Sukses

Melania Trump Jalani Operasi Gangguan Fungsi Ginjal

Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump, dikabarkan menjalani operasi gangguan fungsi ginjal. Simak informasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Melania Trump, ibu negara yang merupakan istri dari Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump, dikabarkan menjalani operasi akibat gangguan fungsi ginjal. Berdasarkan pernyataan resmi dari Gedung Putih yang dirilis Senin, 14 Mei kemarin, sekelompok ahli bedah telah melakukan prosedur embolisasi pada Melania di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Dilansir dari Liputan6.com, juru bicara resmi sang ibu negara mengatakan bahwa operasi telah berhasil dilakukan. Tidak ada komplikasi lain yang mengganggu keberlangsungannya. Dan saat ini Melania sedang menjalani proses pemulihan.

Sang suami, Presiden Donald Trump, turut memberikan respons atas keberlangsungan operasi yang dijalani istrinya. Belum lama ini, Trump mengunggah cuitan di media sosial Twitter kalau dirinya tengah dalam perjalanan untuk segera menemui sang istri.

Belum diketahui secara pasti terkait gangguan fungsi ginjal yang dialami Melania. Terlepas dari hal itu, tindakan embolisasi dilakukan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan ini.

Gangguan fungsi ginjal dan embolisasi

Berdasarkan penjelasan dr. Rio Aditya dari KlikDokter, ada banyak sekali rentang gangguan kesehatan pada ginjal. Hal itu dimulai dari infeksi, batu ginjal, gagal ginjal, dan sebagainya.

Meski begitu, gangguan fungsi ginjal dapat terlihat secara spesifik terutama berdasarkan tanda dan gejala tertentu. Berikut ini adalah penjelasan dr. Rio terkait ciri gangguan fungsi ginjal.

“Gejala fungsi ginjal terganggu biasanya adalah berkurangnya frekuensi berkemih, jumlah air kencing berkurang. Namun, hal tersebut terjadi bila kerusakan ginjal sudah sangat parah. Gangguan fungsi ginjal pada tahap awal biasanya tidak memberikan keluhan apa-apa,” kata dr. Rio.

Lebih lanjut, dr. Rio menyarankan, untuk mengetahui fungsi ginjal Anda, sebaiknya periksa ke laboratorium. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menilai fungsi ginjal seperti ureum, creatinine, dan urinalisis.

Lantas, apa kaitannya dengan embolisasi? Ya, adapun mengenai tindakan embolisasi, banyak ahli kesehatan yang menggunakannya sebagai penghambat suplai darah ke tumor atau kanker.

Kabar lainnya menyebut bahwa Melania mengidap tumor jinak di ginjal. Upaya embolisasi dilakukan untuk intervensi asupan menuju tumor tersebut.

Dengan kata lain, tindak embolisasi yang diterapkan pada Melania bertujuan agar sel tumor tidak tumbuh dan dapat dihentikan.

Dilansir dari CNN, Elizabeth Kavaler yang merupakan ahli urologi di Lenox Hill Hospital, New York, menyebut kalau Melania mungkin memiliki tumor jinak umum yang disebut Angiomyolipoma, atau AML.

"Mereka lebih umum terjadi pada wanita. Mereka bisa tumbuh tetapi mereka tidak bersifat kanker," kata Kavaler.

Lebih lanjut, Leef mengatakan bahwa salah satu tanda seseorang mengalami AML adalah ada sedikit darah di urin, atau mungkin rasa sakit. Dia menambahkan biasanya usai prosedur operasi, pasien akan menginap untuk beberapa hari.

"Efek samping yang paling umum adalah rasa sakit. Sering, pasien membutuhkan obat penangkal rasa sakit yang hanya dapat diberikan di rumah sakit," tutur Kavaler.

Menjaga kesehatan ginjal

Sejumlah cara mesti Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Ya, organ tubuh yang satu ini jelas memiliki fungsi penting sebagai penyaring darah.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Rio di atas, berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal Anda:

  • Kendalikan kadar gula darah dengan konsumsi makanan yang tepat.
  • Cegah hipertensi dengan menjaga konsumsi makanan serta menjauhkan diri dari pola hidup yang berantakan.
  • Jauhi obat atau makanan atau minuman yang bersifat “meracuni” ginjal. Menjaga apa yang kita makan sangat penting dalam membantu kerja ginjal supaya tetap bekerja optimal. Minuman bersoda, alkohol, dan juga beberapa minuman berenergi yang tinggi kalori, dapat memengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang.

Minum yang cukup. Mengkonsumsi air minum sesuai rekomendasi, yaitu 8 gelas sehari akan membantu meringankan fungsi ginjal dan juga mencegah terjadinya penumpukan mineral yang dapat berakibat pada terjadinya batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Setelah berhasil menjalani operasi gangguan fungsi ginjal dialaminya, kini Melania Trump tengah dalam proses perawatan untuk pemulihan kondisinya. Ibu Negara Amerika Serikat ini akan melewati masa pemulihan selama seminggu ke depan, di salah satu fasilitas medis negara di Kota Bethesda, negara bagian Maryland.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar