Sukses

Tips Pertolongan Pertama Saat Disengat Kalajengking

Ini tips pertolongan pertama saat Anda disengat kalajengking. Cegah bahayanya dengan mengikuti petunjuk berikut ini!

Rasa nyeri yang ditimbulkan dari sengatan kalajengking sering dirasa secara instan dan ekstrem. Tanda dan gejala bengkak serta kemerahan akan muncul dalam 5 menit. Gejala lebih serius akan muncul dalam kurun waktu 1 jam. 

Meski amat jarang, terdapat kemungkinan seseorang dapat meninggal akibat sengatan kalajengking. 

Dari 1.500 spesies kalajengking di dunia, terdapat 30 jenis yang memproduksi racun serta dianggap fatal dan membahayakan nyawa. 

Gejala yang dapat timbul pada lokasi yang tersengat dapat berupa rasa nyeri hebat, kesemutan, dan bengkak. 

Apabila racun berbahaya menyebar, maka dapat terjadi kesulitan bernapas, keringat berlebihan, mual muntah, tekanan darah tinggi, jantung berdebar, dan tidak bisa diam. 

Simak info berikut ini mengenai cara mengobati sengatan kalajengking.

Cara Mengatasi Sengatan Kalajengking

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum mendapatkan pertolongan medis. Sebagian besar sengatan kalajengking tidaklah membutuhkan pertolongan khusus. Namun, hal ini tidak berlaku apabila gejala yang dialami berat. 

Artikel Lainnya: Efek Disengat Lebah pada Tubuh

Anda mungkin dapat diberikan obat antinyeri melalui infus yang dimasukkan melalui pembuluh darah apabila nyeri tidak tertahankan.

Berikut beberapa cara mengatasi sengatan kalajengking yang dapat diterapkan sendiri:

1. Bersihkan Luka

Untuk membersihkan area tubuh yang tersengat kalajengking, bersihkanlah menggunakan sabun dengan kandungan parfum sedikit seperti sabun bayi. 

Sabun ini tidak akan menimbulkan iritasi lebih lanjut pada kulit dan mengurangi rasa nyeri saat dibersihkan. Kemudian, bilas dengan air mengalir.

2. Kompres Luka

cara mengobati sengatan kalajengking berikutnya adalah dengan mengompres area yang tersengat dengan kompres dingin. Hal ini dilakukan agar rasa nyeri semakin berkurang. 

Anda dapat memasukkan air es ke botol yang dibalut dengan kain tipis kemudian menaruhnya di atas luka. 

Bisa juga bungkus es dengan kain tipis dan menaruhnya di atas luka. 

3. Hati-hati Bila Mengalami Kesulitan Menelan

Gejala alergi dapat timbul pada sebagian orang yang mengalami sengatan kalajengking. Salah satunya adalah pembengkakan pada saluran pernapasan dan pencernaan bagian atas. 

Apabila Anda mengalami kesulitan menelan dan sesak napas, hindari mengonsumsi makanan maupun minuman. Hal ini agar menghindari komplikasi yang tidak diinginkan. 

Segera kunjungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan segera. Kesulitan menelan merupakan salah satu tanda dari syok anafilaksis. Kondisi ini dapat mengancam jiwa dan membutuhkan pertolongan medis segera.

4. Konsumsi Obat Anti Nyeri 

Apabila Anda merasa nyeri pada area yang mengalami sengatan, konsumsilah obat antinyeri sesuai kebutuhan, seperti paracetamol atau ibuprofen. Cara ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman setelah kejadian.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Gigitan Serangga Ini

Mencegah Sengatan Kalajengking Sejak Dini

Kalajengking sebenarnya cenderung menghindari kontak dengan manusia. Namun, Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan beberapa cara mudah berikut ini:

  • Pastikan Rumah Tetap Bersih

Barang yang menumpuk akan menjadi tempat persembunyian bagi berbagai binatang. Hindari berbagai tumpukan barang dan simpanlah dengan rapi agar rumah Anda tidak menjadi sarang hewan, termasuk kalajengking.

  • Perhatikan Baju dan Sepatu yang Digunakan

Apabila berada di area terbuka dan asing seperti tempat berkemah, kibaskan terlebih dahulu pakaian yang akan digunakan, begitu pula dengan sepatu. 

Dengan memastikannya, Anda dapat terhindar dari sengatan kalajengking.

  • Gunakan Pakaian yang Dapat Melindungi

Terutama saat berada di area terbuka, gunakanlah pakaian yang bisa melindungi seperti baju lengan panjang dan celana panjang. 

Langkah ini bertujuan agar terhindar dari kontak langsung berbagai hewan seperti kalajengking.

  • Bersihkan Lingkungan Rumah Secara Rutin

Potonglah rumput, semak-semak, dan ranting pohon yang menjulang untuk menghindari terbentuknya tempat persembunyian kalajengking di rumah Anda.  

Apabila mengalami sengatan kalajengking, tetaplah tenang. Hindari merendam bagian tubuh yang terkena langsung ke air es. Hubungi dokter apabila Anda tidak yakin akan penanganan yang dilakukan. 

Konsultasi ke dokter lebih cepat lewat LiveChat.

(FR/AYU)

2 Komentar