Sukses

Diet Vegetarian Bisa Atasi Penyakit Hipertensi?

Salah satu cara yang diyakini dapat membantu mengatasi penyakit hipertensi atau darah tinggi adalah diet vegetarian. Apa kata medis?

Klikdokter.com, Jakarta Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan di masyarakat Indonesia. Penyakit ini tergolong berbahaya, karena turut meningkatkan risiko penderita untuk berakhir pada kondisi stroke, penyakit jantung atau kematian seketika.

Hal itu membuat banyak orang berupaya untuk segera terbebas dari kondisi hipertensi. Salah satu tindakan yang dianggap memberikan dampak positif terhadap penyakit ini adalah diet tinggi sayur dan buah alias vegetarian. Namun, apakah terbukti?

Mengenal hipertensi

Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg. Berdasarkan data JNC VIII, kondisi ini terbagi menjadi beberapa tingkat.

  • Prehipertensi: tekanan darah 121-139 mmHg
  • Hipertensi tingkat 1: tekanan darah 140-159 mmHg
  • Hipertensi tingkat 2: tekanan darah 160-179
  • Hipertensi tingkat 3: tekanan darah berada di angka 180 mmHg

Orang dengan tekanan darah lebih dari 180 mmHg berada pada kondisi berbahaya. Kondisi yang terjadi dapat menganggu fungsi organ-organ lain di dalam tubuhnya. Adapun beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat hipertensi, di antaranya:

  • Perdarahan otak dan pembuluh darah tersumbat
  • Penyakit jantung koroner hingga gagal jantung
  • Gagal ginjal
  • Perdarahan mata hingga kebutaan.

Diet vegetarian vs hipertensi

Diet vegetarian mengharuskan pelakunya mengonsumsi buah dan sayur sepanjang waktu. Menurut sebuah penelitian, konsumsi pola makan yang tinggi buah dan sayur dapat membantu mengurangi komplikasi akibat hipertensi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Tak berhenti di situ, penelitian juga mengatakan bahwa vegetarian memiliki tekanan darah 2 kali lebih rendah daripada mereka yang makan daging. Ini karena diet vegetarian turut mengurangi jumlah sodium dan lemak jenuh yang masuk ke tubuh, sehingga kerja jantung juga lebih ringan. Diet vegetarian pun dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah kolesterol tinggi dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Apakah Anda tertarik dengan manfaat tersebut? Jika ya, Anda dapat mencoba menerapkan diet vegetarian mulai saat ini. Caranya: pastikan menu yang Anda konsumsi terdiri dari sajian bergizi seimbang, yang tersusun dari sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan atau gandum, produk susu rendah lemak, ikan dan telur.

Selain itu, pastikan pula diet vegetarian yang Anda lakukan disandingkan dengan penerapan gaya hidup sehat. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur, istirahat cukup serta menghindari rokok maupun alkohol.

Kesimpulannya, diet vegetarian memang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi. Namun, pola makan tinggi sayur dan buah ini tidak benar-benar dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Karena sejatinya, hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi tetap yang dapat dikendalikan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar