Sukses

Kena Flu Saat di Kantor, Apa Penyebabnya?

Tiba-tiba pilek dan bersin saat di kantor? Sebelum menuduh flu, pastikan dulu lebih lanjut di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda bingung, saat di rumah baik-baik saja, eh waktu di kantor malah dihantam pilek dan bersin-bersin. Mungkin Anda langsung mengira diri Anda terkena flu, tapi sebentar dulu. Apa benar itu flu, atau mungkin alergi semata? 

Ruang kantor biasanya memiliki suhu yang cukup dingin dengan banyak AC di dalamnya. Belum lagi jika kantor Anda di suatu gedung, biasanya memiliki pengaturan pendingin ruangan yang khusus sehingga sulit untuk mengatur suhu ruangan.

Barangkali Anda pernah mengalaminya, ketika sedang berada di ruangan kerja lalu tidak lama kemudian mulai bersin-bersin. Padahal, sebelumnya Anda sedang tidak mengalami flu. 

Selain karena suhu ruangan yang cenderung dingin, beberapa kantor tidak memiliki saringan udara yang cukup baik pada pendingin ruangannya. Akibatnya partikel-partikel debu dapat beterbangan dengan leluasa. Mungkin hal ini juga yang dapat menyebabkan Anda flu tiba-tiba.

Namun, apa benar suhu ruangan yang dingin dan paparan terhadap debu membuat seseorang menjadi flu? Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui dahulu apa sebenarnya flu itu.

Flu atau gangguan kesehatan lain?

Flu, atau yang disebut dengan influenza, adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Flu sering kali sulit dibedakan dengan common cold yang merupakan infeksi virus juga. Namun, common cold bukan karena virus influenza. Walau memiliki gejala yang hampir serupa, keduanya tetap berbeda. 

Gejala penyakit flu adalah demam, menggigil, nyeri di seluruh tubuh, sakit kepala dan kelelahan. Kondisi ini terkadang dapat menyebabkan keluhan pada saluran pencernaan seperti muntah dan diare.

Jika yang Anda alami adalah bersin secara tiba-tiba ketika memasuki suatu ruangan, baik ruangan kerja Anda atau tempat lain, maka kemungkinan besar bukan flu penyebab utamanya.

Mengapa bukan flu? Karena flu tidak terjadi secara mendadak, melainkan biasanya diawali dengan rasa tidak enak badan, pilek, dan terkadang batuk. Jika terjadi mendadak, maka kemungkinan besar yang terjadi pada Anda adalah reaksi alergi.

Beberapa orang yang memiliki bakat alergi dan reaksi alergi, bisa kambuh atau tercetuskan oleh paparan terhadap sesuatu. Contohnya, ketika Anda sedang berada di ruangan yang kotor dan penuh debu, lalu tiba-tiba mengalami bersin-bersin dan juga pilek. Sangat besar kemungkinannya Anda alergi terhadap partikel debu.

Contoh lainnya pada ruangan yang memiliki suhu dingin. Beberapa orang yang Anda kenal mungkin pernah mengalami hal ini: hidungnya menjadi berair secara tiba-tiba dan disusul dengan bersin-bersin. Maka kemungkinan mereka memiliki alergi terhadap suhu yang terlalu dingin. Jika ini yang terjadi, berarti reaksi alergilah yang menjadi penyebab utamanya.

Namun, jika gejala gejala flu atau bersin-bersin tersebut terjadi tidak mendadak dan makin banyak orang di tempat kerja yang mengalaminya, maka bisa jadi influenza sungguhan yang terjadi.

Pada ruangan kantor, sirkulasi udara biasanya tidak terlalu baik sehingga virus-virus dapat dengan mudah beterbangan di udara. Berbeda halnya jika ruangan kantor Anda memiliki banyak ventilasi, kemungkinan untuk terjadi penyebaran virus influenza menjadi lebih kecil.

Jadi, pilek atau bersin-bersin yang terjadi saat Anda berada di ruangan kantor belum tentu karena flu, melainkan bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Karena itu, cobalah untuk lebih cermat memahami tubuh Anda sendiri, terutama ketika gejala-gejala tersebut muncul. Jika Anda mengenali pencetusnya, reaksi alergi pun bisa dihindari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar