Sukses

Bayi Sehat Berkat Skin to Skin Contact

Skin to skin contact atau kontak kulit antara ibu dan bayi memiliki manfaat luar biasa untuk membuat bayi sehat. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi seorang ibu adalah anugerah yang terindah. Setelah melahirkan si Kecil, pastinya Anda akan melakukan berbagai upaya untuk membuatnya tumbuh menjadi bayi yang sehat. Skin to skin contact bisa menjadi salah satu cara yang Anda coba.

Manfaat skin to skin contact

Dilansir dari Babyologist, skin to skin contact adalah teknik menempelkan bayi dengan hanya mengenakan popok ke dada ibu atau ayah yang juga bertelanjang dada.

Biasanya, sebagian besar fasilitas kesehatan akan mengajarkan ibu untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) begitu bayi dilahirkan. Bayi akan dibaringkan di atas dada ibu dan dibiarkan mencari sendiri puting susu ibu. Di momen inilah untuk pertama kalinya ibu akan merasakan skin to skin contact.

Berbicara soal skin to skin contact, dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter menjelaskan berbagai manfaat dari teknik ini, bagi kesehatan dan kecerdasan bayi:

“Dengan melakukan skin to skin contact, hubungan antara ibu dan bayi pun menjadi lebih kuat. Selain itu, cara ini juga sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian dapat menstimulasi panca indra bayi, sehingga meningkatkan kecerdasannya juga,” paparnya.

Tak hanya itu, dr. Resthie pun menekankan bahwa teknik ini juga sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil  agar tak mudah sakit. Tubuh menjadi lebih hangat karena dekapan ibu. Selain itu, asupan ASI yang baik saat teknik ini dilakukan menjadi kunci optimalnya tumbuh kembang anak Anda.

“Dengan segala kebaikan dari skin to skin contact tersebut, perkembangan otak bayi juga dapat berjalan dengan optimal, sehingga si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas,” tambahnya.

Selain hal di atas, menurut Babyologist, skin to skin contact juga dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut:

  • Bayi menjadi lebih tenang dan berhenti menangis.
  • Menstabilkan detak jantung bayi.
  • Gula darah bayi setelah dilahirkan menjadi stabil.
  • Menenangkan ibu usai persalinan.
  • Pada bayi prematur, cara ini sangat berperan penting dalam menstabilkan suhu tubuh si Kecil.

Teknik skin to skin contact ini juga merupakan bagian dari teknik kanguru mother care, yakni terapi untuk bayi dengan berat badan rendah yang dinilai lebih baik daripada terapi dengan inkubator.

Tips saat mencoba teknik skin to skin contact

Jika ingin melakukan teknik skin to skin contact, dr. Resthie memberikan Anda beberapa saran untuk dilakukan agar usaha Anda tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal.

1. Ajak si Kecil berbicara

Lakukan dengan mengajak si Kecil berbicara. Anda juga bisa melakukannya sambil mendongeng atau menyanyikan lagu nursery rhymes.

2. Beri sentuhan

Anda boleh mengusap-usap tubuh si Kecil sembari melakukan kontak kulit dengannya. Biarkan ia menyentuh bagian-bagian di wajah Anda.

3. Kontak mata

Kontak mata dengan bayi Anda dapat digunakan sebagai komunikasi dan pendekatan antara Anda dan si Kecil.

4. Tutup bagian punggung si Kecil

Agar tidak kedinginan, tutup punggung bayi menggunakan kain dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun. Berikan juga penutup kepala dan pembungkus kaki untuk lebih menghangatkan tubuhnya.

Dengan berbagai manfaat dari skin to skin contact seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda dapat mencoba sendiri teknik ini di rumah. Bayi sehat, ibu pun pasti bahagia. Untuk membaca artikel bertema sejenis, klik di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar