jangan Pernah Menyentuh Jerawat

Selain penggunaan berbagai bahan-bahan alami di atas, cara mengatasi jerawat secara alami berkaitan dengan menghindari kebiasaan yang tidak baik. Misalnya, kebiasaan menyentuh jerawat menggunakan tangan. Kebiasaan ini akan mengiritiasi kulit yang akan memperburuk kondisi jerawat kamu.

15. Tetap Terhidrasi

Menjaga hidrasi tubuh sangatlah penting bagi kesehatan, termasuk untuk jerawat. Jika kulit tidak terhidrasi bahkan kering, maka risiko kulit semakin mudah rusak dan mengalami iritasi akan meningkat. Pada akhirnya, kamu semakin berisiko mengalami jerawat.

16. Hindari Stres

Hal penting lainnya dalam pencegahan jerawat adalah hindari stres. Mengapa? Ini karena stres merupakan salah satu faktor risiko munculnya jerawat.

17. Rutin Berolahraga

Terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dapat mencegah munculnya jerawat. Olahraga menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar ke kulit sehingga menjaga nutrisi kulit tetap terjaga.

Mudah, bukan, mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih dari jerawat? Yuk, ikuti cara-cara menghilangkan jerawat secara alami di atas!

Jika kondisi jerawat kamu tak kunjung membaik dengan cara-cara tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai penanganan yang tepat.

Konsultasikan masalah kulitmu kepada dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

[WA]

kesehatan kulitJerawat

Konsultasi Dokter Terkait