Sukses

Tips Mudah Mengatasi Sakit Perut

Beberapa jenis sakit perut dapat mudah diatasi sesuai penyebabnya. Sakit perut seperti apa dan bagimana cara mengatasinya? Cek di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit perut merupakan salah satu keluhan yang umum dirasakan hampir semua orang. Kondisi ini merupakan rasa ketidaknyamanan di perut, yang diakibatkan beragam gejala yang menyertainya. Keluhan sakit perut bisa disebabkan karena gangguan organ di dalam perut maupun bukan di perut. Jika mengalami sakit perut, apa ada cara mudah mengatasinya?

Sakit perut bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari terlalu banyak makan pedas hingga yang lebih fatal, seperti kanker usus besar. Jika sakitnya tidak tertahankan, maka ada baiknya Anda mencari pertolongan medis agar dapat diketahui penyebab dan ditangani sesuai penyebabnya.

Selain disebabkan oleh penyakit serius, sakit perut bisa merupakan tanda gangguan kesehatan yang tidak serius, yang penanganannya dapat dilakukan sendiri. Namun, cara mengatasi sakit perut ini tergantung dari gejala dan penyebab rasa sakit yang Anda rasakan.

Dilansir dari laman Prevention, berikut ini adalah cara mengenali sakit perut berdasarkan penyebabnya sekaligus cara mengatasinya.

1. Sakit perut akibat stres

Sakit perut yang satu ini biasanya terjadi ketika Anda berada di bawah tekanan atau stres, misalnya pada saat kencan pertama, wawancara kerja, atau menghadapi presentasi penting di kantor. Vijaya Rao, seorang gastroenterolog dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, menyatakan bahwa hal ini adalah wajar.

“Ketika Anda sedang stres, saraf di saluran pencernaan menjadi hipersensitif, dan kondisi ini menyebabkan perasaan kram hingga mual. Cara terbaik mengatasi sakit perut karena stres adalah bersantai, jalan kaki, berbicara dengan teman, atau menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya secara perlahan layaknya meditasi.

2. Sakit perut akibat kram

Jika Anda mengalami ini, Vijaya menganjurkan Anda untuk minum teh yang mengandung mint yang dapat melemaskan usus dan membantu menghentikan kram. Untuk membuat secangkir teh daun mint, cara sangat mudah, yaitu dengan menggunakan kantong teh atau menambahkan daun mint segar ke air panas.

Selain itu, cara lainnya adalah menggunakan bantal pemanas atau handuk bilasan air hangat yang ditempelkan di perut. Lakukan ini selama kurang lebih 20 menit untuk meningkatkan aliran darah ke perut. Ini dapat membantu mengendurkan otot-otot penyebab kram.

Cara lainnya adalah menggunakan bantal pemanas atau handuk bilasan air hangat yang ditempelkan pada perut. Lakukan ini selama sekitar 20 menit untuk meningkatkan aliran darah ke perut, agar dapat membantu mengendurkan otot-otot penyebab kram. Baik minum teh daun mint atau menghangat perut juga dapat membantu meredakan konstipasi.

3. Sakit perut akibat diare

Diare biasanya disebabkan oleh patogen yang perlu keluar dari tubuh Anda. Vijaya mengatakan bahwa minum banyak cairan dapat membantu mengatasi hal ini. Selain minum banyak air, Anda juga dapat memperoleh kebaikan dari cairan gula dan garam (kerap disebut oralit) untuk membantu tubuh dalam menggantikan glukosa dan mineral yang hilang. Caranya sangat mudah, tinggal campurkan 1 sendok teh gula dan sedikit garam ke dalam gelas berisi air.

4. Sakit perut akibat mual

Sakit perut karena mual? Cobalah jahe. Ya, tumbuhan yang satu ini telah teruji oleh penelitian dan diyakini dapat mengatasi mual. Anda dapat mendapatkan asupan jahe dari makanan seperti permen jahe, kue jahe, atau kapsul jahe. Vijaya menyarankan untuk mengunyah potongan jahe sebentar atau Anda dapat memasukkannya ke dalam air panas untuk dijadikan teh.

Selain mengatasi sakit perut berdasarkan penyebabnya seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat memastikan penyebab sakit perut dengan berkonsultasi ke dokter. Dikatakan oleh dr. Ellen Theodora dari KlikDokter, pemeriksaan lebih lanjut penting demi menemukan penyebab sakit perut, apalagi sakit perut yang tak kunjung mereda.

“Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinkannya. Selain itu, untuk mencari penyebab pasti, disarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium baik darah maupun analisis urine atau kotoran,” katanya.

Beberapa jenis sakit perut memang dapat diatasi dengan mudah. Namun, jika sakit perut tak kunjung sembuh, hilang timbul, atau bahkan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah adanya komplikasi, atau untuk mengetahui apakah penyebabnya.

[RN/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar