Sukses

6 Alasan Anda Perlu Periksa Gigi Setiap 6 Bulan

Setiap orang dianjurkan untuk periksa gigi setiap 6 bulan sekali. Ingin tahu apa alasannya? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Periksa gigi setiap 6 bulan merupakan saran yang mungkin sering Anda dengar. Pertanyaannya, kenapa sih setiap orang dianjurkan untuk melakukan tindakan tersebut?

Ini dia 6 alasan mengapa Anda perlu periksa gigi setiap 6 bulan sekali:

1. Mencegah gigi ompong

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa 47% orang dewasa di atas 30 tahun mulai mengalami penyakit periodontal. Dengan bertambahnya usia, maka 70% orang dewasa di atas 65 tahun akan mengalami penyakit tersebut.

Dengan melakukan periksa gigi setiap 6 bulan sekali, risiko terjadinya penyakit periodontal bisa diturunkan. Ini berarti, Anda juga akan terhindar dari kejadian gigi ompong.

2. Menjaga gigi agar selalu putih dan bersih

Saat periksa gigi, dokter pasti akan melakukan pembersihan karang gigi maupun noda kuning di gigi (stain). Hal ini akan membuat tampilan gigi Anda terlihat lebih putih, bersih dan bercahaya.

3. Mencegah serangan jantung pada wanita

Penelitian di University of California, Berkeley mengatakan bahwa sebanyak 33% wanita mengalami penurunan risiko serangan jantung hanya karena mereka periksa gigi secara rutin.

4. Menurunkan risiko kanker

Risiko terberat dari penyakit gigi dan mulut adalah kanker. Risiko terjadinya hal itu bisa turunkan jika Anda melakukan periksa gigi secara rutin. Ini karena saat pemeriksaan, dokter akan memperhatikan setiap tanda dan gejala yang mengarah pada kanker mulut. Jika ditemukan, tindakan penanganan dapat segera dilakukan, sebelum kanker menjadi semakin ganas.

5. Terhindar dari bau mulut

Periksa gigi secara rutin merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya bau mulut. Ini karena proses pembersihan rongga mulut dengan saksama oleh tenaga ahli dapat benar-benar memberantas setiap kuman atau bakteri penyebab bau mulut.

6. Tidur lebih nyenyak

Menggertakkan gigi saat tidur (bruxism) merupakan gangguan yang dapat menyebabkan henti napas dalam waktu yang singkat. Gangguan tidur ini bisa berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi alias hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

Akan tetapi, risiko tersebut bisa ditekan sekecil-kecilnya jika penderita rutin periksa gigi ke dokter. Bahkan, dengan melakukan pemeriksaan, penderita juga bisa mendapatkan pelindung gigi untuk membantu mengurangi keparahan keluhan.

Apakah Anda tertarik dengan sederet manfaat di atas? Jika ya, pastikan Anda periksa gigi setiap 6 bulan sekali. Saat melakukannya, Anda dapat meminta dokter yang memeriksa untuk menerapkan prosedur pemeriksaan gigi dan rongga mulut selengkap-lengkapnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa gigi dan mulut Anda benar-benar bersih dan bebas kuman sepulang dari periksa. Anda ingin tampilan yang sempurna dengan senyum lebar dan memesona, bukan?

[NB/ RVS]

2 Komentar