HomeInfo SehatPernapasanTips Agar Tak Tertular Flu di Kantor
Pernapasan

Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor

dr. Bobtriyan Tanamas, 22 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Virus flu dapat menular dari mana saja, termasuk di kantor. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tertular flu di kantor.

Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor

Satu teman kantor kena flu, besoknya bisa dipastikan korban akan bertambah lagi. Ini tak mengherankan. Menurut sebuah penelitian tahun 2014, virus sangat cepat menjalar di area komunal seperti perkantoran. Para periset menemukan bahwa kontaminasi pada gagang pintu saja dapat menyebar di gedung perkantoran hanya dalam beberapa jam.

Bahkan virus flu dapat menyebar hingga jarak enam kaki atau sekitar 1,8 meter, terutama ketika penderita batuk, bersin, atau berbicara. Seseorang juga bisa terkena flu dengan menyentuh permukaan yang memiliki virus.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar tak tertular flu dari teman kantor? Berikut beberapa cara mencegah ketularan flu di kantor:

1. Rajin Cuci Tangan

Jangan sepelekan kebiasaan mencuci tangan. Dengan melakukan ini, Anda dapat menghindari penyebaran penyakit ke orang lain dan juga melindungi diri sendiri dari kuman penyebab flu.

Waktu yang paling penting untuk mencuci tangan adalah sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersin atau batuk. Dan ketika mencuci tangan, lakukan setidaknya selama 20 detik. Jika sedang tak memungkinkan untuk mencuci tangan, dapat juga menggunakan hand sanitizer.

Artikel Lainnya: Cara Perkuat Imunitas Tubuh agar Bebas Serangan Flu

2. Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

Waspadalah dengan permukaan yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu dan kran wastafel. Virus dari sana dapat menyebar dengan sangat cepat. Tak lupa komputer, permukaan keyboard, ponsel, serta peralatan kantor yang kerap digunakan bersama (stapler, pena, dan lain-lain).

Membersihkan mereka dengan tisu atau spray antibakteri dapat mengurangi kontaminasi, sehingga kemungkinan orang untuk terkena flu bisa berkurang. Jadi, jangan remehkan cara mencegah ketularan flu yang satu ini.

3. Vaksinasi

Vaksinasi juga bisa menjadi cara mencegah ketularan flu. Perlu diketahui bahwa vaksin influenza atau vaksin flu kini sudah banyak tersedia, sehingga bukan alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukannya.

Menurut Centers of Disease Prevention, vaksin flu merupakan cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan terkena flu dan menyebarkannya ke orang lain.

4. Bilas Gelas dan Piring dengan Air Hangat

Selalu berhati-hati dengan benda di sekitar termasuk cara mencegah flu terbaik yang bisa Anda lakukan.

Saat musim flu tiba, apa pun yang Anda makan dan minum dapat terkontaminasi oleh virus. Karena itu, cucilah gelas dan piring dengan baik menggunakan sabun dan air hangat.

Artikel Lainnya: Tips agar Tidak Tertular Penyakit Pernapasan di Musim Kemarau

5. Jangan Berbagi Peralatan Makan dan Minum

Sebisa mungkin, hindari berbagi peralatan makan dan minum dengan orang lain. Membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah juga dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Jadi, cara mencegah ketularan flu yang satu ini juga harus Anda perhatikan dengan baik.

6. Jaga Jarak

Bukan bermaksud angkuh, tapi penting untuk meminimalkan kontak fisik saat musim flu. Berjabat tanganlah seperlunya. Jika tak bisa dihindari, misalnya saat bertemu klien, jangan lupa cuci tangan setelah bersalaman.

Terlalu berlama-lama di area komunal kantor juga sebaiknya Anda hindari.

Artikel Lainnya: Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Rentan Kena Flu

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah cara mencegah ketularan flu yang wajib dilakukan. Orang dewasa dianjurkan untuk istirahat sebanyak 7 sampai 8 jam setiap malam. Olahraga juga tak kalah penting, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda adalah pihak yang sakit, lakukan langkah untuk mencegah penyebaran virus. Tutup hidung dan mulut dengan tisu ketika bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. Cara lain adalah dengan batuk atau bersin ke arah bahu.

8. Rajin Melakukan Mist

Mist, atau yang kita kenal dengan penyemprotan seperti kabut, adalah salah satu metode mensterilkan ruangan dari kuman virus, bakteri, dan jamur.

Dengan melakukan penyemprotan secara berkala, kita dapat terhindar dari infeksi virus penyebab flu di kantor

9. Pakai Masker

Memakai masker termasuk cara agar tidak tertular flu yang paling mudah dilakukan.

Supaya terhindar dari paparan penyakit yang penularannya lewat udara atau airborne, menggunakan masker adalah salah satu cara pencegahan yang tepat. Ganti masker setiap delapan jam sehari demi mendapatkan fungsi yang maksimal.

10. Pastikan Sistem Sirkulasi Anda Baik

Dengan membuka jendela, pintu, dan membiarkan angin serta cahaya matahari masuk ke dalam ruangan, kita telah melakukan pertukaran udara yang baik di dalam kantor. Dengan cara seperti ini, kuman yang tadinya mengendap di suatu ruangan akan hilang.

Apabila jenis kantor ialah ruang tertutup, maka gunakan air puridifier untuk tetap menjaga sirkulasi ruangan.

Apabila kondisi Anda benar-benar tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk masuk kerja. Sebaiknya Anda istirahat total di rumah. Hal ini penting untuk mempercepat pemulihan, sehingga bisa mencegah penyebaran virus flu ke kolega Anda yang lain di kantor.

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[FY]

Influenza

Konsultasi Dokter Terkait