Sukses

Kenali Penyakit Jantung yang Merenggut Nyawa Gogon Srimulat

Indonesia kehilangan seniman pelawak yang dikenal sebagai Gogon Srimulat, pagi ini . Gogon diduga meninggal akibat penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Seniman pelawak Margono atau yang dikenal dengan sebutan Gogon Srimulat, mengembuskan napas terakhir pagi tadi Selasa (15/5) di Rumah Sakit Kota Bumi Lampung. Gogon memang telah diketahui memiliki penyakit jantung sejak lama.

Keluhan sesak napas pun juga telah lama ia keluhkan. Sayangnya, Gogon Srimulat enggan melakukan kontrol rutin ke dokter, hingga akhirnya ia mengembuskan napas terakhirnya pagi hari ini.

Sekilas tentang penyakit jantung

Penyakit jantung adalah istilah umum yang sering digunakan untuk semua kelainan pada jantung, baik kongenital (penyakit jantung bawaan) atau pun yang non kongenital.

Ada banyak sekali jenis penyakit jantung, dan yang sering diderita adalah:

  1. Penyakit jantung koroner, yaitu penyakit jantung yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah di jantung.
  2. Penyakit jantung bawaan, merupakan masalah jantung yang ditemukan sejak bayi. Permasalahan yang paling sering terjadi adalah kebocoran katup jantung.
  3. Aritmia, yaitu gangguan irama jantung yang menyebabkan denyut jantung tidak normal.
  4. Gagal jantung, yaitu kegagalan otot jantung untuk memompakan darah secara memadai ke seluruh tubuh.
  5. Infeksi jantung (endocarditis), yaitu infeksi pada lapisan dalam jantung.

Penyebab seseorang terkena penyakit jantung

Terdapat berbagai macam penyebab penyakit jantung tergantung jenis penyakit jantung mana yang Anda alami.

  • Pada penyakit jantung koroner, biasanya penderita mempunyai penyakit lain sebelumnya, seperti kadar kolesterol tinggi dalam darah, tekanan darah tinggi ataupun karena kadar gula darah yang tinggi. Semuanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak, obesitas, tidak pernah olahraga atau aktivitas fisik, dan sering terpapar asap rokok.
  • Pada penyakit jantung bawaan, penyebab pastinya tidak diketahui. Namun terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan bayi lebih rentan mengalami masalah ini. Beberapa di antaranya adalah ibu terinfeksi rubella saat hamil , ibu mengonsumsi obat tertentu saat hamil atau adanya kelainan gen.
  • Aritmia, sering disebabkan oleh kelainan bawaan, yaitu adanya otot jantung yang mati karena penyakit jantung koroner, konsumsi alkohol,atau kafein yang berlebihan, stres, atau bisa juga karena efek samping obat tertentu.
  • Gagal jantung juga umumnya disebabkan karena penyakit jantung koroner yang telah dimiliki sebelumnya. Atau bisa juga karena infeksi, atau kelainan katup jantung. Namun yang paling sering menjadi penyebab adalah infeksi bakteri.

Kenali gejala yang muncul

Gejala yang timbul juga bermacam-macam. Tapi ada beberapa gejala yang sering timbul. Pada penyakit jantung koroner yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri dada yang tidak menghilang meskipun sudah beristirahat.

Lalu ada sesak napas seperti yang dialami oleh Gogon Srimulat. Sesak napas ini biasanya tidak wajar. Biasanya sesak napas langsung terasa, meski hanya bergerak sedikit, dan keluhan sesak napas tersebut akan berkurang setelah istirahat.

Upaya pencegahan

Penyakit jantung sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Meski demikian, penyakit ini dapat dicegah dengan beberapa cara:

  1. Makan makanan tinggi serat dan rendah lemak. Makanan bergizi seimbang akan menjauhkan Anda daripenyakit jantung yang dapat merenggut nyawa.
  2. Olahraga teratur. American Heart Association (AHA) menyarankan melakukian olahraga minimal 4 kali dalam seminggu selama 30 menit.
  3. Hindari rokok.
  4. Pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol secara berkala.

Jadi, jika memang Anda berisiko memiliki penyakit jantung seperti yang diderita oleh almarhum Gogon Srimulat, jangan lupa untuk rutin periksakan kondisi kesehatan ke dokter agar terhindar dari berbagai macam dampak penyakit jantung.

[NP/ RVS]

2 Komentar