Sukses

Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Air kelapa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun apa saja manfaat mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi ibu hamil, mengonsumsi air kelapa terbukti tidak berbahaya. Karena tidak mengandung zat berbahaya, banyak orang yang menyarankan ibu hamil sebaiknya minum air kelapa, daripada mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau soda.

Kabar yang beredar di masyarakat bahkan menyebutkan hal yang menggembirakan. Ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa selama 9 bulan masa kehamilannya, akan memiliki kandungan yang sehat. Janin yang berada di dalam kandungan pun dapat berkembang dan lahir dengan kondisi sehat.

Kandungan baik dalam air kelapa

Dilansir dari Babyologist, air kelapa ternyata memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berlimpah. Nutrisi dalam air kelapa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

 “Air kelapa merupakan cairan isotonik menyegarkan yang kaya akan elektrolit seperti klorida, potasium, magnesium, natrium, dan kalsium, sehingga baik untuk dikonsumsi saat hamil, “ jelas dr. Dina Kusumawardhani dari KlikDokter.

Menurut keterangan dr. Dina, air kelapa juga mengandung gula, karbohidrat, dan serat. Kandungan nutrisi utamanya yang cukup penting yaitu potasium dengan kadar 600 mg. Oleh sebab itulah air kelapa dapat diandalkan sebagai salah satu jenis minuman elektrolit yang baik untuk tubuh.

Bahkan, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin yang cukup beragam, seperti kandungan vitamin A, B6, B12, C, D, E, K, thiamine, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolim, dan juga betadine.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil setelah mengonsumsi air kelapa:

1. Menjaga kesehatan tubuh selama hamil

Ibu hamil membutuhkan kondisi tubuh yang harus tetap stabil. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengonsumsi air kelapa yang memiliki kandungan gizi tinggi, rendah karbohidrat serta lemak. Air kelapa juga berperan untuk menyeimbangkan suhu tubuh agar tetap dalam kondisi yang stabil.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam larut dalam air kelapa mengandung zat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa secara otomatis memperoleh pertahanan sistem kekebalan tubuh yang baik dari serangan penyakit berbahaya.

3. Mencegah dan mengobati kram kaki

Dalam satu batok air kelapa muda setidaknya mengandung 4.700 mg kalium. Zat ini berperan untuk mengatasi kondisi kram di bagian kaki yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Berfungsi sebagai penawar racun

Air kelapa juga memiliki asam lauric yang dapat bekerja melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tubuh ibu hamil pun selalu sehat dan terbebas dari racun.

5. Memperlancar pencernaan

Serat yang terdapat dalam air kelapa sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil, termasuk saat terjadi sembelit. Terlebih lagi, ibu hamil memang sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan ketika memiliki masalah pencernaan.

Sembelit wajar terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan awal karena adanya proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, air kelapa juga mengandung aosigen, sebagai nutrisi yang sangat mudah diserap oleh ibu hamil.

6. Mencegah dehidrasi

Tak hanya berkhasiat untuk menghilangkan dahaga, minum air kelapa juga sangat membantu untuk mencegah ibu hamil terkena dehidrasi. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan elektrolit di dalamnya.

7. Menghindarkan dari infeksi saluran kemih

Beberapa penelitian memaparkan bahwa mengonsumsi air kelapa dapat mencegah infeksi salurah kemih pada wanita hamil. Meski demikian, hasil studi ini juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Air kelapa memang terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Meski demikian, dalam mengonsumsi air kelapa, untuk mendapatkan manfaat yang terbaik bagi kesehatan, pilihlah buah yang segar, bersih, dan berwarna hijau. Dan minumlah air kelapa segera setelah dibuka. Baca artikel sejenis, klik di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar