Sukses

Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Ini tips pertolongan pertama saat Anda disengat kalajengking. Cegah bahayanya dengan mengikuti petunjuk berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Ketika disengat kalajengking, Anda harus segera mendapatkan penanganan secara serius. Pasalnya, binatang yang satu ini memiliki racun berbahaya. Racun kalajengking berdampak buruk bagi tubuh jika Anda disengat secara langsung.

Sengatan kalajengking begitu menyakitkan namun jarang mengancam jiwa. Meski demikian, Anda tidak boleh mengabaikan hal tersebut karena berisiko mengalami komplikasi serius.

Hanya sekitar 30 dari sekitar 1.500 spesies kalajengking di seluruh dunia yang menghasilkan racun dengan efek fatal. Tapi karena kurangnya akses ke perawatan medis, kematian akibat sengatan kalajengking menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan. Kasus ini banyak terjadi di Meksiko, Amerika Selatan, Afrika Utara, Timur Tengah dan India.

Kalajengking kulit kayu dari Amerika Serikat yang ditemukan, terutama di gurun Southwest misalnya, adalah satu-satunya spesies kalajengking dengan racun yang cukup kuat untuk menyebabkan gejala parah.

Orang dewasa yang sehat biasanya tidak memerlukan pengobatan untuk sengatan kalajengking. Tetapi jika seorang anak tersengat, jumlah racun yang sama dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius, sehingga diperlukan penanganan yang tepat.

Lakukan ini saat disengat kalajengking

Mengutip dari Mayo Clinic, kebanyakan sengatan kalajengking hanya menyebabkan tanda dan gejala seperti rasa sakit dan panas di sekitar lokasi sengat. Tanda dan gejalanya meliputi:

  • Nyeri atau rasa sakit yang begitu intens
  • Mati rasa dan kesemutan di daerah sekitar sengatan
  • Pembengkakan di lokasi sengatan

Gejala tersebut umum terjadi di segala kalangan. Namun pada anak yang sistem kekebalan tubuhnya lebih lemah dibanding orang dewasa, tanda-tanda itu bisa begitu kompleks seperti:

  • Sesak napas
  • Otot berkedut
  • Gerakan kepala, leher dan mata yang tidak biasa
  • Berkeringat
  • Mual dan muntah
  • Tekanan darah tinggi
  • Jantung berdebar dengan denyut yang tidak teratur
  • Rasa gelisah

Selain pada anak, kondisi tersebut bisa saja dialami orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang lemah, terlebih ketika kalajengking yang menggigit punya racun kuat.

Dari berbagai sumber termasuk Mayo Clinic, berikut ini adalah tahap pertolongan pertama yang harus dilakukan seseorang jika terkena sengatan kalajengking, yaitu:

  1. Cuci bagian kulit yang tersengat dengan air dan bersihkan menggunakan sabun.
  2. Kompres dengan kain yang diberi air dingin selama 10 menit. Ulangi beberapa kali. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran racun.
  3. Oleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada bagian yang tersengat.
  4. Anda juga bisa mengoleskan salep yang mengandung antihistamin atau analgesic.
  5. Minum air susu atau air kelapa. Namun jika Anda mengalami kesulitan saat menelan, jangan makan atau minum apa pun.

Ketika Anda disengat kalajengking yang diduga memiliki racun kuat, segera cari perawatan medis sebelum dampaknya makin memburuk. Penanganan yang telat justru akan menimbulkan efek berbahaya untuk tubuh, bahkan Mayo Clinic menyebut dapat terjadi kematian.

Mencegah sengatan kalajengking sejak dini

Ada beberapa daerah yang menjadi tempat populasi subur bagi kalajengking. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lakukan kiat sebagai berikut:

  1. Hilangkan tumpukan batu dan kayu di sekitar rumah karena bisa menjadi tempat kalajengking bersarang.
  2. Pangkas semak rumput dan cabang pohon yang menjuntai ke atap rumah. Hal ini bisa jadi perantara kalajengking masuk ke rumah.
  3. Perbaiki pintu, dinding, atap dan lantai yang bolong. Kalajengking bisa menyelinap lewat sini.
  4. Pada musim-musim tertentu seperti kemarau, gunakan sepatu agar meminimalisir sengatan kalajengking secara tiba-tiba.
  5. Saat sedang berkemah, kenakan baju lengan panjang dan celana panjang. Periksa segala celah di sekitar tenda dan pastikan semuanya tertutup rapat.
  6. Kelambu sekitar tempat tidur juga bisa meminimalisir masuknya kalajengking yang bisa merayap dan menyengat Anda.

Pertolongan pertama di atas dapat Anda lakukan guna meminimalisir efek buruk saat disengat kalajengking. Lakukan juga pencegahan di atas untuk mengurangi risiko terkena sengatan dan terinfeksi racun kalajengking, terutama bila Anda memiliki anak kecil.

[NP/ RVS]

2 Komentar