Sukses

4 Tips Praktis yang Efektif Usir Badan Lemas

Usir badan lemas dengan cara mudah nan efektif ini. Akan ada banyak manfaat yang akan turut Anda rasakan.

Klikdokter.com, Jakarta Jangan sepelekan kondisi badan lemas. Keadaan tersebut bisa menjadi suatu keluhan yang dapat menggangu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup. Sebab kondisi ini membuat tubuh seakan tak bertulang, sehingga sangat sulit untuk digerakkan.

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, badan lemas dapat terjadi akibat berbagai macam faktor. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kurang mengonsumsi makanan bergizi
  • Gangguan elektrolit tubuh
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Kurang darah (anemia)
  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Kurang cairan (dehidrasi)

“Jadi, badan lemas dapat menandakan berbagai kondisi medis. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah mencari tahu penyebab serta segera mengatasinya agar terhindar dari bahaya yang mengintai,” ujar dr. Rio.

Mengatasi badan lemas

Mengingat badan lemas dapat menganggu aktivitas, menurunkan kualitas hidup dan menjadi tanda dari kehadiran penyakit tertentu, Anda perlu segera terbebas dari kondisi ini. Dilansir dari WebMD, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengusir badan lemas:

1. Banyak bergerak

Banyak penelitian menunjukkan, aktivitas fisik dapat meningkatkan energi di dalam tubuh. Siapa tahu, solusi badan lemas Anda adalah olahraga atau aktif bergerak.

“Latihan secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan semangat dan kualitas hidup secara keseluruhan,” kata profesor dari Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart.

Menurutnya, aktivitas fisik mampu menimbulkan rasa percaya diri yang lebih besar, serta turut meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot. Alhasil, Anda akan menyimpan lebih banyak energi untuk segala jenis aktivitas.

2. Minum banyak air

Dehidrasi memecah energi dan merusak kinerja fisik. Hal tersebut dibuktikan lewat sebuah studi di Amerika Serikat.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi membuat atlet kesulitan saat hendak menyelesaikan latihan angkat beban," kata asisten profesor kinesiologi di California State University, Dan Judelson, PhD.

Itu berarti, kekurangan cairan atau dehidrasi menyebabkan kelelahan bahkan bagi orang-orang yang hanya melakukan tugas-tugas ringan.

3. Cukup tidur

Kurang tidur meningkatkan risiko kecelakaan, dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan siang hari. Solusinya adalah tidur yang cukup, selama kurang lebih 8 jam sehari.

Kebiasaan tidur yang baik mungkin juga memiliki manfaat kesehatan secara luas, tak hanya soal badan lemas saja. Bila Anda tak kuasa menahan kantuk di jam kerja, tidur siang selama 10 menit biasanya cukup untuk mengembalikan energi.

4. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat memberikan dorongan terhadap energi yang dihasilkan tubuh. Sekalipun berat yang turun sedikit, pengurangan dalam lemak tubuh dapat meningkatkan mood, kekuatan, dan kualitas hidup.

Untuk menurunkan berat badan, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk mengurangi ukuran porsi makan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan meningkatkan aktivitas fisik.

Jika setelah melakukan tips di atas badan lemas tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter. Ingat, badan lemas dapat menjadi pertanda dari suatu penyakit, misalnya diabetes, penyakit jantung, radang sendi, anemia, gangguan tiroid dan sleep apnea.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar