Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Diet Vegetarian, Benarkah Bisa Mengatasi Hipertensi?

Manfaat Diet Vegetarian, Benarkah Bisa Mengatasi Hipertensi?

Karena hanya mengonsumsi sayuran, diet vegetarian dianggap dapat membantu mengatasi hipertensi. Apakah medis setuju dengan anggapan ini?

Diet vegetarian adalah pola makan yang tidak mengonsumsi daging, ikan, dan unggas. Manfaat diet vegetarian memang telah dibuktikan beberapa penelitian, misalnya membuat seseorang mendapatkan lebih banyak zat gizi penting, seperti serat, vitamin C, vitamin E, dan magnesium.

Manfaat diet vegetarian lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Pola makan ini membantu menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung untuk membantu menjaga jantung tetap sehat dan kuat.

Menurut penelitian, 76 partisipan yang mencoba metode diet vegetarian mengalami penurunan trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL), yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Tak berhenti di situ, diet vegetarian juga dapat bermanfaat bagi penderita hipertensi. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Para Vegetarian Berisiko Tinggi Mengalami Patah Tulang

Manfaat Diet Vegetarian untuk Hipertensi 

Penyakit hipertensi bisa memberikan berbagai komplikasi bagi kesehatan, mulai dari stroke, serangan jantung, hingga gagal ginjal. Untuk mencegah hal ini, diet vegetarian bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Terdapat sebuah ulasan yang mempelajari 39 penelitian mengenai efek positif pola makan vegetarian terhadap tekanan darah.

Kesimpulannya, diet vegetarian berhubungan dengan penurunan tekanan darah sebesar -6,9 mmHg untuk tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) dan -4,7 mmHg untuk tekanan darah diastolik (tekanan darah bawah).

Ada pula penelitian lain yang mengatakan, pelaku diet vegetarian memiliki tekanan darah dua kali lebih rendah dibanding mereka yang makan daging. 

Karena, diet vegetarian turut mengurangi jumlah sodium dan lemak jenuh yang masuk ke tubuh, sehingga kerja jantung juga lebih ringan.

Mengonsumsi banyak sumber serat pangan dari sayuran dan buah serta sumber makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh juga membantu menjaga berat badan tetap terkontrol dan terhindar dari obesitas. Obesitas juga berpengaruh pada tekanan darah seseorang.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Diet Vegetarian untuk Kesehatan

Cara Diet Vegetarian untuk Pasien Hipertensi

Bagi Anda penderita hipertensi, mungkin bisa mencoba melakukan diet vegetarian dalam mengontrol tekanan darah. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah antara lain:

1. Selalu Catat Apa yang Anda Makan

Sering kali orang tidak menyadari apa yang dikonsumsi sepanjang hari. Padahal, tanpa disadari Anda mungkin memasukkan banyak kalori dalam sekali makan. Alhasil, berat badan tak terkontrol dan tekanan darah pun ikut naik.

Sebaiknya, catat apa yang Anda makan setiap hari, termasuk seberapa banyak porsi yang dimakan. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan berapa banyak kalori yang masuk. 

2. Pilih Makanan Tinggi Serat

Tak hanya dari buah dan sayur, Anda bisa mendapatkan serat dari sumber makanan lain misalnya gandum, beras merah, beras cokelat, dan kacang-kacangan. 

Pastikan Anda makan buah dan sayur cukup setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat. 

Coba konsumsi setidaknya 580 gram sayuran dan buah setiap harinya. Anda bisa mengolahnya menjadi smoothies maupun salad.

3. Konsumsi Sumber Karbohidrat 

Anda juga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat untuk menyeimbangkan diet vegetarian. Tak hanya gandum dan beras, bisa kombinasikan dengan karbohidrat lain seperti kentang, sereal, maupun pasta. 

Tak hanya sebagai sumber energi, makanan berkarbohidrat juga mengandung serat, sumber zat besi, kalsium, dan vitamim B yang dibutuhkan tubuh.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Diet Vegetarian yang Perlu Anda Tahu

4. Memilih Lemak Baik

Lemak baik tetap dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, Anda bisa memilih lemak baik dari alpukat, minyak zaitun, maupun minyak kanola. 

Minyak zaitun atau minyak kanola bisa dicampur secukupnya di dalam salad atau digunakan untuk memasak makanan. 

5. Cari Alternatif Produk Susu Sapi

Untuk mendapatkan asupan kalsium, biasanya konsumsi susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt jadi pilihan. Namun, bagi penganut diet vegetarian, cari alternatif lainnya untuk mencukupi kebutuhan protein dan kalsium. 

Misalnya, konsumsi susu kacang kedelai, susu almond, atau susu gandum yang sudah terfortifikasi untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Agar lebih sehat, Anda bisa memilih produk susu yang rendah gula atau tanpa gula. 

6. Perhatikan Penggunaan Garam

Agar diet vegetarian berhasil, usahakan tidak terlalu banyak menambahkan garam di dalam makanan. Bagi penderita hipertensi, Anda disarankan tidak mengonsumsi garam lebih dari 1.500 mg setiap harinya. 

Cukupkah Hanya Melakukan Diet Vegetarian?

Salah satu manfaat diet vegetarian memang membantu menurunkan tekanan darah. Namun, diet vegetarian saja tidaklah cukup. 

Diperlukan juga penerapan gaya hidup sehat lainnya untuk membantu mengontrol hipertensi di luar konsumsi obat dan perhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Lantas, seperti apa gaya hidup sehat yang dimaksud?

  1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Meningkatkan aktivitas fisik akan membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengurangi stres, serta memperkuat kerja jantung dan pembuluh darah.

Agar lebih optimal dalam mengatasi hipertensi, pelaku diet vegetarian disarankan melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan gangguan pada kerja jantung. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi semakin tidak terkendali.

Selain menerapkan diet vegetarian, Anda juga perlu menghindari rokok dan alkohol jika ingin menurunkan tekanan darah ke rentang normal.

Artikel Lainnya: Bolehkah Lansia Menjalani Pola Makan Vegetarian?

  1. Kelola Stres dengan Baik

Gaya hidup sehat lainnya yang juga penting untuk menurunkan tekanan darah adalah mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres dapat mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan.

Apabila terjadi berkelanjutan, stres dapat mengganggu fungsi jantung dan meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres agar tidak terus-menerus terjadi misalnya dengan melakukan hobi, bermeditasi, atau rekreasi.

Diet vegetarian memang terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mengendalikan penyakit hipertensi agar tidak berujung pada komplikasi. 

Meski demikian, khasiat diet vegetarian tidak akan bisa sepenuhnya Anda rasakan tanpa menerapkan gaya hidup sehat. Jika ingin kesehatan lebih terjaga, kombinasikan diet vegetarian dengan penerapan gaya hidup sehat!

Bila Anda mengidap hipertensi dan ingin mencoba diet vegetarian, disarankan konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/NM)

Referensi:

  • National Health Service, UK. Diakses 2022. The vegetarian diet.
  • Everyday Health. Diakses 2022. Research Shows That Plant-Based Diets Lower Blood Pressure.
  • WebMD. Diakses 2022. High Blood Pressure Diet.

0 Komentar

Belum ada komentar