Sukses

Benarkah Makanan Berfermentasi Bikin Gigi Aus?

Selain makanan yang terlalu panas, dingin, atau manis, makanan berfermentasi juga dianggap salah satu penyebab gigi aus. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pasti selalu berusaha untuk menjaga kesehatan gigi. Salah satu cara  yang dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang membuat gigi aus . Kabar yang beredar menyebutkan bahwa makanan berfermentasi dapat menyebabkan gigi aus.

Bahaya bakteri pada gigi dan mulut Anda

Masalah pada rongga mulut timbul dari adanya bakteri berbahaya pada mulut. Bakteri streptococcus mutan salah satu dari jenis bakteri yang  mempunyai dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Bakteri ini mampu mensintesa sisa makanan menjadi asam yang akan merusak email gigi.

Bukan hanya itu saja, masalah gingivitis, periodontitis, dan halitosis (bau mulut) juga dapat terjadi jika Anda tak merawat kesehatan gigi dan mulut. Kerusakan gigi dan penyakit gusi masih merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai di dunia.

Karena banyak yang takut terkena masalah gigi dan mulut tersebut, maka sebagian besar orang melakukan upaya agar terbebas dari bakteri dengan rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, menggosok lidah, dan menggunakan obat kumur.

Pengaruh asupan makanan terhadap kesehatan gigi dan mulut

Ada keyakinan bahwa kesehatan gigi yang baik dimulai dengan diet yang baik. Artinya, kesehatan gigi tergantung dari bagaimana Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Perlindungan utama pada gigi sendiri terletak pada bagian paling luar gigi, yaitu enamel gigi. Lapisan luar inilah yang melindungi bagian dalam gigi yang lebih sensitif. Meskipun enamel gigi adalah jaringan yang paling keras di dalam tubuh manusia, enamel tidak tahan terhadap kerusakan ketika terkikis oleh asam.

Perlu diingat apabila terjadi kerusakan pada enamel maka kerusakan ini bersifat irreversible atau tidak bisa dikembalikan secara alami, kecuali dirawat oleh dokter gigi.

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari sudah seharusnya mengandung zat gizi yang dianggap dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi, sebaiknya Anda lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Bagaimana dengan makanan berfermentasi?

Pada makan fermentasi ditemukan kandungan mineral seperti kalsium, fosfat, dan fluoride yang baik untuk gigi. Para peneliti dari University of Catalonia di Spanyol menemukan tujuh strain bakteri asam laktat yang berbeda dan ternyata bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan di sini, tapi sudah ada beberapa bukti dari produk yang telah difermentasi dan menjadi probiotik terbukti dapat membantu mengurangi plak dan mendorong kesehatan gigi.

Ada penelitian juga yang melihat bahwa  terjadinya penurunan kekerasan permukaan email gigi ketika mengonsumsi makanan fermentasi tidak signifikan karena makanan berfermentasi jelas memiliki kandungan baik seperti yang telah dipaparkan di atas.

Maka dari itu makanan hasil fermentasi dinilai memberikan dampak baik terhadap kesehatan seseorang. Berikut adalah kandungan mineral dalam makanan berfermentasi yang memiliki dampak baik pada gigi :

1. Kalsium

Hampir semua kalsium yang ditemukan di tubuh manusia disimpan di tulang dan gigi. Selain memperkuat kedua organ tersebut, kalsium juga penting untuk pembuluh darah, otot, dan cairan tubuh. Kalsium berfungsi membantu pembuluh darah dan otot agar dapat berfungsi dengan baik.

2. Fosfat

Fosfat merupakan salah satu unsur penyusun gigi.  Ion tersebut diperlukan untuk membantu proses remineralisasi pada hidroksiapatit, yakni mineral utama dari enamel gigi.

3. Fluoride

Fluoride membantu mengeraskan enamel gigi dan akan bekerja selama proses demineralisasi serta remineralisasi yang secara alami terjadi di mulut. Selain itu, fluoride juga membantu memperkuat struktur gigi.

Jadi pada dasarnya makanan yang difermentasi tidak menyebabkan gigi aus. Namun  jika makanan ini tertinggal pada gigi dalam waktu yang lama, maka ph pada mulut akan turun menjadi asam. Akibatnya sisa makanan ini dapat mengkikis gigi.

Tak hanya itu, biasanya gula juga ikut terkandung pada makanan fermentasi. Hal inilah yang sangat berbahaya ketika bakteri jahat kembali bekerja yang pada akhirnya juga berisiko mengikis gigi.

Makanan adalah sumber asupan gizi secara internal yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, termasuk makanan berfermentasi. Agar terhindar dari masalah gigi aus, sangat penting untuk menjaga asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh Anda. Jadi, konsumsilah hanya makanan bergizi dan rawatlah gigi dan mulut Anda dengan baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar