Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Diet Vegetarian, Benarkah Bisa Mengatasi Hipertensi?

Manfaat Diet Vegetarian, Benarkah Bisa Mengatasi Hipertensi?

Karena hanya mengonsumsi sayuran, diet vegetarian dianggap dapat membantu mengatasi hipertensi. Apakah medis setuju dengan anggapan ini?

Diet vegetarian semakin populer dilakukan. Banyak yang menjalani pola makan ini karena berbagai alasan, salah satunya manfaat diet vegetarian untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apakah Anda salah satu orang yang menerapkan metode diet vegetarian? Jika ya, banyak yang bilang bahwa Anda juga akan memiliki kesehatan jantung yang lebih terjaga.

Bahkan, beberapa orang juga menduga bahwa metode diet vegetarian dapat membantu mengatasi hipertensi, lho!

 

1 dari 4 halaman

Seputar Diet Vegetarian

Diet vegetarian adalah pola makan yang tidak mengonsumsi daging, ikan, dan unggas. Tidak dimungkiri, manfaat diet vegetarian memang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Ini karena pola makan tersebut membuat seseorang mendapatkan lebih banyak zat gizi penting, seperti serat, vitamin C, vitamin E, dan magnesium.

Berangkat dari alasan tersebut, satu ulasan dari 12 penelitian mengatakan bahwa para vegetarian berhasil menurunkan berat badan sebesar 2 kilogram selama 18 minggu dibandingkan dengan yang tidak vegetarian.

Penelitian yang lain pun mendapatkan hasil yang serupa. Penelitian yang melibatkan 74 orang dengan diabetes melitus tipe 2 ini menyimpulkan bahwa diet vegetarian dua kali lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet rendah kalori.

Tak berhenti di situ, manfaat diet vegetarian yang lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Pola makan ini membantu menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung untuk membantu menjaga jantung Anda tetap sehat dan kuat.

Sebuah penelitian dengan 76 partisipan yang mencoba metode diet vegetarian mengalami penurunan trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL), yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Untuk penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, ternyata menjalani diet vegetarian juga memberikan manfaat yang besar.

Artikel Lainnya: Bisakah Diet Vegetarian Cegah Stroke?

2 dari 4 halaman

Bagaimana Diet Vegetarian Mampu Mengatasi Hipertensi?

Terdapat sebuah ulasan yang mempelajari 39 penelitian mengenai efek positif pola makan vegetarian terhadap tekanan darah.

Pada kesimpulan disebutkan bahwa diet vegetarian berhubungan dengan penurunan tekanan darah sebesar -6,9 mmHg untuk tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) dan -4,7 mmHg untuk tekanan darah diastolik (tekanan darah bawah).

Tak berhenti di situ, terdapat pula penelitian lain yang mengatakan bahwa pelaku diet vegetarian memiliki tekanan darah 2 kali lebih rendah daripada mereka yang makan daging.

Hal ini karena diet vegetarian turut mengurangi jumlah sodium dan lemak jenuh yang masuk ke tubuh, sehingga kerja jantung juga lebih ringan.

Artikel Lainnya: Vegetarian dan Vegan, Apa Bedanya?

3 dari 4 halaman

Cukupkah Hanya dengan Melakukan Diet Vegetarian?

Salah satu manfaat diet vegetarian adalah membantu menurunkan tekanan darah. Namun, hanya melakukan diet vegetarian saja tidaklah cukup.

Diperlukan penerapan gaya hidup sehat lainnya untuk membantu mengatasi hipertensi. Lantas, seperti gaya hidup sehat yang dimaksud?

  • Meningkatkan Aktivitas Fisik

Meningkatkan aktivitas fisik akan membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengurangi stres, dan memperkuat kerja jantung dan pembuluh darah.

Dengan kata lain, agar lebih optimal dalam mengatasi hipertensi, pelaku diet vegetarian disarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit, seanyak 5 kali dalam seminggu.

  • Mengurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam juga diperlukan untuk membantu mengatasi hipertensi. Jumlah garam yang disarankan untuk dikonsumsi per hari adalah sekitar 1500-2300 miligram.

Cara terbaik untuk mengurangi garam adalah dengan memasak makanan segar sendiri dan menghindari membeli makanan dari luar atau mengonsumsi makanan kemasan.

Artikel Lainnya: Mengenal Seitan, Daging bagi Para Vegetarian

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan gangguan pada kerja jantung. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi semakin tidak terkendali.

Oleh karena itu, selain menerapkan diet vegetarian, Anda juga perlu menghindari rokok dan alkohol jika ingin menurunkan tekanan darah ke rentang normal.

  • Kelola Stres dengan Baik

Gaya hidup sehat lainnya yang juga penting untuk menurunkan tekanan darah adalah mengelola stres dengan baik. Seperti diketahui, stres dapat mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan.

Apabila terjadi berkelanjutan, stres dapat mengganggu fungsi jantung dan meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres agar tidak terus-menerus terjadi, misalnya dengan melakukan hobi yang disenangi, bermeditasi, atau rekreasi.

Diet vegetarian memang terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mengendalikan penyakit hipertensi agar tidak berujung pada komplikasi.

Meski demikian, khasiat diet vegetarian tidak akan bisa sepenuhnya Anda rasakan tanpa menerapkan gaya hidup sehat. Artinya, jika ingin kesehatan yang lebih terjaga, Anda mesti mengombinasikan diet vegetarian dengan penerapan gaya hidup sehat.

Jika memang Anda tertarik untuk menerapkan diet vegetarian, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Tindakan ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian diet vegetarian dengan kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar