Sukses

9 Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Memilih menu sahur yang tepat akan membuat Anda kenyang tahan lama. Apa saja yang perlu dikonsumsi?

Klikdokter.com, Jakarta Sahur menjadi waktu makan yang penting saat berpuasa. Apa yang Anda konsumsi akan memengaruhi energi tubuh sepanjang hari. Karena itu, pilihlah menu sahur yang tak hanya lezat tetapi juga bergizi seimbang sehingga Anda akan kenyang lebih lama.

Dilansir Buzzfeed, seorang ahli gizi Nour Zibdeh memberikan tips secara rinci mengenai pola makan saat sahur:

● Tak perlu makan banyak-banyak saat sahur

Anda tipe orang yang menganut paham makan sahur banyak-banyak, agar kenyang lebih lama? Jika ya, tampaknya ini harus diubah. Menurut Zibdeh, Anda sebenarnya tidak membutuhkan makanan sebanyak itu saat sahur.

“Tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak yang harus dikonsumsi, karena kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda. Namun, kebanyakan orang mungkin membutuhkan 500–600 kalori saat sahur,” katanya.

Lagi pula, tubuh Anda hanya dapat memproses makanan satu kali. Artinya, baik makan 400 atau 1.000 kalori saat sahur, perut tetap akan kosong setelah 6–8 jam dan tubuh pun akan kembali lapar.

● Hitung karbohidrat, protein, dan lemak

Idealnya, makanan di piring Anda harus mengandung 40–50% karbohidrat, 25–30% protein, dan 25–30% lemak. Karbohidrat merupakan sumber yang baik untuk energi tubuh Anda. Sementara itu, protein dan lemak akan membantu Anda kenyang lebih lama.

● Minum air putih yang cukup

Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda saat sahur. Asupan yang paling direkomendasikan adalah air putih, karena jus biasanya tinggi gula sehingga bukanlah pilihan terbaik. Sayur dan buah-buahan yang tinggi kandungan air—seperti semangka, mentimun, tomat, dan jeruk—juga bagus untuk hidrasi.

Lalu, apa saja makanan sahur yang bisa bikin Anda kenyang lebih lama? Dikutip dari berbagai sumber, berikut sembilan makanan sehat yang dapat Anda pilih untuk sahur nanti:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling bernutrisi dan sangat tinggi akan protein. Telur juga dapat menjadi pilihan yang tepat agar Anda kenyang lebih lama.

2. Alpukat

Buah ini memiliki lemak “baik” dan tinggi serat sehingga bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kenaikan gula darah. Manfaat lainnya adalah alpukat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Kacang almon

Selain enak, makanan ini tinggi vitamin E sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Berita baik lainnya, kacang almon bisa membuat perut kenyang tahan lama. Jika tidak ada kacang almon, Anda dapat memilih kacang-kacangan yang lain, seperti pistachio, mete, kacang tanah, dan sebagainya.

4. Greek yoghurt

Greek yoghurt memiliki probiotik dan protein yang akan membuat Anda kenyang setelah mengonsumsinya. Tak hanya itu, makanan ini juga rendah karbohidrat dan membantu menghalau rasa haus.

5. Salmon

Ikan merah jambu ini memang tiada duanya dari segi nutrisi. Protein, vitamin, dan mineral, semuanya lengkap ada di dalam salmon. Selain itu, salmon juga mengandung omega-3 yang bagus untuk fungsi otak. 

6. Quinoa

Quinoa terkenal sebagai superfood karena bebas gluten, tinggi protein, dan mengandung semua asam amino esensial. Anda dapat mengonsumsinya saat sahur karena makanan ini juga membuat kenyang lebih lama.

7. Oatmeal

Makan oatmeal juga dapat membantu Anda kenyang karena tinggi serat dan karbohidrat. Anda dapat mengonsumsinya baik saat sahur maupun iftar.

8. Kurma

Anda dapat makan satu atau dua kurma untuk menjaga kadar gula darah. Buah yang paling diincar saat bulan puasa ini juga mengandung tinggi serat sehingga membantu Anda untuk kenyang.

9. Nasi merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini tentu saja membuatnya lebih tahan lama di perut Anda.

Demikian sembilan menu sahur yang bisa Anda konsumsi selama berpuasa. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup saat sahur. Hal ini akan membantu Anda terhidrasi sehingga tubuh pun lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar