Sukses

Tips agar Tak Tertular Flu di Kantor

Teman kantor kena flu? Lakukan cara ini agar Anda tak tertular.

Klikdokter.com, Jakarta Satu teman kantor kena flu, besoknya bisa dipastikan korban akan bertambah lagi. Ini tak mengherankan. Menurut sebuah penelitian tahun 2014, virus sangat cepat menjalar di area komunal seperti perkantoran. Para periset menemukan bahwa kontaminasi pada gagang pintu saja dapat menyebar di gedung perkantoran hanya dalam beberapa jam.

Bahkan virus flu dapat menyebar hingga jarak enam kaki atau sekitar 1,8 meter, terutama ketika penderita batuk, bersin atau berbicara. Seseorang juga bisa terkena flu dengan menyentuh permukaan yang memiliki virus. Jadi, apa yang harus dilakukan agar tak tertular flu dari teman kantor? Dilansir berbagai sumber, Anda dapat menerapkan beberapa hal berikut ini:

● Rajin cuci tangan

Jangan sepelekan kebiasaan mencuci tangan. Dengan melakukan ini, Anda dapat menghindari penyebaran penyakit ke orang lain dan juga melindungi diri sendiri dari kuman penyebab flu.

Waktu yang paling penting untuk mencuci tangan adalah sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersin atau batuk. Dan ketika mencuci tangan, lakukan setidaknya selama 20 detik. Jika sedang tak memungkinkan untuk mencuci tangan, dapat juga menggunakan hand sanitizer.

● Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Waspadalah dengan permukaan yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu dan keran wastafel. Virus dari sana dapat menyebar dengan sangat cepat. Tak lupa komputer, permukaan keyboards, ponsel, serta peralatan kantor yang kerap digunakan bersama (stapler, pena, dan lain-lain).

Membersihkan mereka dengan tisu atau spray antibakteri dapat mengurangi kontaminasi. Dengan demikian, kemungkinan orang untuk terkena flu bisa berkurang.

● Vaksinasi

Vaksin influenza atau vaksin flu kini sudah banyak tersedia. Menurut Centers of Disease Prevention, vaksin flu merupakan cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan terkena flu dan menyebarkannya ke orang lain.

● Bilas gelas dan piring dengan air hangat

Saat musim flu tiba, apa pun yang Anda makan dan minum dapat terkontaminasi oleh virus. Karena itu, cucilah gelas dan piring dengan baik menggunakan sabun dan air hangat.

● Jangan berbagi peralatan makan dan minum

Sebisa mungkin, hindari berbagi peralatan makan dan minum dengan orang lain. Membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah juga dapat menjadi pilihan yang tepat. 

● Jaga jarak

Bukan bermaksud angkuh, tapi penting untuk meminimalkan kontak fisik saat musim flu. Berjabat tanganlah seperlunya. Jika tak bisa dihindari, misalnya saat bertemu klien, jangan lupa cuci tangan setelah bersalaman. Terlalu berlama-lama di area komunal kantor juga sebaiknya dihindari.

● Terapkan gaya hidup sehat

Ketika musim flu datang, tidurlah yang cukup. Orang dewasa dianjurkan untuk istirahat sebanyak 7 sampai 8 jam setiap malam. Olahraga juga tak kalah penting, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda adalah pihak yang sakit, lakukan langkah untuk mencegah penyebaran virus. Tutup hidung dan mulut dengan tisu ketika bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. Cara lain adalah dengan batuk atau bersin ke arah bahu.

Apabila kondisi Anda benar-benar tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk masuk kerja. Sebaiknya Anda istirahat total di rumah. Ini penting untuk mempercepat pemulihan, sehingga bisa mencegah penyebaran virus flu ke kolega Anda yang lain di kantor.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar