Sukses

5 Tanda Penuaan Wajah yang Sering Diabaikan

Penuaan wajah menjadi momok bagi sebagian besar wanita. Namun terkadang beberapa tanda penuaan justru diabaikan. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Kecantikan kulit wajah merupakan aset bagi wanita. Tak heran, para wanita rela merogoh kocek yang lumayan besar untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah. Meski demikian, sebagian wanita mungkin tergolong cuek terhadap penampilannya dan mengabaikan beberapa tanda penuaan wajah yang dimilikinya.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, proses penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia. Walaupun tidak dapat dihentikan, proses penuaan bisa diperlambat. Dari segi faktor, ada beberapa hal yang dapat membuat kulit dan wajah Anda tampak lebih tua, namun sering kali tidak Anda sadari.

“Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini diantaranya adalah faktor keturunan, stres, konsumsi alkohol, rokok, asupan nutrisi yang buruk karena kurang sayur dan buah, sering terpapar sinar matahari dan polusi,” jelasnya.

Tanda-tanda penuaan wajah yang sering terabaikan

Meski sering tak menyadarinya, menurut dr. Dina Kusumawardhani, Anda perlu mengetahui tanda-tanda penuaan apa saja yang dapat mengingatkan Anda untuk lebih merawat kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kerutan di sekitar mata

Munculnya garis halus atau kerutan di sekitar mata adalah salah satu tanda penuaan wajah. Biasanya, garis atau kerutan ini akan lebih terlihat saat Anda tersenyum, sehingga terkadang Anda pun tak menyadarinya.

Oleskan krim mata yang mengandung pelembap setiap hari untuk mengurangi kerutan tersebut. Jika ingin lebih cepat mengatasinya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk melakukan bedah plastik atau injeksi botox.

2. Kantung mata

Ketika area bawah mata menghitam dan kendur, terkadang Anda menganggap hal tersebut adalah karena Anda kurang beristirahat atau kelelahan. Padahal, kondisi ini adalah tanda penuaan wajah.

Kantung mata ini dapat diatasi dengan filler hyaluronic acid yang diinjeksi di daerah cekungan mata. Selain itu, kini juga telah banyak beredar produk kecantikan dalam bentuk masker atau pads khusus untuk mengencangkan area bawah mata.

3. Perubahan warna kulit

Biasanya, perubahan warna kulit yang terjadi adalah berupa flek hitam. Jadi, lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya setiap hari untuk mencegah bertambahnya flek hitam di area wajah.

4. Garis di sekitar mulut

Garis keriput di sekitar mulut yang muncul dari ujung hidung ke bawah bibir disebut lipatan nasolabial. Terkadang, wanita tidak menyadari bahwa kondisi tersebut adalah tanda penuaan karena beberapa orang menganggap hal tersebut adalah faktor bawaan genetik.

5. Kulit kering

Karena terlalu sibuk dengan tumpukan pekerjaan dan segudang aktivitas, bisa jadi Anda tak menyadari bahwa kulit kering memang merupakan tanda penuaan wajah. Hal ini sering dialami oleh wanita yang dalam kesehariannya bekerja di dalam ruangan yang menggunakan pendingin. Rata-rata mereka menganggap kulit kering karena pendingin ruangan. Padahal, bisa jadi hal tersebut terjadi karena wajah telah mengalami penuaan.

Tips memperlambat penuaan wajah

Proses penuaan pada wajah dan munculnya tanda-tanda di atas sebenarnya masih dapat Anda tekan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda terapkan dalam keseharian untuk memperlambat penuaan wajah:

  • Mengurangi stres.
  • Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan.
  • Istirahat cukup dengan tidur minimal 7-8 per hari.
  • Olahraga secara teratur, 3-4 kali dalam seminggu.
  • Mengurangi konsumsi gula.
  • Menghindari alkohol, rokok, dan narkoba.
  • Hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan krim sunscreen dan sunblock dengan SPD 30 setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit.

Penuaan wajah memang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti lantas Anda pasrah dan tidak mempedulikannya. Dengan mengetahui tanda-tanda penuaan wajah di atas, Anda kini dapat melakukan upaya memperlambat penuaan. Yuk, rawat kulit wajah dari sekarang!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar