Sukses

Anda Sering Mengantuk? Waspada Gejala Diabetes!

Anda sering mengantuk padahal merasa sudah cukup tidur? Waspada, bisa jadi gejala diabetes! Bagaimana diabetes menyebabkan ngantuk? Cek di sini.

Informasi kalau sering mengantuk adalah pertanda diabetes mellitus harus sedikit diluruskan. Yang tepat, penderita diabetes bisa punya beberapa keluhan, dan sering mengantuk adalah salah satunya.

Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda gula darah sedang tinggi atau meningkat. Akan tetapi, hubungan antara diabetes dan mengantuk bukan hanya sekadar karena gula darah yang tinggi. Berikut ulasannya.

Penyebab Sering Mengantuk pada Penderita Diabetes Mellitus

Benar kalau diabetes menyebabkan kantuk dan kelelahan, baik ketika kadar gula tinggi maupun rendah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Di bawah ini adalah beberapa penyebabnya.

  • Glukosa darah tinggi bisa menyebabkan kantuk karena metabolisme tidak berjalan dengan seharusnya. Walaupun kadarnya tinggi, gula darah tidak dapat digunakan oleh sel penderita diabetes karena tidak ada insulin.

Bahkan pada keadaan gula darah sangat tinggi, seseorang bisa mengalami penurunan kesadaran.

  • Kadar gula yang rendah juga menyebabkan kelelahan. Ketika gula darah rendah, artinya tak ada cukup “bahan bakar” untuk sel-sel dapat bekerja dengan baik.

Artikel Lainnya: Benarkah Sering Kelelahan itu Pertanda Gejala Diabetes?

1 dari 3 halaman

Ciri Ngantuk yang Disebabkan Diabetes

Tidak semua perasaan mengantuk disebabkan oleh diabetes. Banyak penyebab lain yang berhubungan dengan keluhan mengantuk dan lemas, seperti tekanan darah rendah atau anemia.

Lalu, bagaimana ciri mengantuk karena diabetes?  Selain mengantuk, penderita diabetes dapat memiliki berbagai tanda berikut:

  • Disertai gejala 3P. Penyandang diabetes umumnya menunjukkan gejala lain. Yakni, mudah lapar (polifagi), cepat haus (polidipsi) dan buang air kecil yang sering (poliuri).
  • Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. 
  • Ada riwayat diabetes di keluarga. Seorang dengan riwayat diabetes di keluarga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes.

Artikel Lainnya: Sering Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini 5 Penyebabnya

2 dari 3 halaman

Mengatasi Mengantuk pada Penderita Diabetes

Keluhan mengantuk pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi ngantuk pada penderita diabetes:

  • Pastikan gula darah Anda terkontrol. Mengontrol gula darah merupakan salah satu target utama untuk menangani diabetes. Kontrol gula darah yang baik akan menyebabkan penurunan berbagai keluhan yang dialami.
  • Beraktivitas fisik secara aktif. Aktivitas fisik aktif merupakan cara penting menjaga kesehatan fisik dan mengontrol gula darah. Olahraga rutin juga dapat membuat tubuh terasa segar dan mengurangi rasa kantuk.
  • Jaga kecukupan cairan. Pastikan bahwa Anda minum secara cukup. Kekurangan cairan dapat berdampak pada daya tahan tubuh Anda. 

Sering mengantuk memang merupakan keluhan yang sering dialami penderita diabetes. Namun, sebetulnya penyebab sering mengantuk ada banyak sekali. 

Jika Anda tidak mengidap diabetes, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Dapatkan informasi terbaru seputar kesehatan, penyakit, dan nutrisi dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar